Cegah Anemia, Adakah Buah yang Mengandung Vitamin B12?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Desember 2022

“Nyatanya, tidak ada buah yang mengandung vitamin B12. Namun, vitamin ini bisa kamu temukan pada beberapa jenis sayuran, hati hewan, hingga makanan laut.”

Cegah Anemia, Adakah Buah yang Mengandung Vitamin B12?Cegah Anemia, Adakah Buah yang Mengandung Vitamin B12?

Halodoc, Jakarta – Anemia adalah kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah sehingga tidak mampu membawa oksigen yang cukup ke seluruh organ tubuh. Anemia dapat terjadi secara ringan hingga parah. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Saat mengalami keluhan kesehatan terkait anemia, sebaiknya segera lakukan pengobatan medis. Kamu juga bisa melakukan perawatan sederhana di rumah dengan memerhatikan asupan makanan yang mengandung vitamin B12. 

Lantas, adakah buah yang mengandung vitamin B12 sehingga bisa kamu konsumsi leih sering? Simak faktanya berikut ini!

Adakah Buah yang Mengandung Vitamin B12?

Vitamin B12 adalah vitamin yang sangat penting untuk membantu tubuh dalam banyak hal. Seperti proses pembuatan DNA, menjaga kesehatan otak, sistem saraf, hingga membantu pembentukan sel darah merah. 

Namun sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin B12. Kamu perlu mengonsumsi beberapa jenis vitamin ini bisa memenuhinya. 

Mungkin kamu berpikir untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 denhan cara makan buah. Namun, kamu tidak akan menemukan satu pun buah yang mengandung vitamin B12. Hal ini karena vitamin B12 merupakan hasil metabolisme dalam kehidupan bakteri.

Jadi, untuk mendapatkan vitamin B12 kamu perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat lainnya yang memiliki kandungan tersebut.

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 bisa kamu temukan di berbagai jenis makanan sehat lainnya. Berikut ini makanan dengan kandungan vitamin B12 yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti:

1. Bayam

Jika kami menjalani pola makan vegetarian, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi bayam.

Selain vitamin B12, bayam juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin K, zat besi, hingga folat yang bisa membantu tubuh menghasilkan sel darah merah sehat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kondisi anemia.

2. Hati Hewan

Hati hewan, seperti sapi dan kambing menjadi jenis hati yang mengandung vitamin B12 cukup tinggi. Namun, hati kambing mengandung vitamin B12 lebih tinggi dibandingkan dengan hati sapi. 

3. Kerang

Kerang menjadi salah satu makanan laut yang cukup banyak penggemarnya. Makanan laut ini mengandung vitamin B12 yang sangat baik untuk tubuh.

Selain mengandung vitamin jenis ini, kerang juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi dan antioksidan pada tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi kerang yang diolah secara tepat agar nutrisinya bisa kamu manfaatkan dengan baik.

4. Daging Sapi

Selain bagian hatinya, daging sapi juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan kamu memilih jenis daging dengan lemak rendah sehingga vitaminnya bisa kamu dapatkan secara maksimal. 

Kamu pun perlu mengolah daging sapi dengan tepat, seperti misalnya menghindari menggoreng daging sapi untuk mencegah hilangnya nutrisi.

5. Tuna

Tuna menjadi salah satu jenis ikan yang terkenal karena kandungan nutrisinya. Selain mengandung protein, tuna juga mengandung vitamin B12 yang cukup baik untuk kesehatan tubuh.

6. Salmon

Bukan hanya kaya akan omega-3, salmon juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk kesehatan. 

7. Telur

Selain mengandung protein, telur juga mengandung vitamin B12. Kebanyakan vitamin B12 pada telur terdapat dalam kuning telur. Namun, pastikan kamu mengonsumsi telur secara lengkap.

Jadi, tidak ada buah yang mengandung vitamin B12, sehingga kamu bisa penuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan lain seperti yang disebutkan di atas. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai manfaat lain dari vitamin B12 untuk kesehatan tubuh menggunakan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Top 12 Foods That Are High in Vitamin B12.
Well Curve. Diakses pada 2022. Vitamin B12 Foods, Fruits & Vegetables Will Boost Your Health.
Web MD. Diakses pada 2022. Foods You Should Eat if You Have a B12 Deficiency.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Anemia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan