• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Memilih Pakaian untuk Olahraga Lari

Cara Tepat Memilih Pakaian untuk Olahraga Lari

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Tepat Memilih Pakaian untuk Olahraga Lari

Halodoc, Jakarta - Lari adalah olahraga yang sebenarnya paling ekonomis, karena tidak membutuhkan peralatan apa pun, dan bisa dilakukan di mana saja. Namun, bagi yang baru pertama kali ingin mencobanya, mungkin sering merasa bingung memilih pakaian untuk olahraga lari. 

Sebenarnya, kamu tidak membutuhkan pakaian atau perlengkapan lari yang mahal untuk menjadi pelari yang sukses. Jika memang ada rekomendasi pakaian atau perlengkapan untuk lari, biasanya lebih bertujuan untuk membuat kamu nyaman dan aman saat berlari. 

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Memilih Pakaian untuk Olahraga Lari

Saat pertama kali mulai olahraga lari, kamu tidak perlu terburu-buru keluar dan membeli banyak pakaian lari yang benar-benar baru. Namun, jika dirasa perlu, tidak masalah membeli beberapa pakaian khusus lari. Pakaian khusus lari cenderung ringan dan dirancang untuk memudahkan pergerakan tubuh. 

Jahitan ditempatkan di area tertentu untuk meningkatkan gerakan dan di tempat yang cenderung tidak menyebabkan lecet karena gesekan saat lari. Selain itu, banyak pakaian khusus lari yang reflektif sehingga kamu tetap aman saat berlari dalam kegelapan.

Pakaian khusus lari biasanya terbuat dari kain, seperti nilon, wol, atau polyester. Selama cuaca dingin, bahan dari pakaian lari akan membantu kamu tetap kering dan hangat, sedangkan saat cuaca panas pakaian akan menghilangkan keringat dari tubuh dan membantu mencegah lecet.

Jika tidak punya pakaian khusus lari, tidak masalah. Kamu bisa mengenakan kaus dan celana yang nyaman. Indonesia adalah negara tropis yang cenderung panas, sehingga kamu bisa menggunakan kaus yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat dengan baik, dipadukan dengan celana pendek.

Khusus untuk wanita, penting untuk menggunakan sports bra atau bra yang dirancang khusus untuk berolahraga. Pastikan ukuran bra pas dan tidak terlalu ketat, agar nyaman digunakan saat lari. 

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

Selain itu, ada beberapa fitur lain yang harus diperhatikan dalam pakaian lari, yaitu:

  • Kompresi. Beberapa kaus kaki lari, celana ketat, dan atasan terbuat dari kain kompresi. Perlengkapan kompresi dapat membantu mempercepat pemulihan setelah berlari.
  • Kantong. Jika tidak ingin membawa tas saat berlari, carilah jaket, celana ketat, capris, dan perlengkapan lainnya yang dilengkapi dengan saku. Banyak kantong yang dirancang khusus untuk menampung telepon atau barang kecil seperti kunci atau kartu kredit.
  • Perlindungan matahari. Beberapa perlengkapan lari dirancang khusus untuk melindungi kulit di bawah sinar matahari. Selain memakai topi dan tabir surya, memakai pakaian yang dilengkapi dengan perlindungan terhadap matahari bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Pemilihan Sepatu Lari Juga Penting

Saat ingin mulai menjadi seorang pelari, kamu memerlukan sepasang sepatu lari yang ideal. Sebab, mengenakan jenis sepatu yang salah adalah salah satu penyebab paling umum dari cedera saat lari. Ketika membeli sepatu lari, jangan hanya melihat merek atau warnanya saja.

Jika baru pertama kali berbelanja sepatu lari, kunjungi toko khusus lari di mana para ahli dapat mengevaluasi model kaki dan merekomendasikan sepatu yang tepat untuk kamu. Mereka mungkin akan mengukur kaki, melihat cara kamu berlari di atas treadmill, dan menganalisis gaya berjalan kamu.

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli sepasang sepatu lari baru adalah:

  • Pilih sepatu yang memiliki bantalan yang empuk dan terasa ringan saat digunakan berlari.
  • Jika berencana untuk lari di malam atau pagi hari, pertimbangkan sepasang sepatu yang mengandung bahan reflektif. Tujuannya agar kamu lebih mudah dilihat oleh pengguna jalan lainnya saat berlari di tempat yang cenderung gelap.
  • Pikirkan permukaan tempat kamu kemungkinan besar akan berlari. Sepatu lari trail akan memiliki tapak yang lebih tebal daripada sepatu yang dirancang untuk treadmill, trek, dan jalan raya.

Itulah pedoman memilih pakaian dan sepatu untuk olahraga lari. Perlu diingat, kamu tidak harus membeli pakaian dan sepatu yang mahal dan khusus untuk pelari. Cukup kenakan pakaian dan sepatu yang dirasa nyaman, yang ada di lemari kamu.

Jika tujuan melakukan olahraga lari adalah karena ingin sehat, konsisten dan fokuslah pada hal itu. Kalau ada yang ingin kamu tanyakan seputar olahraga, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. What to Wear Running: The Best Clothes & Gear for Beginners.
Coach Magazine. Diakses pada 2020. The Best Running Gear For Men And Women, And What to Know Before You Buy.