Cara Optimalkan Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021

“Rumput laut merupakan salah satu jenis tanaman laut yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan, nyatanya rumput laut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Mulai dari menghilangkan kerutan, hingga bekas jerawat. Gunakan perawatan kulit yang berbahan dasar rumput laut untuk masker, scrub, hingga pelembap kulit untuk mengoptimalkan manfaat rumput laut.”

Cara Optimalkan Rumput Laut untuk Kecantikan KulitCara Optimalkan Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit. Salah satunya dengan menggunakan berbagai bahan alami. Rumput laut menjadi bahan alami yang dinilai mampu meningkatkan kondisi kesehatan serta kecantikan kulit.

Lalu, bagaimana penggunaan yang tepat? Nyatanya, banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan rumput laut untuk mengoptimalkan kecantikan kulit. Salah satunya dengan menjadikan rumput laut sebagai kandungan scrub atau masker kulit. Yuk, simak lebih banyak mengenai cara mengoptimalkan rumput laut untuk kecantikan kulit, di sini!

Baca juga: Suka Ngemil Rumput Laut, Ini Manfaatnya

Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan

Siapa sih yang tidak tahu dengan rumput laut? Tanaman laut yang banyak ditemukan di perairan yang cukup dangkal ini nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, rumput laut juga dikenal sebagai salah satu tanaman laut yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Menurut Lydia Sarfati, seorang ahli kecantikan di New York, rumput laut merupakan salah satu tanaman laut yang sangat bermanfaat bagi kecantikan. Hal ini disebabkan rumput laut merupakan konsentrasi air laut yang sangat kuat dan mampu menyerap mineral melalui penyerapan dan transpor aktif dari air laut. 

Proses ini membuat rumput laut memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, protein, dan lipid yang padat dan bermanfaat bagi kulit. Bahkan, berbagai jenis rumput laut saat ini sudah banyak yang digunakan sebagai bahan dasar untuk alat kosmetik maupun perawatan kulit.

Baca juga: Manfaat Makan Rumput Laut untuk Ibu Hamil

Lalu, apa saja manfaat rumput laut untuk kecantikan? Nyatanya, banyak manfaat rumput laut untuk kecantikan. Rumput laut dinilai mampu mengatur produksi minyak berlebihan pada wajah. Selain itu, rumput laut juga optimal dalam menghilangkan garis-garis dan kerutan halus pada wajah, khususnya wanita yang telah memasuki tanda penuaan.

Rumput laut juga memiliki kandungan anti inflamasi, mineral, dan seng yang mampu mengatasi masalah jerawat dan kulit sensitif. Bahkan, rumput laut juga dinilai mampu memberikan pencerahan pada kulit wajah setelah penggunaan secara rutin.

Sudah tahu apa saja manfaat rumput belulang untuk tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan Tubuh“.

Penggunaan Rumput Laut untuk Kecantikan

Namun, untuk mendapatkan manfaat secara optimal sebaiknya jangan sembarangan atau asal-asalan saat menggunakan rumput laut. Penggunaan yang salah dapat menyebabkan manfaat rumput laut tidak dirasakan dengan optimal.

Cara mengoptimalkan rumput laut untuk kecantikan dengan menggunakan beberapa perawatan tubuh yang sudah dicampurkan, atau menggunakan ekstrak rumput laut sebagai bahan dasarnya. Setelah itu, kamu bisa gunakan sebagai masker maupun scrub rumput laut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan gel atau pelembap tubuh yang berbahan dasar rumput laut. Dengan begitu, kondisi kesehatan kulit akan terjaga dengan baik.

Baca juga: Ketahui Manfaat Sehat Mengonsumsi Rumput Laut

Itulah beberapa cara mengoptimalkan penggunaan rumput laut untuk kecantikan. Jangan ragu untuk gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kulit seputar manfaat rumput laut. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Referensi:

Byrdie. Diakses pada 2021. Dermatologists Say Seaweed Has Some Serious Healing Properties.

Voi. Diakses pada 2021. 5 Seaweed Benefits for Facial Beauty.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan