Cara Tepat Atasi Batuk pada Anak di Rumah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juni 2021
Cara Tepat Atasi Batuk pada Anak di RumahCara Tepat Atasi Batuk pada Anak di Rumah

“Mengatasi batuk pada anak tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Ibu mesti memerhatikan cara yang tepat agar batuk pada anak tidak kian parah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu di rumah untuk meredakan batuk pada anak. Namun, sebelum itu sebaiknya ketahui dulu penyebab yang memicu batuk pada Si Kecil.”

Halodoc, Jakarta – Orangtua pastinya akan merasa khawatir saat buah hati mengalami gangguan kesehatan, salah satunya batuk. Padahal, batuk menjadi gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Batuk merupakan kondisi yang menandakan bahwa tubuh anak sedang berusaha menghilangkan benda asing atau iritan pada tenggorokan maupun saluran napas.

Baca juga: Obat Batuk yang Aman dan Alami untuk Si Kecil

Sebelum membawanya ke rumah sakit, tidak ada salahnya ibu lakukan beberapa perawatan sederhana di rumah yang bisa membantu meredakan gejala batuk. Ibu juga bisa menggunakan beberapa jenis obat yang memang terbukti untuk meredakan gejala batuk pada anak. Yuk, simak lebih banyak mengenai tips dan pengobatan tepat untuk mengatasi batuk anak di rumah!

Penyebab Batuk pada Anak

Kondisi batuk pada anak kerap menimbulkan kekhawatiran pada orangtua. Padahal, meskipun terkadang batuk pada anak terdengar mengerikan, tetapi kondisi ini merupakan refleks alami dari tubuh untuk melindungi saluran napas dari berbagai iritan, maupun benda asing yang dapat mengganggu kesehatan anak.

Umumnya, batuk pada anak disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akibat virus, paparan polusi udara, debu, asap rokok, hingga zat kimia lainnya. Selain itu, batuk juga bisa disebabkan akibat gangguan kesehatan lainnya, seperti asma, kenaikan asam lambung, hingga alergi.

Baca juga: 7 Penanganan Rumahan untuk Obat Batuk Anak Secara Alami

Cara Mengatasi Batuk Anak di Rumah

Jika kondisi batuk anak tidak disertai gejala lain, seperti demam tinggi atau kesulitan bernapas, tidak ada salahnya untuk memberikan perawatan di rumah agar batuk dapat segera diatasi dengan baik.

Ibu bisa memberikan banyak air putih saat anak mengalami kondisi batuk. Hal ini dilakukan agar anak tetap terhidrasi dengan baik. Air juga dapat membantu anak untuk melawan penyebab batuk dan menjaga saluran pernapasan tetap lembap. Jika anak masih dalam usia menyusui, ibu juga perlu memastikan anak mengonsumsi ASI lebih banyak agar kondisi kesehatan kembali optimal.

Hal yang tidak kalah penting adalah memberikan anak lebih banyak waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu anak untuk memulihkan kesehatannya. 

Jangan lupa untuk memberikannya makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin C, zinc, dan juga probiotik yang dinilai mampu meningkatkan imun tubuh anak. Selain itu, ibu juga bisa menyiapkan pereda batuk yang dijual di apotek terdekat, seperti Silex.

silex-halodoc

Silex merupakan pereda batuk yang cocok digunakan untuk keluarga. Bukan hanya meredakan batuk, Silex juga dapat melegakan tenggorokan dan pilek pada anak maupun dewasa karena terbuat dari beberapa bahan alami.

Kandungan Thymus vulgaris dan Primulae veris bahkan terbukti meredakan batuk yang disebabkan oleh bronkitis akut. Selain itu, Silex juga memiliki kandungan Thymus serpyllum yang telah banyak digunakan secara tradisional untuk melegakan tenggorokan. Thymus serpyllum juga dinilai memiliki khasiat sebagai anti mikroba, anti inflamasi, serta antioksidan.

Kandungan lainnya dalam Silex adalah Drocerae ramentaceae yang juga memiliki efek antiinflamasi, spasmolitik, dan antitusif. Itulah beberapa kandungan alami dari Silex yang bisa membantu ibu dalam meredakan batuk Si Kecil.

Pada anak-anak, Silex bisa dikonsumsi sebanyak 1 sendok teh atau 5 mililiter dalam 3–4 kali sehari. Sedangkan pada orang dewasa, sebanyak 15 mililiter dalam 3–4 kali sehari. 

Baca juga: 9 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Silex merupakan pereda batuk yang tidak menyebabkan kantuk, sudah tersertifikasi halal, dan cocok untuk segala usia. Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan Silex di apotek terdekat menggunakan Halodoc

Tidak perlu repot, kamu tinggal menunggu pembelian obat di apotek tanpa antre dan dalam waktu 60 menit obat akan diantar ke rumah. Praktiskan? Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store maupun Google Play!

halodoc-beli-obat
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Children’s Cough: Causes and Treatment.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat a Cough in Toddlers at Home.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Can I Do to Make My Cough Go Away?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan