• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Merdu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Merdu

Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Merdu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 16 Juli 2021
Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Merdu

“Mendengar kicauan merdu dari burung kenari bisa sangat menyenangkan dan menenangkan. Namun, untuk melatih burung kenari memiliki suara merdu tidak datang begitu saja. Ada beberapa tips perawatan khusus yang dilakukan agar kenari bisa memiliki suara merdu saat ia dewasa.”

Halodoc, Jakarta – Burung kenari adalah hewan peliharaan yang sempurna untuk kamu yang senang mendengarkan kicauan burung setiap hari di rumah. Selain itu, burung kenari juga suka tinggal bersama orang lain dan ia memiliki warna-warna indah yang tidak akan pernah membuat kamu sebagai pemiliknya merasa bosan. 

Setiap burung kenari istimewa dan memiliki kepribadian uniknya sendiri. Ini berarti bahwa tidak ada dua burung kenari yang akan menyanyikan lagu yang sama untuk pendengarnya. Jika kenari tidak terlalu banyak bernyanyi dan kamu ingin membantunya untuk bisa bernyanyi lebih baik, ada beberapa langkah perawatan yang perlu diikuti. Berikut ulasannya! 

Baca juga: Ketahui Tips Merawat Burung Merpati 

Mulai Latih Burung Kenari Bernyanyi dari Usia Muda

Burung kenari mulai belajar menyanyi ketika mereka masih kecil, dan ingatan mereka yang luas berarti mereka dapat mengingat nada dan gaya kicauan yang berbeda, meskipun terpisah dari orang tua mereka pada usia yang sangat dini. Jika kamu mencari burung kenari yang dapat bersaing dalam kompetisi, sangat penting untuk melatihnya sejak usia muda. Untuk ini, kamu harus memiliki kenari guru, atau menggunakan rekaman lagu mereka yang dapat diputarkan setiap hari. 

Kamu juga harus memahami bahwa kamu tidak akan dapat mengubah nyanyian kenari sepenuhnya, tetapi kamu dapat sedikit meningkatkannya dan membuatnya lebih bertenaga. Fondasi atau gaya nyanyian sudah tertanam dalam pikiran burung pada saat ia mencapai usia dewasa, dan pada usia ini tidak mungkin untuk melatihnya kembali.

Baca juga: 3 Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Fakta: Kenari yang Bahagia Bernyanyi Lebih Merdu

Penting untuk selalu diingat bahwa burung membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Setiap saat, kamu harus dapat mengenali apakah mereka sedang sakit, memiliki banyak air bersih dan makanan, apakah mereka dapat bergerak bebas, dna masih banyak lagi. 

Kesehatan burung kenari juga akan memiliki pengaruh langsung pada kemampuan mereka bernyanyi, kesehatan, dan umurnya. Perawatan dasar untuk kenari harus mencakup hal-hal seperti:

  • Kandang berukuran sedang.
  • Makanan dan dispenser air. 
  • Konsumsi tulang sotong atau kalsium.
  • Makanan atau camilan tinggi energi.
  • Buah dan sayur-sayuran.
  • Menutupi kandangnya di malam hari.
  • Menghormati waktu istirahatnya.

Penting juga untuk mengetahui bahwa kenari jantan biasanya adalah penyanyi yang lebih baik. Namun ia akan mudah terganggu jika ditemani oleh betina. Sehingga ini akan mengurangi waktunya untuk bernyanyi. Kenari adalah burung yang senang hidup sendiri, namun ia bisa menjadi sangat tertekan atau stres jika kamu tidak cukup memberinya perhatian. 

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter hewan di Halodoc mengenai perawatan yang tepat untuk burung kenari. Dokter hewan di Halodoc pun bisa dihubungi kapan dan di mana saja sehingga kamu tak perlu khawatir jika ada masalah pada hewan peliharaanmu. 

Baca juga: Kenali 6 Penyakit yang Rentan Dialami Burung

Tips untuk Meningkatkan Nyanyian Burung Kenari

Setelah kenari mulai bernyanyi, kamu harus menjaga kondisinya dan menstimulasinya dengan benar. Salah satu contohnya adalah dengan memainkan lagu kenari lain setiap hari. Ada juga beberapa hal yang direkomendasikan seperti:

  • Memperkenalkan buah dan sayuran ekstra untuk diet kenari adalah hal yang baik. Jika kamu memberikannya sebagai hadiah setelah lagu yang indah, kamu akan memperkuat kebiasaan ini secara positif. Jelas, memberikan kenari dengan diet sehat akan sangat penting untuk membuatnya bernyanyi dengan lebih baik.
  • Jaga agar burung kenari tetap segar di musim panas dengan menempatkan kolam kecil untuk digunakan atau dengan menyemprotkannya dengan air sedikit saja. Jika kamu memilih semprotan, kamu dapat mencampur air dengan sedikit cuka sari apel, yang akan meningkatkan bulunya dan membantu menjaganya tetap sehat.
  • Ukuran kandang menimbulkan sesuatu yang kontradiktif. Jika sangat besar, burung itu biasanya akan lebih terhibur dengan terbang dan melompat, dan akibatnya ia akan lebih sedikit berkicau. Sebaliknya jika kandang terlalu kecil akan terasa tertindas dan cemas. Direkomendasikan untuk menggunakan kandang berukuran sedang yang berisi tempat bertengger, sehingga burung kenari dapat berolahraga pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.
  • Tempatkan kandang di tempat yang tenang dan damai. Lokasi yang bebas dari angin yang memiliki sedikit sinar matahari alami akan menjadi lokasi yang sempurna untuk mengembangkan kualitas yang diinginkan ini.

Jika ingin meningkatkan nyanyian kenari, berarti memastikan hewan peliharaan kesayangan inu harus memiliki banyak energi dengan cara cukup istirahat, olahraga, dan nutrisi yang tepat. Ini akan membuat suara yang dihasilkan jadi lebih kuat, dan kenari akan lebih ceria sehingga ia akan sering bernyanyi.

Referensi:
AFA Watchbird. Diakses pada 2021. The Joys of Owning a Canary.
Animal Wised. Diakses pada 2021. How to Improve your Canary’s Singing.
Lafeber Company. Diakses pada 2021. The Song Canary.