Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 November 2021
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi TubuhCatat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

“Ternyata manfaat kacang panjang atau yang disebut juga dengan Chinese snake bean ini cukup banyak. Ini karena didalamnya terkandung berbagai nutrisi yang cukup lengkap dan mungkin tidak ditemukan di sayuran lain. Ia bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat seperti ditumis atau direbus.”

Halodoc, Jakarta – Kacang panjang adalah salah satu sayuran yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Karena bentuknya panjang seperti ular, kacang panjang juga kerap disebut sebagai Chinese snake bean. Ia memiliki rasa yang lezat jika diolah dengan benar. Selain itu, manfaat kacang panjang juga cukup banyak, ini karena mereka mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam kacang panjang juga tak hanya bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian, tetapi juga berpotensi mendatangkan beragam manfaat kesehatan. Simak beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan berikut ini! 

Baca juga: Aneka Jenis Kacang yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

  • Mengatasi Nyeri Haid 
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Manfaat kacang panjang yang pertama ini datang berkat kandungan mineral mangan didalamnya. Mangan ini adalah mineral yang berperan penting dalam siklus reproduksi wanita. Kandungan mangan pada kacang panjang diduga mampu mengurangi frekuensi atau meringankan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi. Oleh karena itu, kamu bisa konsumsi olahan kacang panjang untuk membantu meringankan nyeri haid dan membuat suasana hati kembali membaik. 

  • Merawat Kesehatan Kulit
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Tiap orang pasti mendambakan kulit yang sehat, dan ternyata ini bisa didapatkan dengan rutin konsumsi olahan kacang panjang. Ini karena kacang panjang adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. 

Jika kamu konsumsi vitamin C dalam jumlah yang tepat, maka ini akan menghindarkan kamu dari berbagai masalah kulit, seperti keriput, kulit kering, dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka dan mengurangi kemerahan.

Namun untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan untuk kulit di Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa mendapatkan semua produk kecantikan dengan praktis tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu bahkan bisa tiba kurang dari satu jam.

Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah

  • Menjaga Kesehatan Jantung 
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan asam folatnya. Hal ini dikarenakan folat membantu menurunkan homosistein yang merupakan penumpukan protein yang diduga bisa meningkatkan kemungkinan stroke dan serangan jantung.

Jika kamu rutin konsumsi folat dalam jumlah tinggi, maka ini akan membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular. Alhasil, ini akan mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan jantung.

  • Mencegah Kanker
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Tidak hanya buruk untuk jantung, kekurangan folat juga diduga akan meningkatkan kemungkinan kanker usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan otak. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya folat seperti kacang panjang dapat mencegah perkembangan kanker.

  • Mengatasi Asam Urat 
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah mengurangi gejala asam urat. Ini karena kacang panjang mengandung vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan sehingga ia akan mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun.

Penumpukan radikal bebas juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis (radang sendi). Peradangan sendi yang tidak diobati pun dapat berujung pada komplikasi asam urat. 

Baca juga: Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Anak 

  • Membesarkan Payudara 
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Salah satu manfaat kacang panjang yang diyakini banyak orang adalah kemampuannya dalam membantu membesarkan payudara. Hal ini karena kacang panjang memiliki efek proliferatif terhadap sel payudara. Senyawa ini mampu memacu proliferasi jika berikatan dengan reseptor estrogen. 

Hormon estrogen yang ada di dalam payudara diketahui bisa menentukan volume payudara. Beberapa artikel kesehatan juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan tertentu, kacang panjang misalnya, dapat meningkatkan kadar estrogen yang memiliki andil dalam pertumbuhan payudara.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah
Catat, Ini Berbagai Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Kacang panjang juga diyakini mampu mengontrol kadar gula berlebih sehingga ia bisa diandalkan untuk mencegah diabetes. Selain itu, kandungan kalori dan gula yang rendah di dalamnya juga terhitung aman bagi penderita diabetes. Jika kamu atau orang terdekat mengidap diabetes, maka kamu perlu mencoba manfaat kacang panjang dengan cara direbus atau diolah menjadi menu yang lezat. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Jurnal Farmasi Universitas Gadjah Mada. Diakses pada 2021.  Efek Proliferatif Ekstrak Etanolik Kacang Panjang Pada Sel T47D. 
World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. Diakses pada 2021. Unguiculata Beans.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan