Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Lain Infused Water

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Mei 2023

“Selain bantu turunkan berat badan, infused water juga diyakini dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Mulai dari mencegah dehidrasi, hingga diyakini dapat membantu menjaga imunitas tubuh.”

Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Lain Infused WaterBantu Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Lain Infused Water

Halodoc, Jakarta – Infused water kini menjadi salah satu pilihan minuman pelepas dahaga yang banyak peminatnya. Sebab, minuman ini memiliki  memiliki rasa yang menyegarkan dan dapat dibuat sesuai kreasi dan selera.

Biasanya, infused water paling umum terbuat dari air dan perasan lemon atau jeruk nipis. Namun, kamu bisa membuatnya dengan merendam berbagai daun herbal seperti basil, sage, maupun daun mint. 

Di balik rasanya yang menyegarkan, infused water juga dianggap sebagai salah satu minuman sehat yang bermanfaat. Kandungannya ternyata kaya akan nutrisi penting. 

Manfaat Infused Water bagi Kesehatan

Adapun salah satu manfaat yang mungkin familiar bagi kamu adalah membantu turunkan berat badan. Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat infused water lainnya bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah Dehidrasi

Banyak orang secara teratur mengalami dehidrasi ringan karena padatnya aktivitas setiap harinya. Padahal, dehidrasi dapat menjadi masalah kesehatan yang serius.

Sebagai contoh, dehidrasi yang sudah parah dapat menyebabkan efek samping seperti diare, muntah, demam, luka panas, kejang, dan banyak lagi.

Terlebih lagi, pada umumnya orang yang bosan atau kurang menyukai air putih tawar cenderung lebih memilih mengonsumsi minuman yang memiliki rasa. 

Misalnya seperti teh, kopi atau minuman ringan kemasan. Nah, infused water menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang kurang menyukai air putih tawar untuk senantiasa memenuhi asupan cairan tubuh.

Dehidrasi nyatanya adalah kondisi yang tak dapat kamu sepelekan. Dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bahkan, dehidrasi dapat memicu terjadinya batu ginjal. Kamu bisa membacanya melalui ulasan berikut ini, “Dehidrasi Dapat Memicu Terjadinya Batu Ginjal, Ini Faktanya“.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hidrasi merupakan aspek penting untuk kesehatan pencernaan karena dapat menjaga pergerakan usus secara teratur. Sebaliknya, dehidrasi kronis dapat menyebabkan seseorang sembelit, yang membuat perut terasa kembung dan tubuh yang lesu. Minum banyak air membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah mengalami sembelit.

3. Membantu Memenuhi Asupan Nutrisi

Infused water juga bisa membantu kamu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebab, beberapa jenis vitamin dan mineral dari buah atau sayuran bisa larut ke dalam air selama perendaman.

Meski demikian, tidak semua nutrisi dari kandungan infused water yang digunakan dapat diperoleh. Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman ini setiap harinya. 

4. Membantu Menjaga Imunitas Tubuh

Infused water yang terbuat dari air dan perasan lemon atau jeruk nipis dapat menjaga imunitas tubuh. Hal ini lantaran secara spesifik lemon dan jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C.

Vitamin C telah terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh jika kamu mengonsumsinya secara teratur. Namun, jumlah nutrisi dari konsumsi infused water cenderung minimal dan bervariasi. 

Meskipun secara teori memungkinkan, minuman ini mungkin tidak benar-benar dapat memberikan efek yang optimal pada fungsi kekebalan tubuh.

Hal yang Harus Diperhatikan

Meski infused water umumnya aman dikonsumsi meski dalam jumlah banyak, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan: 

  • Olah buah dengan baik

Bersihkan buah dengan benar buah sebelum  untuk memastikan air bebas dari kontaminan yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

  • Hindari mengonsumsi berlebihan

Banyak resep infused water menggunakan buah jeruk. Buah jeruk atau buah citrus lainnya berisiko mengikis enamel gigi karena kandungan asamnya. Sering minum air jeruk dapat menyebabkan gigi sensitif atau gigi berlubang. 

  • Bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan

Minum infused water tidak serta merta membuat kamu dapat menurunkan berat badan secara instan. Jika ingin menurunkan berat badan, kamu perlu memerhatikan asupan makanan sehari-hari, aktivitas fisik, dan juga kualitas tidur yang baik.

Itulah beberapa manfaat infused water bagi kesehatan. Memang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman ini. Namun, ingat bahwa minuman ini tidak dapat kamu jadikan sebagai sumber nutrisi utama. Maka dari itu, pastikan mengonsumsi makanan sehat atau suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkan suplemen, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Detox Water Health Benefits and Myths. 
Healthline. Diakses pada 2023. 6 Ways Your Body Benefits from Lemon Water.
WebMD. Diakses pada 2023. Are There Health Benefits to Drinking Infused Water?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan