Cara Mengatasi Kacamata Berembun saat Pakai Masker

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Maret 2021
Cara Mengatasi Kacamata Berembun saat Pakai MaskerCara Mengatasi Kacamata Berembun saat Pakai Masker

Halodoc, Jakarta – Menggunakan masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib di masa pandemi ini untuk mencegah penularan virus corona. Namun, para pengguna kacamata harus menghadapi satu kendala yang cukup mengganggu saat memakai masker, yaitu kacamata menjadi berembun!

Ketika memakai masker, napas hangat yang keluar dari hidung akan mengenai lensa kacamata yang relatif lebih dingin. Itulah yang membuat kacamata jadi berembun. Bagi para pengguna kacamata, hal itu tentu menjengkelkan, karena kamu jadi tidak bisa melihat dengan baik.

Namun, kamu juga tidak ingin memegang kacamata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Lantas, harus bagaimana? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacamata berembun saat memakai masker.

Baca juga: Kacamata Bisa Cegah Virus Corona, Mitos atau Fakta?

Cegah Kacamata Tidak Berembun saat Pakai Masker

Baik kacamata maupun masker sama-sama penting untuk dikenakan bagi kamu pengguna kacamata. Jangan karena merasa tidak nyaman, kamu menyerah menggunakan masker atau sebaliknya, tidak menggunakan kacamata. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kacamata berembun saat pakai masker:

  • Sesuaikan Masker Hingga Pas di Wajah

Bila masker tidak menempel dengan pas di wajah, napas hangat dari hidung kemungkinan besar akan keluar dan membuat kacamata kamu berembun. Jadi, saat memakai masker, pastikan merekatkan bagian atas masker agar menempel rapat sesuai bentuk hidung kamu.

Bila model masker kamu memungkinkan, kencangkan juga sisi-sisi masker agar pas di wajah. Kamu bisa menggunakan selotip medis atau atletik untuk menutup celah antara pangkal hidung dan bagian atas masker.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Penggunaan Masker Wajah untuk Cegah Corona

  • Pakai Masker dengan Kawat Hidung

Bila model masker yang kamu kenakan longgar di hidung, kacamata pasti akan berembun. Sekarang ini, banyak masker yang dijual memiliki kawat hidung yang dijahit di dalamnya, yaitu kerangka fleksibel yang memungkinkan kamu untuk menekuk dan membentuknya agar pas dengan hidung. 

Masker dengan kawat hidung sebenarnya bisa memberi beberapa keuntungan, antara lain lebih efektif mencegah penularan virus karena lebih rapat, lebih nyaman dikenakan, dan mampu mencegah napas keluar yang bisa membuat kacamata berembun.

  • Bersihkan Kacamata sebelum Memakainya

Bila kacamata kamu tidak memiliki lapisan khusus, kamu bisa coba membersihkannya dengan air dan sabun dan biarkan kacamata mengering dengan sendirinya atau keringkan dengan kain lembut sebelum kamu memakainya.

Cara tersebut membantu mencegah kacamata berembun, karena sabun meninggalkan lapisan tipis pada lensa kacamata yang berfungsi sebagai penghalang kabut.

Membersihkan kacamata dengan pembersih kacamata anti-embun juga dinilai efektif untuk mencegah kacamata berembun saat pakai masker.

  • Posisikan Kacamata di Atas Masker

Coba tarik masker kamu sampai ke atas hidung dan posisikan kacamata di atasnya. Cara ini akan menghalangi udara keluar dan mencegah kacamata berembun. Bila kamu ingin mencoba cara ini, pastikan masker sudah terpasang dengan benar di wajah, serta hidung dan mulut kamu harus tertutup seluruhnya.

  • Taruh Tisu dalam Masker

Cara lain untuk mengatasi kacamata berembun saat pakai masker adalah dengan menaruh tisu yang sudah dilipat di dalam masker, di pangkal hidung. Tisu tersebut mungkin bisa menyerap kelembaban yang keluar, sehingga mencegah kacamata berembun.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Pakai Masker Medis Didobel

Itulah cara mengatasi kacamata berembun saat pakai masker yang bisa kamu coba lakukan. Bila kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter yang ahli dan terpercaya siap membantu kamu memberi saran kesehatan yang tepat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2021. How to Wear a Face Mask Without Fogging Your Glasses.
The Verge. Diakses pada 2021. How to stop your glasses from fogging up when you wear a mask.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. How to Keep Your Glasses From Fogging Up While Wearing a Mask.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan