Catat, Ini Titik Refleksi Punggung yang Bisa Bantu Redakan Nyeri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Januari 2023

“Ada beberapa titik refleksi punggung dan leher yang dapat membantu meredakan nyeri. Salah satunya adalah kandung empedu 21 yang terletak di tengah antara bagian atas leher dan bahu.”

Catat, Ini Titik Refleksi Punggung yang Bisa Bantu Redakan NyeriCatat, Ini Titik Refleksi Punggung yang Bisa Bantu Redakan Nyeri

Halodoc, Jakarta – Nyeri punggung dan leher sering terjadi, terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu duduk untuk melakukan aktivitas tertentu. Misalnya seperti bekerja di depan komputer, melihat tablet atau terlalu lama menggunakan pada ponsel. Nah, salah satu perawatan alternatif yang dapat dilakukan adalah pijat refleksi yang menjadi bagian dari akupresur. Adapun perawatan ini diyakini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang tegang dan dapat mengurangi rasa sakit pada tulang belakang leher, toraks, lumbal atau sakral.

Akupresur mirip dengan akupunktur, dan keduanya bekerja untuk merangsang sistem saraf untuk membuka blokir Qi. Qi sendiri merupakan kekuatan hidup atau energi vital tubuh yang mengalir melalui saluran dalam tubuh yang disebut meridian. 

Karena itu, ketahuilah beberapa titik refleksi punggung yang bisa bantu meredakan nyeri. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Umumnya pijat refleksi sangat aman, bahkan untuk orang yang hidup dengan kondisi kesehatan yang serius. Perawatan ini tidak invasif dan nyaman untuk diterima, jadi mungkin patut dicoba. Namun, kamu harus tetap berbicara dengan dokter terlebih dahulu jika memiliki masalah kesehatan berikut:

  • Masalah peredaran darah di kaki.
  • Pembekuan darah atau radang pembuluh darah kaki.
  • Encok.
  • Borok kaki. 
  • Infeksi jamur, seperti kaki atlet.
  • Memiliki luka terbuka di tangan atau kaki.
  • Adanya masalah tiroid.
  • Mengidap epilepsi.
  • Jumlah trombosit yang rendah atau masalah darah lainnya, yang dapat membuat kamu lebih mudah memar dan berdarah.

Kamu mungkin masih dapat mencoba refleksologi jika mengalami salah satu dari masalah ini. Tetapi kamu juga mungkin perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk menghindari efek samping.

Titik Refleksi Punggung untuk Meredakan Nyeri 

Secara umum, memberi tekanan pada titik-titik akupresur ini dapat membantu merilekskan atau merangsang tubuh. Titik refleksi umum meliputi:

1. Kandung empedu 21

Titik ini terletak di tengah antara bagian atas leher dan bahu. Adapun titik akupuntur ini diyakini dapat meredakan sejumlah masalah fisik. Mulai dari kekakuan otot, nyeri leher dan bahu, serta sakit kepala.

2. Kandung kemih 23 (UB-23): 

Titik pijat refleksi ini berada pada punggung bawah dan diyakini dapat membantu meringankan berbagai masalah. Mulai dari nyeri punggung bawah, kelemahan otot punggung bawah, dan kelelahan. 

Titik ini terletak di punggung bawah dekat pinggang dan ada di setiap sisi tulang belakang, sekitar 2 jari dari tulang belakang. Di setiap sisi, temukan ruang di bawah proses spinosus vertebra lumbal kedua (tulang belakang di punggung bawah).

Selain pada leher dan punggung, ada juga titik hati 3 (LV-3) yang terletak pada kaki. Titik ini diyakini dapat meredakan pegal dan nyeri punggung bagian bawah, sakit kepala, sakit mata, hingga sakit kaki. Di samping itu,  titik usus besar 4 terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk juga bermanfaat untuk meredakan nyeri, khususnya nyeri leher dan sakit kepala. 

Apakah Pijat Refleksi Efektif Secara Medis?

Sebenarnya hingga saat ini belum banyak penelitian tentang pijat refleksi. Namun, salah satu studi pada 2014 silam yang dilakukan oleh fisioterapis Inggris menunjukkan hal menarik. Studi ini menjelaskan kalau pijat refleksi bukan hanya praktik pengobatan tradisional semata. Sebab, pijat refleksi adalah alat yang efektif untuk mendorong relaksasi sehingga secara efektif dapat mengurangi rasa sakit. Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa pijat refleksi dapat mengurangi kecemasan dan nyeri punggung bawah secara lebih baik daripada memijat punggung bawah secara mandiri. 

Mau tau penyebab dan cara ampuh mengatasi sakit punggung atau back pain? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Penyebab Back Pain yang Perlu Diwaspadai dan Cara Ampuh Mengatasinya“.

Itulah penjelasan mengenai titik pijat refleksi untuk mengatasi nyeri punggung. Jika nyeri punggung tak kunjung membaik, sebaiknya segeralah periksakan kondisi kesehatanmu. Nah, melalui aplikasi Halodoc kamu bisa membuat janji medis di rumah sakit untuk memeriksakan kondisi. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Reflexology 101. 
Spine Universe. Diakses pada 2023. Acupressure for Back, Neck and Upper Back Pain. 
Spine Universe. Diakses pada 2023. Acupressure for Chronic Low Back Pain Symptoms. 
Kaiser Permanente. Diakses pada 2023. Acupressure for Low Back Pain. 
NIH. Diakses pada 2023. The effectiveness of acupressure on relieving pain: a systematic review. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan