Cara Mengolah Daun Ungu untuk Mengatasi Wasir

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Januari 2023

“Daun ungu bisa bermanfaat untuk mengatasi wasir. Namun, gunakan ekstrak daun ungu karena kandungan flavonoid yang cukup tinggi untuk meringankan gejala wasir.”

Cara Mengolah Daun Ungu untuk Mengatasi WasirCara Mengolah Daun Ungu untuk Mengatasi Wasir

Halodoc, Jakarta – Daun ungu atau yang memiliki nama latin Graptophyllum pictum Griff adalah salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat. Awalnya pemanfaatan tanaman herbal ini banyak ditemukan pada daerah Papua. Namun, kini daun ungu sudah banyak ditemukan di pulau Jawa, Ternate, hingga Maluku.

Di pulau Jawa sendiri, tanaman ini cukup terkenal karena dinilai mampu mengatasi penyakit wasir. Sebaiknya ketahui cara mengolah daun ungu untuk mengatasi wasir secara tepat. Selain itu, lakukan berbagai perawatan rumah lainnya untuk mengatasi wasir agar kondisi ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Cara Tepat Mengolah Daun Ungu untuk Wasir

Wasir atau hemoroid adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah pada rektum dan anus. Seseorang yang mengalami wasir dapat mengalami keluhan kesehatan yang tidak nyaman, apalagi jika sedang melakukan buang air besar.

Ada beberapa gejala yang sering terjadi pada pengidap wasir. Seperti muncul darah bersama feses, anus yang terasa gatal, merasa tidak tuntas saat buang air besar, adanya lendir pada anus, hingga rasa nyeri pada anus.

Meskipun pengobatan secara herbal masih membutuhkan penelitian lebih banyak, tetapi manfaat daun ungu terkenal bisa mengatasi wasir. Daun ungu merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi sekitar dua meter. Tanaman ini mengandung alkaloid non toksik, flavonoid, steroid, saponin, dan tanin.

Lalu, bagaimana cara mengolah daun ungu untuk mengatasi wasir? Sebaiknya konsumsilah obat herbal yang mengandung daun ungu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena tingginya kandungan flavonoid dalam ekstrak daun ungu.

Kandungan flavonoid memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang bisa menurunkan gejala, seperti peradangan hingga perdarahan pada anus akibat wasir. Bahkan, sifat analgesik pada ekstrak daun ungu juga bisa meringankan rasa nyeri yang dialami.

Selain itu, kandungan saponin dan tanin dalam ekstrak daun ungu mampu membuat feses menjadi lebih lunak. Dengan begitu, gejala wasir tidak akan semakin memburuk.

Perawatan dan Pencegahan Wasir

Meski diduga bisa membantu mengatasi wasir, khasiat daun ungu terkait wasir masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh sebab itu, jangan gunakan tanaman herbal sebagai pengobatan utama untuk mengatasi wasir.

Jika gejala wasir yang kamu alami tidak membaik, segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit untuk pengobatan secara medis. Segera periksa kesehatanmu menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Ada beberapa pengobatan medis untuk mengatasi wasir, seperti penggunaan obat-obatan hingga tindakan pengangkatan wasir. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan di rumah untuk mencegah wasir semakin memburuk. Berikut perawatan yang bisa dilakukan di rumah:

  • Memperbanyak asupan air putih.
  • Mandi dengan air hangat untuk mengurangi rasa gatal pada anus.
  • Kompres dingin bagian anus untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Perbanyak asupan sayur dan buah.
  • Pastikan area anus bersih dan kering.
  • Batasi pengonsumsian kafein untuk mencegah konstipasi.
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari terlalu lama duduk atau jongkok di toilet.

Jangan lupa untuk tidak mengejan terlalu keras. Pastikan kamu melakukan berbagai gaya hidup sehat untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Perbanyak aktivitas fisik atau olahraga sebagai salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah konstipasi.

Halodoc Home Lab
Referensi:

Medical Journal of Lampung University. Diakses pada 2023. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ungu (Graptophylum pictum Griff) terhadap Penyembuhan Hemoroid.

NHS. Diakses pada 2023. Piles (haemorrhoids).

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Hemorrhoids.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan