Cara Tepat Mengolah Kacang Panjang Agar Tetap Bernutrisi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 November 2021
Cara Tepat Mengolah Kacang Panjang Agar Tetap BernutrisiCara Tepat Mengolah Kacang Panjang Agar Tetap Bernutrisi

Kacang panjang ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal itu didapat dari kandungan beragam nutrisi yang ada di dalamnya. Biar bisa mendapatkan manfaatnya secara utuh, pastikan untuk mengetahui cara mengolah makanan ini dengan tepat.”

Halodoc, Jakarta – Kacang panjang masuk dalam jenis makanan yang cukup mudah diolah. Meski begitu, mengonsumsi makanan ini disebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kacang panjang disebut memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, sodium, folat, tiamin, dan berbagai vitamin, termasuk vitamin A dan vitamin C. 

Kabar baik lainnya, makanan ini tidak memiliki kandungan kolesterol. Tentu saja hal itu bisa menjanjikan hal yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat sehat dari jenis makanan ini, tentu saja kacang panjang harus diolah atau dimasak dengan cara yang tepat. Lantas, bagaimana cara memasak sayuran ini agar tetap bernutrisi? 

Manfaat dan Cara Mengolah Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengolah dan memasak sayuran ini agar kandungan nutrisinya bertahan. Sebenarnya, tidak sulit untuk memasak jenis makanan yang satu ini. Kacang panjang seringkali dijadikan campuran pada masakan tertentu atau direbus begitu saja. 

Agar kandungan nutrisi dalam makanan ini tidak berkurang, hindari merebus kacang dengan air mendidih dalam waktu yang lama. Jika ingin dicampurkan dengan masakan tertentu, kacang panjang sebaiknya dimasukkan terakhir agar tidak dimasak terlalu lama. Namun, jika ingin merebusnya saja, pastikan untuk tidak terlalu lama melakukannya, apalagi sampai lembek. 

Berbagai Manfaat Sehat yang Bisa Didapat

Seperti dikatakan sebelumnya, kacang panjang memiliki sederet kandungan nutrisi. Jika diolah dengan cara tepat dan dikonsumsi secara rutin, ada beberapa manfaat sehat yang bisa didapat dari makanan ini, antara lain:

  • Menurunkan risiko asam urat, katanya hal ini terjadi karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Katanya, mengonsumsi cukup banyak vitamin C setiap hari bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat kadar asam urat tinggi. 
  • Tulang lebih sehat, sebab kacang panjang mengandung mangan, kalsium, dan juga vitamin K. Deretan nutrisi ini diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. 
  • Kacang panjang juga merupakan jenis makanan sumber antioksidan. Asupan ini dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek negatif dari radikal bebas.
  • Baik untuk menjaga kesehatan kulit, hal ini berkat kandungan berbagai vitamin dalam kacang panjang. 
  • Meningkatkan fungsi pencernaan, sebab kaya akan kandungan serat larut dan tidak larut. Zat ini bisa membantu melindungi mukosa usus besar, salah satunya dengan mengurangi waktu paparan zat beracun. 
  • Makanan kaya serat juga disebut ampuh untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Mengonsumsi makanan ini dipercaya bisa membantu mengurangi kadar “kolesterol jahat” alias LDL. 
  • Baik untuk darah. Kandungan dalam jenis makanan ini disebut bisa menunjang kesehatan sistem peredaran darah, serta meningkatkan dan menjaga produksi sel darah merah.

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kacang panjang. Ingat, agar asupan nutrisinya utuh dan berdampak pada tubuh, pastikan untuk mengolah makanan ini dengan cara yang tepat. Selain itu, hindari juga berlebihan dalam mengonsumsinya. 

Jika masih memiliki pertanyaan seputar makanan sehat dan manfaatnya bagi tubuh, coba tanya ahli gizi melalui aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi ahli kesehatan melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Health Benefit Times. Diakses pada 2021. Yardlong bean – Vigna unguiculata subsp. Sesquipedalis.
Health Cautions. Diakses pada 2021. The Best Health Benefits of Yard Long Beans. 
Nutrition and You. Diakses pada 2021. Yard long beans Nutrition facts. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan