• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Terbaik Mengetahui Masa Subur Wanita

Cara Terbaik Mengetahui Masa Subur Wanita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bagi yang sedang dalam program hamil, mengetahui masa subur sangatlah penting. Namun, di lain sisi, mengetahui kapan masa subur wanita juga bisa dijadikan trik untuk menghindari kehamilan, bagi yang ingin melakukan KB alami. Lalu, bagaimana sih cara terbaik untuk mengetahui masa subur wanita?

Masa subur atau masa ovulasi adalah periode ketika sel telur yang telah matang dilepaskan dan kemudian dapat dibuahi di dalam rahim. Pada masa ini, peluang hamil akan jadi lebih tinggi jika berhubungan intim. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapan masa subur wanita. Beberapa di antaranya alami dan tidak memerlukan alat bantu apapun, sedangkan beberapa lainnya membutuhkan bantuan alat. 

Baca juga: Mengetahui Masa Subur Wanita Punya 3 Manfaat Ini

Begini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Seperti telah dijelaskan tadi, berikut beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita:

1. Metode Penghitungan Kalender

Untuk mengetahui masa subur wanita menggunakan metode ini, kamu perlu mencari tahu kapan menstruasi bulan lalu. Setelah tahu tanggalnya, kamu mulai bisa menghitung dengan kalender. Masa subur atau ovulasi biasanya terjadi pada 12-16 hari setelah hari pertama menstruasi sebelumnya. 

Namun, metode ini hanya akurat bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur. Metode ini juga tidak cocok jika siklus menstruasi kamu kurang dari 26 hari sekali, atau lebih dari 32 hari sekali.

2. Cek Lendir Serviks

Beberapa saat sebelum ovulasi, vagina akan mengeluarkan lendir yang lebih banyak dari biasanya. Karakteristik lendir yang menandakan bahwa tubuh kamu dalam kondisi subur biasanya memiliki ciri berwarna bening seperti putih telur, encer, dan keluar cukup banyak. 

Jika ingin menggunakan metode ini, kamu perlu memperhatikan dan mencatat kondisi lendir yang keluar dari organ intim, sejak sehari setelah menstruasi berakhir. Pada masa ini, jangan bersihkan vagina dengan sabun pembersih kewanitaan, karena justru bisa memengaruhi produksi lendir.

Baca juga: Ini Pentingnya Mencatat Masa Subur Wanita

3. Ukur Suhu Basal Tubuh

Pernah dengar tentang suhu basal tubuh? Ini adalah temperatur ketika tubuh dalam kondisi istirahat. Ketika masa subur tiba, suhu basal tubuh biasanya akan mengalami sedikit peningkatan, tepatnya sekitar 0,3 derajat Celcius. Kamu dikatakan telah berovulasi jika selama tiga hari atau lebih suhu tetap stabil di angka tersebut. Umumnya, kamu akan ada dalam kondisi sangat subur pada 2-3 hari sebelum suhu basal tubuh naik.

Waktu terbaik mengukur suhu basal tubuh adalah setelah bangun tidur di pagi hari, yaitu sebelum kamu beranjak dari kasur. Ukurlah suhu tubuh menggunakan termometer yang diproduksi khusus untuk mengukur suhu basal tubuh, agar hasil lebih akurat. Lakukan pengukuran suhu setiap pagi dan catat hasilnya agar kamu dapat melihat pola dan memprediksi masa subur kamu.

4. Alat Prediksi Ovulasi

Jika tidak ingin ribet dan hasil yang lebih akurat, kamu bisa mengetahui masa subur menggunakan alat prediksi ovulasi. Alat ini bekerja dengan menganalisis urine, untuk mengecek apakah kamu sedang subur atau tidak. Kamu bisa membeli alat ini di apotik terdekat, tanpa resep dokter.

Namun, karena sekarang sedang pandemi COVID-19, tentunya kamu disarankan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Jadi, download saja aplikasi Halodoc di ponselmu, untuk membeli alat prediksi ovulasi. Tinggal klik, kamu hanya perlu duduk manis di rumah, dan alat prediksi ovulasi yang kamu butuhkan akan diantar dalam waktu 1 jam. 

Baca juga: Ketahui Masa Subur Sebagai Penentu Kehamilan

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui masa subur wanita. Jika kamu sedang berencana memiliki anak, masa subur bisa dijadikan waktu yang tepat untuk berhubungan intim. Namun, jika belum berencana hamil atau sedang melakukan KB alami, hindari hubungan intim di masa subur agar tidak terjadi kehamilan. 

Referensi:
US Department of Health & Human Services Women's Health. Diakses pada 2020. Trying to conceive.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Getting Pregnant: What Ovulation Signs Can I Look Out For if I’m Hoping to Conceive?
Baby Center. Diakses pada 2020. How to Predict Ovulation by Charting Your Basal Body Temperature and Cervical Mucus.
Baby Center. Diakses pada 2020. How to Tell When You Ovulate.