Roseola

Pengertian

Roseola merupakan sebuah infeksi virus yang terjadi pada bayi atau anak-anak dengan gejala berupa demam dan adanya ruam merah muda di kulit anak. Umumnya, roseola terjadi pada anak usia enam bulan hingga satu setengah tahun.

Gejala

Gejala yang muncul pada penyakit roseola, setelah virus berinkubasi di dalam tubuh selama 1 hingga 2 minggu, dengan gejala-gejala seperti:
 Demam tinggi
- Batuk disertai pilek
- Nyeri pada tenggorokan
- Tidak ada napsu makan
- Pembengkakan kelenjar di leher
- Diare ringan
- Pembengkakan pada kelopak mata

Gejala roseola terjadi setelah tiga atau empat hari kemudian dengan diikuti dengan demam yang mereda dan dilanjutkan munculnya ruam berwarna merah muda pada bagian punggung, perut dan dada.

Penyebab

Penyakit roseola biasanya disebabkan oleh virus HHV-6 atau biasa disebut dengan virus herpes tipe 6, yang dapat menular sama seperti penyakit pilek pada umumnya. Penyakit tersebut dapat menular, jika anak Anda memegang benda yang telah terkontaminasi virus HHV-6 dengan pengidap roseola.

Pengobatan

Mengobati roseola pada anak, biasanya membutuhkan waktu satu minggu, terhitung dari munculnya demam hingga ruam, dengan cara:
- Memeriksakan pada dokter jika anak Anda mengalami demam tinggi hingga lebih dari 39.4 derajat celcius dan ruam pada kulit masih belum         hilang setelah tiga hari
- Pastikan anak beristirahat secara total hingga kondisi benar-benar pulih 
- Menjaga suhu kamar anak agar tetap sejuk dan hindari memberikan selimut yang terlalu tebal
- Memberikan obat sesuai dengan petunjuk dari dokter

Pencegahan

Mencegah roseola pada anak bisa dilakukan dengan cara menjauhkan anak dari pengidap agar tidak tertular. Jika anak Anda sakit roseola, liburkanlah seluruh aktivitas yang berada di luar rumah hingga gejala pun hilang. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan anak Anda.