Catat, Ini Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Maret 2023

“Mempersiapkan menu sehat untuk sahur bisa dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang digoreng saat sahur. Tujuannya agar kesehatan tubuh juga terjaga dengan baik."

Catat, Ini Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak DigorengCatat, Ini Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

Halodoc, Jakarta – Menjaga tubuh agar tetap fit dan berenergi saat berpuasa bisa kamu lakukan dengan memakan asupan yang sehat saat sahur. Mempersiapkan menu sehat untuk sahur sangat penting karena bisa menentukan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seharian penuh. Sayangnya, banyak sekali orang-orang yang melakukan kesalahan pada menu sahur. 

Seharusnya, kamu mengurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak sebisa mungkin saat sahur. Walaupun makanan yang kamu goreng terasa lezat dan cepat pembuatannya, sayangnya makanan ini tidak terlalu sehat untuk sahur. 

Makanan berminyak hasil proses penggorengan cenderung mengandung kalori dan lemak trans tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Jangan khawatir, kamu bisa mengetahui berikut ini alternatif bahan makanan yang pengolahannya tidak perlu kamu goreng!

Macam-Macam Bahan Makanan yang Tidak Perlu Digoreng

Kebanyakan orang menjadikan puasa sebagai ajang untuk memperbaiki pola makan mereka menjadi lebih sehat. Jika hal ini menjadi tujuan kamu juga, simak jenis menu sahur sehat yang bisa jadi pilihan: 

1. Telur

Telur ayam adalah salah satu makanan paling bergizi untuk konsumsi saat sahur. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur bisa membuat kamu tetap kenyang lebih lama. Apalagi, banyak sekali menu yang terbuat bahan dasar telur.

Untuk menghindari penggunaan minyak, kamu bisa merebus telur dan mengonsumsinya bersama sayur, kentang, atau roti. Jika kamu merasa bosan dan harus menggunakan minyak, coba gunakan jenis minyak sayur yang lebih sehat. 

2. Alpukat

Buah yang kaya nutrisi ini juga baik untuk kamu konsumsi saat sahur. Alpukat sangat tinggi serat, yang baik untuk membantu penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Manfaat lain alpukat adalah membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga energi akan dilepaskan perlahan sepanjang hari. 

Alpukat bisa menambah tekstur dan rasa pada hidangan apa pun. Kamu bisa menghaluskan alpukat dan menjadikannya isian roti, ataupun memakannya bersamaan dengan telur dan salmon. Kamu bisa menambahkan sedikit perasa alami seperti garam atau merica untuk menambah variasi rasanya.

3. Salmon 

Khasiat daging merah muda pada ikan salmon telah menjadikannya salah satu menu paling favorit orang banyak. Salmon merupakan sumber protein, vitamin, omega 3, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Omega 3 yang ada di salmon merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri sehingga harus berasal dari sumber luar. Asam lemak ini berkontribusi pada fungsi otak yang sehat.

Kamu bisa menyajikan salmon asap dengan apa saja untuk menu sahur sehat. Contoh bahan pangan yang bisa kamu sajikan bersama salmon adalah nasi, roti, kentang, sayur, telur, hingga alpukat.

4. Sup Ayam

Sup ayam sering menjadi makanan rumahan jitu untuk menyembuhkan berbagai gejala penyakit. Hal ini karena sup ayam berisi sayuran dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai salah satu menu sahur sehat lain yang wajib kamu hidangkan. 

Ayam mengandung protein dan lemak yang kamu butuhkan selama berpuasa, dan sayuran di dalamnya adalah sumber vitamin, mineral yang sehat. Selain bermanfaat, cara membuatnya juga mudah dan cepat sehingga sangat praktis untuk menu sahur. 

5. Pasta

Makanan pasta yang sehat memberi dosis karbohidrat kompleks harian yang tubuh perlukan selama berpuasa. Pasta gandum yang kamu olah dengan sayuran, ayam, atau daging juga merupakan makanan super mudah, lezat, yang cocok untuk jadi menu sahur sehat. 

Untuk menambah rasa, ada berbagai jenis saus pasta yang bisa kamu buat sesuai dengan cita rasa yang kamu suka. Pasta juga bisa, menjadi menu sahur bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cari tahu lebih lanjut Alasan Pasta Cocok untuk Turunkan Berat Badan.

Itulah informasi seputar menu sahur sehat yang tidak perlu kamu goreng. Jika kamu masih ingin tahu jenis makanan sehat apa saja yang cocok dikonsumsi saat sahur, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa hubungi dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. 

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Gulf News. Diakses pada 2020. Ramadan 2019: 9 Suhoor Foods To Keep You Energised All Day In Ramadan.
Halal Trip. Diakses pada 2020. Quick Suhoor Recipes For You This Ramadan.
Healthline. Diakses pada 2020. Why Are Fried Foods Bad for You?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan