Mengetahui Masa Subur Wanita Punya 3 Manfaat Ini

Mengetahui Masa Subur Wanita Punya 3 Manfaat Ini

Halodoc, Jakarta – Masa subur wanita alias masa ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur yang sudah matang. Setelah dilepaskan, sel telur berarti sudah siap untuk dibuahi di dalam saluran tuba falopi. Dalam hal ini, sel telur akan bertemu sperma dari pasangan yang terjadi dalam tuba falopi selama masa subur membuat kesempatan untuk hamil menjadi lebih tinggi.

Nyatanya, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengetahui masa subur wanita, di antaranya: 

1. Meningkatkan Peluang Hamil 

Bagi pasangan yang tengah menanti kehadiran sang buah hati, menghitung dan mengetahui masa subur wanita adalah hal yang penting. Pasalnya, peluang hamil akan lebih tinggi jika pembuahan terjadi pada masa subur. Dalam hal ini, sperma dari pasangan yang berada dalam tuba falopi selama masa subur membuat kesempatan untuk hamil menjadi lebih tinggi. 

Baca juga: Begini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

2. Alat KB Alami 

Mengetahui masa subur pada wanita juga bisa dimanfaatkan sebagai alat KB (keluarga berencana) alami. Artinya, mengetahui masa subur bisa membantu pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan secara alami. Setelah mengetahui kapan masa subur wanita datang, kamu dan pasangan bisa menunda kehamilan yang belum diinginkan dengan mengurangi frekuensi berhubungan intim. Meskipun selalu ada peluang kehamilan pada setiap aktivitas seksual yang dilakukan. 

3. Mendeteksi Masalah Reproduksi 

Dengan mengetahui masa subur, wanita bisa mendeteksi masalah terkait reproduksi, misalnya masalah kemandulan. Hubungan intim pada masa kesuburan, yang dilakukan dengan frekuensi tinggi, tapi tak kunjung menyebabkan kehamilan bisa menjadi tanda kemandulan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memperhatikan masa subur dan kapan waktunya. 

Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan suami istri tidak kunjung mengalami kehamilan. Namun, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika dirasa ada yang salah, termasuk jika kehamilan tak juga terjadi meski sudah berhubungan intim pada masa subur wanita. 

Baca juga: Ini Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Mengetahui masa subur pada wanita bisa dilakukan dengan menghitung tanggal, terutama setelah masa haid terjadi. Hal ini penting dilakukan bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan dan mengharapkan kehadiran momongan di tengah keluarga. 

Salah satu cara perhitungan yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur adalah dengan metode kalender. Untuk menghitung masa subur wanita dengan metode ini, sebelumnya perlu dicari tahu siklus menstruasi pada setidaknya dua bulan terakhir. Setelah mengetahuinya, kamu bisa mulai memperkirakan kapan masa ovulasi akan datang. 

Umumnya, masa subur alias masa ovulasi akan terjadi sekitar 12 hingga 16 hari setelah hari pertama menstruasi. Kurang lebih penghitungannya akan seperti ini, jika kamu mendapat menstruasi pada tanggal 1 Juli, maka ada kemungkinan masa subur terjadi di antara tanggal 13 hingga 17 bulan Juli. 

Kabar buruknya, tidak semua wanita bisa menerapkan metode ini untuk mengukur masa subur. Menghitung masa subur dengan metode kalender mungkin tidak akan akurat pada wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.  

Baca juga: Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Kalau itu yang terjadi, kamu dan pasangan bisa mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Siklus menstruasi yang tidak lancar juga bukan hal yang boleh disepelekan begitu saja. Sebab, bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda dari penyakit tertentu.

Atau kamu bisa membicarakan terlebih dahulu seputar masa subur pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!