7 Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya bagi tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2023

“Ada beberapa titik refleksi kaki yang bisa dipijat lembut agar manfaatnya terasa pada tubuh. Misalnya seperti sela-sela jari kaki, sisi kaki atas tumit, hingga pergelangan kaki bagian depan dan belakang.”

7 Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya bagi tubuh7 Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya bagi tubuh

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Saat badan terasa pegal dan kaki terasa tidak nyaman, refleksi kaki menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Refleksi kaki adalah pengobatan tradisional dari Cina yang kabarnya bisa meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh dengan cara memijat beberapa titik penting pada kaki.

Refleksi kaki membutuhkan terapis yang berpengalaman agar manfaatnya semakin optimal. Sebaiknya ketahui beberapa titik refleksi kaki untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu rasakan. Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya bagi Tubuh

Pijat refleksi adalah pengobatan tradisional yang melibatkan pijatan-pijatan lembut pada titik tertentu di beberapa bagian tubuh, seperti telinga, punggung, dan kaki.

Teknik pijat refleksi ternyata hampir serupa dengan teknik akupuntur dan akupresur.

Refleksi kaki adalah salah satu cara yang paling sering masyarakat lakukan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang mereka alami. Mulai dari kelelahan, pegal, hingga kaki yang tidak nyaman.

Menurut Dr. Dustin Martinez, dokter kiropraktik di Los Angeles, refleksi kaki dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan menurunkan tingkat stres.

Tindakan ini sebaiknya tidak kamu lakukan secara mandiri, pastikan kamu melakukan refleksi kaki dengan para terapis yang mengerti pengobatan tradisional ini dengan baik.

Berikut beberapa titik refleksi kaki yang bisa terapis lakukan dan manfaatnya bagi tubuh, yaitu:

1. Sela-Sela Jari Kaki

Bagian sela-sela jari kaki menjadi salah satu area refleksi yang paling umum. Sebab, tindakan refleksi kaki pada bagian ini dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan area dada, paru-paru, hingga punggung belakang. 

2. Jari Kaki

Jari kaki menjadi bagian titik refleksi kaki yang tidak boleh terlewat. Dengan memijat secara lembut bagian jari kaki, kamu bisa menghilangkan rasa pegal dan tidak nyaman pada area betis. Selain itu, melakukan pemijatan pada jari kaki bisa meningkatkan fleksibilitas kaki untuk bergerak. 

Caranya, setelah masing-masing jari kaki terpijat, genggam seluruh jari kaki dan lakukan gerakan memutar secara perlahan. Gerakan ini bisa kamu ilakukan berulang untuk bagian kaki yang lain.

3. Tumit Kaki

Refleksi kaki pada bagian tumit membuat pegal-pegal di area betis dapat teratasi dengan baik. Selain itu, pijatan pada tumit membuat kaki menjadi lebih rileks. 

Biasanya, para terapis akan memusatkan titik refleksi kaki dengan menekan area tumit dengan ibu jari. Kemudian, tangan yang lain akan melakukan pijatan lembut pada seluruh kaki.

4. Sisi Kaki di Atas Tumit

Bagian sisi kaki di atas tumit menjadi titik refleksi yang bisa terapis gunakan untuk mengatasi permasalah pegal atau tidak nyaman pada area pinggul. 

Namun apakah nyeri otot bisa teratasi melalui pijat? Simak informasinya dalam artikel: Apakah Benar Nyeri Otot dapat Disembuhkan dengan Pijat?

5. Jempol Kaki

Jika kamu tiba-tiba mengalami sakit kepala, selain beristirahat dan mengonsumsi obat, kamu bisa melakukan refleksi kaki dan dapatkan pijatan serta tekanan lembut pada bagian jempol kaki. 

Pada titik ini terbilang efektif untuk mengatasi sakit kepala. Cari tahu titik refleksi untuk sakit kepala lainnya dalam artikel: Ketahui Titik Akupunktur Sakit Kepala untuk Meredakan Gejala.

Selain itu, pijatan refleksi pada bagian ini juga efektif untuk mengatasi kondisi tegang dan kram pada kaki.

6. Punggung Atas Kaki

Melakukan refleksi kaki pada bagian ini membuat kamu merasakan lebih nyaman dan rileks. 

7. Pergelangan Kaki Belakang

Titik refleksi pada pergelangan kaki belakang membantu kamu mengurangi tekanan pada bagian tendon achilles. Tendon achilles adalah tendon atau urat yang menghubungkan otot betis ke tumit.

Itulah beberapa titik refleksi kaki yang bisa kamu lakukan dan rasakan manfaatnya. Tidak ada salahnya lakukan refleksi kaki secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Refleksi kaki secara umum bisa membantu kamu meningkatkan kualitas tidur, menurunkan stres, hingga mengatur emosi dengan lebih baik.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar pijat refleksi, segeralah hubungi dokter. Cek rekomendasi dokter umum terbaik melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2023. Reflexology.
Healthline. Diakses pada 2023. Foot Reflexology Chart: Points, How to, Benefits, and Risks.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Foot Massage Techniques and Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan