Cara Menggunakan Toner yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Maret 2022

“Dalam perawatan wajah, toner bermanfaat untuk membersihkan sisa kotoran dan makeup yang masih menempel setelah mencuci muka. Namun, kamu perlu tahu cara menggunakan toner yang benar agar bisa memberikan manfaat maksimal.”

Cara Menggunakan Toner yang Benar Agar Hasilnya MaksimalCara Menggunakan Toner yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Halodoc, Jakarta – Menggunakan toner merupakan langkah kedua penting dalam perawatan kulit sehari-hari. Jadi, cairan pembersih ini digunakan setelah kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan sebelum menggunakan moisturizer atau serum.

Kamu mungkin berpikir, bila sudah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah, lantas untuk apa lagi menggunakan toner. Nah, menurut Christine Choi Kim, MD, dokter kulit untuk The Body Shop, toner wajah penting untuk mempersiapkan kulit agar bisa menyerap pelembap dan serum dengan baik, sekaligus menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang membandel atau sisa riasan di wajah kamu setelah kamu mencuci muka. Namun, bukan berarti kamu bisa mengganti rutinitas membersihkan wajah dengan sabun menjadi hanya menggunakan toner saja ya. Anggap saja toner sebagai pembersih ekstra daripada jalan pintas untuk merawat kulit kamu.

Manfaat Toner untuk Perawatan Kulit Wajah

Pada dasarnya, toner bermanfaat sebagai double cleansing, yaitu untuk membersihkan minyak, kotoran, dan makeup yang tertinggal setelah kamu mencuci muka. Namun sekarang, toner sudah diformulasikan untuk memberikan manfaat yang lebih daripada itu. Cairan tersebut bisa digunakan untuk menargetkan berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga penuaan. Kini juga sudah ada toner untuk jenis kulit kering yang mengandung bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit.

Tips Menggunakan Toner Agar Hasilnya Maksimal

Nah, berikut cara menggunakan toner untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Basahi kapas dengan toner, lalu usapkan ke wajah kamu.
  • Usap kapas ke atas, dari hidung ke dahi, lalu usapkan di setiap alis.
  • Kemudian, usapkan kapas ke arah luar, dari hidung, melewati pipi ke arah telinga.
  • Usapkan juga kapan di atas mulut dan dagu.
  • Terakhir, bawa kapas ke pangkal leher dan usapkan ke atas untuk meningkatkan aliran darah ke wajah.

Itulah cara menggunakan toner untuk hasil yang maksimal. Nah, bila kamu ingin membeli produk perawatan kulit wajah, kamu bisa cek kebutuhan skincare kamu di aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang.

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2022.  Facial Toners Aren’t Just For Teens—There’s One For Every Skin Type.
Holland and Barrett. Diakses pada 2022. How to apply toner

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan