• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menjaga Keharmonisan dengan Suami setelah Memiliki Anak

Cara Menjaga Keharmonisan dengan Suami setelah Memiliki Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Menjaga Keharmonisan dengan Suami setelah Memiliki Anak

Halodoc, Jakarta - Hadirnya buah hati di tengah pasangan tentu adalah hal yang membahagiakan. Namun, kesibukan mengurus Si Kecil sering kali membuat pasangan suami istri tidak lagi memerhatikan keharmonisan rumah tangga. Jika dari sudut pandang istri, tentunya kehamilan, melahirkan, dan menyusui adalah masa-masa yang berat. 

Belum lagi masa-masa pemulihan dan harus beradaptasi dengan rutinitas baru setelah melahirkan. Bermesra-mesraan dan mencurahkan perhatian pada suami jadi hal yang jarang dilakukan. Sebab, ketika ada waktu luang, tidur dan me time menjadi hal yang lebih menyenangkan. Padahal, keharmonisan dengan suami penting untuk selalu dijaga. 

Baca juga: Ini Masalah Hubungan Intim yang Butuh Bantuan Ahli

Tips Menjaga Keharmonisan dengan Suami

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual & Reproductive Healthcare, setelah kehadiran buah hati, banyak pasangan suami istri yang mengeluhkan berbagai konflik dalam rumah tangganya. Keluhannya beragam, seperti kurangnya rasa saling pengertian, hingga frekuensi berhubungan intim yang semakin jarang.  

Peralihan peran sebagai seorang ibu boleh saja membuat tanggung jawab bertambah. Namun, jangan sampai semua kesibukan itu membuat hubungan dengan suami berantakan. Berikut ini tips menjaga keharmonisan dengan suami setelah memiliki anak:

1.Luangkan Waktu untuk Mengobrol

Seberapa lelahnya, usahakan selalu meluangkan waktu untuk mengobrol dengan suami. Sekadang menceritakan perasaan dan menanyakan apa yang dilalui suami hari ini. Tidak perlu lama-lama, mengobrol lah saat sedang santai, misal di malam hari setelah Si Kecil tidur, sambil minum teh bersama. 

Bicarakan semua keluh kesah yang dirasakan dengan kepala dingin. Beritahu suami jika ada sikap atau hal yang kamu harapkan darinya. Begitu pula sebaliknya, tanyakan pada suami, apakah ada hal yang mengganjal di pikirannya. Jadikan mengobrol bersama sebagai waktu untuk saling mengkomunikasikan pikiran dan perasaan satu sama lain. 

Baca juga: Suami dan Istri Sibuk? Ini 5 Rahasia Jaga Performa Seks Tetap Tahan Lama

2.Tunjukkan Perhatian

Setelah punya anak, perhatian ibu jadi tercurah sepenuhnya pada Si Kecil. Hal ini tentunya wajar dan menyenangkan. Namun, bukan berarti tidak ada hal lain yang harus dibicarakan. Tunjukkan juga perhatianmu pada suami, agar ia tahu bahwa kamu masih mempedulikannya. 

3.Jaga Keintiman

Bicara soal keharmonisan suami istri, tentu tidak jauh-jauh dengan yang namanya keintiman. Namun, keintiman tidak hanya bisa dijaga dengan sering-sering berhubungan intim, lho.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keintiman dengan suami, tanpa harus berhubungan intim. Misalnya dengan pelukan dan ciuman setiap hari, ketika ingin pergi bekerja atau menjelang tidur bersama. 

4.Luangkan Waktu untuk Berduaan

Cobalah sempatkan setidaknya satu hari dalam seminggu untuk menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan. Misalnya berkencan di malam minggu, sekadar makan di luar bersama atau menonton film di bioskop. Titipkan anak sebentar pada orangtua, keluarga, pengasuh, atau orang yang bisa dipercaya. 

Baca juga: Ini Akibatnya Kalau Suami-Istri Terlalu Gengsi

Itulah tips menjaga keharmonisan dengan suami setelah memiliki anak. Hubungan suami istri memang akan sedikit-banyak berubah setelah memiliki anak. Namun, jadikanlah perubahan-perubahan tersebut untuk mempererat hubungan, bukan justru menjauhkannya. 

Meski memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, jika dihadapi dan dijalani bersama tentu akan terasa lebih ringan. Jika kamu butuh bantuan ahli untuk masalah rumah tangga dengan pasangan, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Sexual & Reproductive Healthcare. Diakses pada 2020. First-time Parents’ Experiences of Proximity and Intimacy After Childbirth - a Qualitative Study.
Baby Center UK. Diakses pada 2020. Keep your Relationship on Track After Having a Baby: Parents’ Tips.
Parents. Diakses pada 2020. 8 Marriage Issues You'll Face After Baby and How to Solve Them.