• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mencegah dan Pengobatan Pruritus

Begini Cara Mencegah dan Pengobatan Pruritus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Kulit kamu terasa gatal dan memerah? Bisa jadi hal tersebut bukan karena gatal biasa, tetapi kamu mengalami pruritus. Gatal karena pruritus akan terasa, seperti gatal yang tidak nyaman dan membuat iritasi. Mungkin saja pruritus disebabkan oleh penyakit lain, misalnya psoriasis atau dermatitis.

Selain itu, rasa gatal ini bisa juga disebabkan oleh penyakit kronis, seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Pruritus termasuk dalam kejadian yang umum terjadi pada seseorang. Penyakit ini dapat menyerang semua rentang umur dan dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko yang menyebabkannya. Pruritus juga dapat menyerang sebagian hingga seluruh bagian tubuh seseorang.

Baca juga: Inilah 6 Penyebab Pruritus di Anus

Bagaimanakah Cara Mencegah Pruritus?

Jika kamu ingin menghindari pruritus, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa gatal ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pruritus:

  1. Hindari Sumber Pruritus

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pruritus adalah dengan menghindari sumber pruritus, seperti, infeksi bakteri atau jamur, serta gigitan dan sengatan dari serangga.

Baca juga: Inilah 6 Faktor Picu Pruritus

  1. Hindari Sinar Matahari

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah pruritus adalah dengan menghindari paparan sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar matahari langsung bisa menyebabkan kulit kering. Apabila kulit mengalami kekeringan, pruritus akan lebih mudah menyerang.

Gunakanlah sunscreen secara teratur setiap akan beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar matahari dan kerusakan kulit.

  1. Gunakan Losion Kulit

Menggunakan losion untuk kulit juga menjadi salah satu cara mencegah pruritus. Penggunaan losion berfungsi untuk membuat kulit tetap lembab dan terhindar dari rasa gatal.

  1. Hindari Sumber Alergi

Mencegah pruritus dapat dilakukan dengan cara menghindari sumber alergi (alergen). Reaksi alergi pada kulit dapat timbul dari berbagai sumber, seperti zat kimia, serbuk bunga, dan lain-lain.

  1. Gunakan Krim Anti-gatal

Apabila kamu sudah merasakan gatal yang konstan dan dalam waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk menggunakan krim anti-gatal. Dengan begitu, kamu juga kan terhindar dari luka karena garukan.

Langkah Pengobatan Apa yang Harus Dilakukan?

Pruritus dapat diobati dengan menemukan penyebab gatal tersebut. Selain itu, akan dilakukan juga pengobatan untuk meringankan rasa gatal yang terjadi. Setelah dokter melakukan tes dan diagnosis, barulah akan dilakukan tindakan untuk mengobati pruritus.

Apabila rasa gatal yang dialami disebabkan oleh penyakit lainnya, hal yang harus dilakukan adalah mengobati penyakit yang menyebabkan hal tersebut terjadi terlebih dahulu. Selain itu, jika dikarenakan reaksi dari obat, mungkin dokter akan mengubah obat yang diberikan agar rasa gatal tidak kembali muncul.

Berikut ini adalah perawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala pruritus, baik yang disebabkan oleh sebuah penyakit atau bukan, antara lain:

  1. Pengobatan dengan menggunakan krim atau obat yang dapat mengatasi rasa gatal, seperti krim kortikosteroid, obat penghambat calcineurin, dan antihistamin oral. Pengobatan ini dilakukan supaya rasa gatal berkurang hingga hilang seutuhnya.

  2. Menggunakan fototerapi yang dapat mengurangi rasa gatal dengan menggunakan paparan sinar ultra violet serta gelombang suara.

  3. Antidepresan. Obat ini dapat menghambat serotonin dalam kandungannya, seperti fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft), yang dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit.

Baca juga: Kulit Terasa Gatal, Obati dengan 5 Bahan Alami Ini

Itu lah cara-cara yang bisa mencegah pruritus dan mengobati pruritus. Untuk membeli obat yang kamu butuhkan untuk mengatasi pruritus, gunakan saja Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa beli obat lewat aplikasi dan pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Itchy skin (pruritus).
WebMD. Diakses pada 2020. Your Skin, Pruritus, and Itching.