Cara Membuat Masker Saffron untuk Atasi Bekas Jerawat

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021
Cara Membuat Masker Saffron untuk Atasi Bekas JerawatCara Membuat Masker Saffron untuk Atasi Bekas Jerawat

“Manfaat saffron untuk kecantikan tidak kalah baik dengan khasiatnya bagi kesehatan. Salah satunya manfaat saffron untuk kecantikan adalah mengatasi bekas jerawat. Dengan mengolahnya sebagai masker dan memakainya secara rutin, kamu bisa merasakan khasiatnya.”

Halodoc, Jakarta – Saffron termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang diambil dari tumbuhan Crocus sativus L. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis rempah termahal di dunia karena proses memanennya yang cukup sulit. Saffron memiliki sejumlah manfaat baik bagi kecantikan, salah satunya adalah menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini cara membuat masker saffron untuk mengatasi bekas jerawat.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Mengatasi Bekas Jerawat dengan Masker Saffron

Salah satu manfaat saffron bagi kecantikan wajah adalah mengatasi bekas jerawat. Manfaatnya akan terasa maksimal jika saffron diolah sebagai masker. Caranya adalah dengan mencampurnya dengan susu cair putih. Campurannya bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati yang menempel pada wajah. Dengan menggunakannya secara rutin, hasil yang maksimal dapat terlihat dalam beberapa kali pemakaian.

Berikut ini tips membuat masker saffron untuk mengatasi bekas jerawat:

  • Siapkan 3–4 helai saffron dan seperempat gelas susu cair putih. 
  • Rendam saffron dalam susu selama 2 jam agar meresap sempurna.
  • Kemudian, oleskan campuran bahan tersebut pada wajah dan leher. 
  • Diamkan selama 10–15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat memakai masker alami tersebut sebanyak 3–4 kali dalam seminggu. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya jangan digunakan.  

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Manfaat Saffron Lainnya 

Manfaat saffron untuk wajah bukan hanya sebatas menghilangkan bekas jerawat saja. Berikut ini sejumlah manfaat lainnya:

1. Mengurangi Iritasi Kulit

Manfaat saffron selanjutnya adalah mengurangi iritasi kulit pada wajah. Hal tersebut dikarenakan, saffron mengandung antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol yang juga bermanfaat sebagai zat antiradang. Nah, zat antiradang tersebut yang mampu mengurangi iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit. 

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat saffron selanjutnya adalah melindungi kulit dari sinar UV. Hal tersebut dikarenakan, saffron mengandung senyawa flavonoid atau antioksidan, seperti kaempferol dan quercetin, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. 

3. Mengatasi Mata Panda

Manfaat saffron untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi lingkaran hitam di area sekitar mata. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 2–3 helai saffron dan 2 sendok makan air. Rendam saffron pada air, dan gunakan air tersebut sebagai masker. Kamu disarankan untuk merendam semalamaan agar penyerapannya lebih sempurna. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih. 

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat saffron selanjutnya adalah mencerahkan kulit wajah. Caranya dengan memijat wajah dengan menggunakan masker saffron dan minyak esensial. Kandungan asam lemak dalam minyak esensial dipercaya dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 3–4 helai saffron dan 1 sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, rendam saffron dalam minyak zaitun selama beberapa jam. Gunakan campuran tersebut pada seluruh wajah dengan pijatan memutar searah jarum jam. Gunakan masker selama 1 jam, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan secara rutin setiap pagi hari, ya.

Baca juga: Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

Itulah sejumlah manfaat saffron bagi kecantikan. Sebelum memakainya, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter masing agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya. Bagi pengidap alergi terhadap bahan-bahan tertentu, penggunaan masker saffron tidak disarankan karena dapat memicu reaksi alergi. Kamu bisa membeli masker yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit dengan menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Impressive Health Benefits of Saffron.

Stylecraze. Diakses pada 2021. 12 Homemade Saffron Face Packs For Flawless Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan