Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Februari 2022

“Hidung tersumbat sering terjadi saat seseorang terserang flu. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya tidak nyaman saat bernapas maupun berbicara. Tak perlu bingung, hidung tersumbat mudah diatasi dengan perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah.”

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di RumahCara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di Rumah

 Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat membuat kamu tidak nyaman dalam bernapas. Kondisi ini dipicu oleh banyak hal, mulai dari pilek, flu, dan alergi. Saat mengalami pilek atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung menjadi meradang dan teriritasi. Akibatnya, selaput tersebut mulai membuat lebih banyak lendir untuk mengeluarkan penyebab iritasi.

Hidung tersumbat jarang menjadi tanda kondisi serius dan mudah diobati. Bahkan, hidung tersumbat sering kali sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan. Kendati demikian, kondisi ini sering menimbulkan ketidaknyamanan sehingga banyak orang yang mencari cara untuk segera mengatasinya.

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat ini sangat mudah diatasi dengan perawatan rumahan saja lo. Kalau hidung kamu sedang tersumbat, coba cara-cara rumahan berikut ini yang efektif untuk mengatasinya:

1. Gunakan pelembap udara

Jika kamu punya humidifier di rumah, alat ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri sinus dan membantu meredakan hidung tersumbat. Mesin pelembap udara ini bekerja dengan mengubah air menjadi uap air yang perlahan mengisi udara sehingga meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Nah, udara yang lembap inilah yang kemudian menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung.

2. Mandi air hangat

Bila kamu tidak memiliki humidifier, jangan khawatir! Kamu tetap bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mandi air hangat. Uap yang keluar dari hangat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Cara yang lebih praktis lainnya, kamu bisa merebus air lalu langsung menghirup uapnya setelah mendidih.

3. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Penting untuk minum banyak cairan saat hidung tersumbat atau mengalami gejala flu lainnya. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mampu membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, kamu bisa mengonsumsi air hangat untuk melegakan saluran hidung yang tersumbat.

4. Gunakan semprotan garam

Saline spray yaitu larutan air asin dalam bentuk semprotan dapat meningkatkan kelembapan di lubang hidung. Beberapa semprotan garam juga mengandung dekongestan yang mampu mengatasi hidung tersumbat dan melegakan saluran pernapasan. Namun, selalu bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan semprotan garam dengan dekongestan.

5. Kompres hangat

Untuk membuat kompres hangat, kamu perlu merendam handuk dalam air hangat. Selanjutnya, peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi. Kompres hangat dapat membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Kehangatan dapat memberikan kenyamanan dari segala rasa sakit dan membantu meredakan peradangan di lubang hidung.

6. Konsumsi obat

 Obat dekongestan yang dijual bebas juga efektif untuk melegakan saluran hidung yang tersumbat. Pastikan untuk berbicara dengan dokter atau apoteker saat memilih obat dekongestan, antihistamin, atau alergi.

Kalau kamu butuh obat dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat, kamu bisa mendapatkannya di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunda untuk konsumsi obat sebelum hidung tersumbat dan gejala flu lainnya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Clear a Stuffy Nose.
WebMD. Diakses pada 2022. How to Treat Nasal Congestion and Sinus Pressure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan