Cara Mengikuti Diet Mayo bagi Pemula, Ini Triknya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Februari 2023

"Diet mayo bukan hanya fokus membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, diet ini juga mendorong kamu untuk menerapkan pola makan sehat seumur hidup."

Cara Mengikuti Diet Mayo bagi Pemula, Ini TriknyaCara Mengikuti Diet Mayo bagi Pemula, Ini Triknya

Halodoc, Jakarta – Diet mayo merupakan pola makan sehat yang dikembangkan oleh Mayo Clinic, Amerika Serikat. Jenis diet ini membantu kamu untuk menurunkan berat badan melalui makanan yang sehat. Bukan cuma sementara, seseorang yang berhasil menjalani diet ini diharapkan bisa mempertahankannya seumur hidup.

Fokus utamanya dengan mengubah rutinitas harian dan menghentikan kebiasaan yang bisa memengaruhi berat badan. Simak penjelasan berikut ini jika kamu tertarik menurunkan berat badan melalui diet mayo!

Tips Mengikuti Diet Mayo untuk Pemula

Klaim dari diet ini yaitu memudahkan kamu untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Lewat metode ini juga kamu akan belajar memperkirakan porsi makan beserta jenis makanannya. 

Diet mayo juga tidak mengharuskan kamu untuk menghitung kalori dengan tepat. Sebaliknya, kamu justru disarankan untuk mengonsumsi makanan lezat yang tetap bisa memuaskan nafsu namun membantu menurunkan berat badan. 

Bagi pemula yang ingin mencoba diet ini, berikut aturan umum untuk melakukan diet mayo:

1. Cek piramida berat badan

Para pakar Mayo Clinic telah merancang piramida berat badan sehat untuk membantu kamu dalam memilih makanan yang mengenyangkan tetapi rendah kalori. Setiap kelompok makanan dalam piramida punya khasiat kesehatannya masing-masing. 

Umumnya, piramida tersebut mendorong kamu untuk makan sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang hampir tidak terbatas. Pasalnya, ada ini bisa memberikan efek menguntungkannya pada berat badan dan kesehatan.

2. Perbanyak aktivitas fisik

Selanjutnya, kamu juga dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga setiap hari.

Setidaknya, kamu perlu melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap harinya. Tujuan utamanya untuk mengurangi jumlah lemak dan meningkatkan kesehatan mental. 

3. Pilih meal plan sesuai keinginan kamu

Diet ala Mayo Clinic menyediakan lima meal plan yang berbeda pada beberapa tingkat kalori. Kamu bisa memilih meal plan vegetarian atau ala Mediterania.

Berikut salah satu contoh meal plan ala Mediterania untuk kebutuhan 1.200 kalori : 

  • Sarapan: overnight oat dengan beri dan pir.
  • Makan siang: sup kacang putih Tuscan dengan gerimis pesto.
  • Makan malam: ayam panggang dalam wajan dengan brokolini, bawang bombay, dan tomat.
  • Camilan: satu cangkir irisan paprika dan pisang.

Untuk makanan penutup, kamu boleh makan yang manis-manis tetapi tidak lebih dari 75 kalori sehari. Ide camilan yang bisa kamu coba misalnya yoghurt tanpa rasa atau cokelat hitam. 

Fase Diet Mayo

Diet mayo memiliki dua fase, yaitu:

1. Fase pertama

Dalam dua minggu pertama kamu akan berfokus menurunkan berat 2,7-4,5 kilogram dengan cara yang aman dan sehat.

Pada fase ini, kamu perlu fokus untuk mengubah kebiasaan gaya hidup yang berhubungan dengan berat badan.

Fase ini juga membantu kamu untuk melihat seberapa cepat kamu bisa merasakan hasilnya dari dorongan diri sendiri. 

2. Fase kedua

Pada fase kedua, fokus utamanya bukan lagi menurunkan berat badan. Tetapi, bagaimana cara untuk menerapkan pola makan sehat ini seumur hidup.

Di fase ini, kamu akan belajar lebih banyak tentang pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu, aktivitas fisik, olahraga, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat tersebut.

Fase ini juga dapat membantu kamu untuk mempertahankan target berat badan secara permanen.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar diet mayo, hubungi ahli gizi dan lakukan konsultasi medis melalui aplikasi Halodoc saja.

Ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. The Mayo Clinic Diet: A weight-loss program for life.
Everyday Health. Diakses pada 2023. The Mayo Clinic Diet: How It Works and What to Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan