Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juli 2024

“Kapalan yang muncul akibat kebiasaan mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa merendamkan kaki di air hangat, hingga melakukan eksfoliasi kulit telapak kaki.”

Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak TinggiCara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang senang dan sering mengenakan sepatu tinggi, telapak kaki kapalan menjadi suatu masalah yang rentan terjadi. Kondisi ini muncul akibat adanya tekanan berulang karena terlalu lama di kulit kaki.

Lapisan kulit ekstra dapat tumbuh di atas area yang tertekan, hingga muncul benjolan yang lebih keras dan menonjol. Kaki yang kapalan merupakan bentuk tubuh melindungi kulit dari iritasi atau rusak akibat penggunaan sepatu tinggi.

Umumnya, kapalan tidak terasa sakit dan bukanlah masalah yang serius. Meskipun begitu, kondisi ini dapat mengganggu penampilan, estetika, dan rasa percaya diri. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Kapalan Akibat Penggunaan Sepatu Tinggi

Jika kamu ingin menghilangkan kapalan karena tidak menyukai tampilannya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan: 

1. Rendam kaki di air hangat

Cobalah merendam kaki yang mengalami kapalan akibat penggunaan sepatu tinggi dalam air hangat selama sekitar 20 menit.

Setelah mengeringkan kulit kaki dengan handuk, perhatikan apakah kamu dapat menggosok lapisan kapalan dengan lembut menggunakan jari.

Lakukan perendaman ini beberapa kali. Secara bertahap, merendam kaki dengan air hangat dapat membantu mengurangi kapalan secara perlahan-lahan.

Kamu juga bisa menggunakan obat kapalan pada artikel berikut ini: “5 Rekomendasi Obat Kapalan yang Ampuh di Apotek”. 

2. Menggunakan cuka sari apel

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit kapalan yang keras. Campurkan cuka sari apel ke dalam air, kemudian rendam kaki selama sekitar 20 menit. 

Selama proses perendaman, cuka sari apel akan bekerja untuk melunakan kulit keras. Kamu mungkin bisa mengupas satu atau dua lapisan kapalan dengan lembut.

Namun, jangan menariknya terlalu keras agar tidak menimbulkan kulit pecah. Kulit yang pecah di sekitar atau di atas kapalan dapat menyebabkan infeksi. Maka dari itu, lakukanlah proses pengupasan kulit secara perlahan.

3. Oleskan dengan minyak jarak

Minyak jarak merupakan minyak dari ekstrak biji jarak yang memiliki sejumlah khasiat bagi kulit tubuh. Salah satunya adalah sebagai pelumas kulit alami.

Minyak ini dapat membantu untuk mengkondisikan kulit dalam menghilangkan kapalan. Caranya sederhana, kamu dapat mencampurkan air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak. Selanjutnya, rendam kapalan pada campuran tersebut untuk melumasi kulit yang keras. 

Minyak ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Baca selengkapnya pada artikel ini: “Intip Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan dan Kecantikan”.

4. Batu apung

Setelah kamu merendam kapalan secara menyeluruh dengan salah satu dari metode di atas, langkah selanjutnya adalah menggunakan batu apung.

Batu apung bisa kamu gunakan untuk memberikan tekanan pada daerah kapalan dengan melakukan gerakan melingkar.

Saat menggunakan batu apung, sebaiknya kamu tidak mencoba mengelupaskan seluruh kapalan sekaligus dalam satu waktu.

Lakukan proses pengelupasan secara bertahap untuk menghindari kerusakan pada kulit atau rasa tidak nyaman yang berlebihan. Kamu dapat melakukan proses ini setiap kali setelah sesi merendamkan kaki.

5. Garam epsom

Garam epsom merupakan bahan alami lainnya yang berfungsi sebagai eksfoliator. 

Perawatan ini sangat membantu untuk menghilangkan kapalan. Butiran halus garam larut dapat mengendurkan otot dan menenangkan kulit.

Campurkan 2 hingga 4 sendok makan garam epsom dalam baskom atau semangkuk air hangat, kemudian rendam kaki kapalan untuk mempermudah pengelupasan. 

Simak lebih lengkap terkait manfaat garam epsom dengan membaca artikel ini: “Segudang Manfaat Garam Epsom untuk Tubuh”.

Cara Mencegah Kapalan di Telapak Kaki

Kamu dapat mencegah kaki kapalan dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Gunakan sepatu yang nyaman. Kenakan kaus kaki yang nyaman dan sepatu yang pas dan empuk. Sebaiknya, kamu mengurangi durasi dan frekuensi penggunaan sepatu tinggi.
  • Rawat kaki secara rutin. Keringkan kaki setelah mencuci atau membahasinya. Kemudian, oleskan krim kaki yang melembapkan. Hal ini dapat membantu menenangkan dan melembutkan kulit kaki.

Setelah mengatasi kapalan, sebaiknya lakukan pencegahan agar kapalan tidak kembali terjadi. Hindari juga berjalan tanpa alas kaki, terutama jika keluar rumah. Pastikan sepatu memiliki ruang yang cukup untuk kulit bernapas.

Potong kuku kaki dan jaga agar tetap pendek untuk mencegah iritasi kaki. Mengenakan kaus kaki dan sandal di dalam rumah adalah cara lain untuk menjaga bagian bawah kaki tetap halus dan bebas dari kapalan. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kapalan akibat menggunakan sepatu tinggi. Jika kondisi kapalan menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan atau infeksi, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa mengobati kapalan dengan obat-obatan dari Toko Kesehatan Halodoc. Dengan Halodoc, membeli obat lebih mudah dari mana saja dan kapan saja.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. How to Get Rid of Calluses
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Corns and Calluses

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan