Catat, Ini Langkah Perawatan Wajah Pria yang Tepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Oktober 2023

“Perawatan wajah yang dapat dilakukan seorang pria dapat dimulai dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu ada beberapa treatment yang bisa dilakukan juga.”

Catat, Ini Langkah Perawatan Wajah Pria yang TepatCatat, Ini Langkah Perawatan Wajah Pria yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Perawatan wajah bukanlah hanya urusan wanita saja. Saat ini, semakin banyak pria yang mulai sadar akan pentingnya perawatan wajah agar tampil lebih segar, sehat, dan menarik. 

Salah satu hal yang dapat membantu para pria dalam merawat wajah mereka adalah dengan menggunakan produk perawatan wajah untuk pria. Aktivitas ini tentu kudu bersamaan dengan kebiasaan-kebiasaan baik pula. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu juga dapat membaca artikel mengenai Perawatan Wajah Pria yang Perlu Diperhatikan.

Langkah Perawatan Wajah Pria

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan wajah pria yang tepat:

1. Produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Pembersih yang sesuai membantu membersihkan secara mendalam dan menghilangkan kotoran di pori-pori yang dapat menyebabkan noda.

Jangan hanya menggunakan sabun batangan, yang dapat membuat wajah menjadi kering dan mengelupas sehingga menimbulkan iritasi.

Cari pembersih atau produk perawatan wajah pria yang terbuat dari bahan pembersih alami yang sesuai dengan jenis kulit, baik kering, berminyak, atau kombinasi.

Cuci muka dengan susu atau krim pembersih akan cocok untuk jenis kulit kering.

Penggunaan gel pembersih sangat cocok untuk kulit normal atau kombinasi.

Jika ingin mengobati jerawat dapat menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau benzoil peroksida.

Kandungan tersebut memiliki kualitas antibakteri dan efektif mengobati jerawat.

2. Cuci muka sekali sehari

Mencuci yang terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya kamu mencuci muka pada waktu pagi atau malam hari.

Jika kamu ingin menyegarkan diri di sela-sela pembersihan, dapat mencuci muka dengan menggunakan air mengalir tanpa menggunakan produk pembersih wajah.

3. Tidak tidur dengan kondisi masih memakai tabir surya atau produk lainnya

Jika kamu mengoleskan tabir surya di siang hari, sebaiknya cuci muka sebelum tidur.

Tabir surya masih terpakai di wajah, mungkin mengandung bahan yang dapat menyebabkan jerawat jika dibiarkan di kulit semalaman.

4. Lakukan eksfoliasi setiap beberapa hari

Eksfoliasi dapat menggunakan scrub wajah atau sikat pengelupas wajah setiap beberapa hari akan menghilangkan kulit mati dan kotoran yang tidak hilang dengan keramas harian.

Eksfoliasi membuat kulit lebih cerah dan sehat. Saat kamu melakukan eksfoliasi dengan scrub, gosokkan scrub ke wajah dengan gerakan melingkar yang lembut, lalu bilas.

5. Gunakan pelembap setiap hari

Menggunakan pelembap dapat membantu kulit kamu mempertahankan elastisitasnya dan menjaganya agar tidak terasa gatal atau terlalu bersisik.

Pilih pelembap yang baik dan tepat untuk jenis kulit.

Jika kulit kamu tergolong kering, pilih pelembap dengan bahan-bahan seperti minyak zaitun, minyak argan, shea butter, dan lanolin.

Sementara, jika kulit kamu berminyak, pilih pelembap dengan bahan yang lebih ringan yang tidak menempel di kulit sepanjang hari.

Jika kamu memiliki rambut wajah, gunakan minyak jenggot untuk menjaga janggut dan kumis tetap lembut dan sehat.

Selain itu, terdapat langkah lainnya yang penting untuk diingat, seperti:

  1. Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, karena hal ini dapat merusak kulit wajah dan membuatnya tampak kusam.
  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan daging tanpa lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh.
  1. Minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit wajah kamu.
  1. Hindari stres berlebihan dan pastikan kamu tidur cukup setiap malam. Kurang tidur dan stres dapat membuat kulit wajah tampak kusam dan terlihat lebih tua.

Sangat penting sekali untuk mengetahui jenis kulit kamu, agar perawatan wajah sesuai dan tepat.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui jenis kulit kamu dan produk apa saja yang sesuai.

Konsultasi dapat secara mudah dapat melalui Halodoc.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Skin Care for Men: What You Need To Know
Healthline. Diakses pada 2023. The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care
WikiHow. Diakses pada 2023. How to Care for Your Face (Males)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan