Cek Fakta: Benarkah Kopi Picu Kenaikan Tingkat Stres?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 September 2021
Cek Fakta: Benarkah Kopi Picu Kenaikan Tingkat Stres?Cek Fakta: Benarkah Kopi Picu Kenaikan Tingkat Stres?

“Kopi adalah minuman favorit bagi sebagian orang. Rasanya yang unik dan harumnya kopi membuat rileks serta tenang penggemarnya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata kopi picu kenaikan stres. Hal ini disebabkan kopi memiliki kandungan kafein yang memengaruhi fungsi hormon dalam tubuh. Sebaiknya perhatikan jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan kondisi stres yang kamu alami. Stres adalah reaksi tubuh terhadap kondisi yang berbahaya, ancaman, tekanan, atau perubahan secara tiba-tiba. Stres yang tidak diatasi dapat memicu gangguan kesehatan mental yang lebih buruk, seperti depresi.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola tingkat stres, salah satunya dengan melakukan berbagai hal menyenangkan. Kegiatan ini tentunya dapat membuat kamu menjadi lebih tenang dan rileks. Lalu, benarkah mengonsumsi kopi picu kenaikan stres? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Kopi dan Tingkat Stres

Sebagian orang merasa belum lengkap menjalani pagi hari tanpa secangkir kopi. Biasanya, setelah mengonsumsi kopi di pagi hari, kebiasaan ini membuat kamu semakin bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Lalu, apakah efek kopi akan dirasakan sama ketika seseorang sedang mengalami stres? Sebaiknya hindari mengonsumsi kopi saat kamu sedang stres. Nyatanya, mengonsumsi kopi bisa picu kenaikan tingkat stres akibat adanya kandungan kafein dalam kopi.

Kafein dapat mengubah beberapa efek hormon dalam tubuh, seperti:

  1. Adenosin. Kafein menghambat penyerapan adenosin dalam tubuh. Padahal, adenosis memiliki fungsi yang menenangkan tubuh. Gangguan penyerapan adenosin dalam tubuh bisa memicu gangguan tidur yang semakin memperburuk kondisi stres.
  2. Adrenalin. Kafein meningkatkan hormon adrenalin dalam tubuh untuk sementara. Hal ini juga bisa memicu gangguan tidur.
  3. Kortisol. Saat mengalami stres tubuh banyak memproduksi kortisol. Mengonsumsi kafein akan menambah jumlah kortisol dalam tubuh yang bisa memicu kenaikan tingkat stres dan gangguan kesehatan lainnya.
  4. Dopamin. Kafein akan meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh yang bisa memicu kecanduan pada kopi.

Kafein dan stres adalah dua hal yang saling berkaitan. Sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi kopi saat sedang mengalami stres. Pastikan kamu mengonsumsi kopi sesuai takaran untuk menjaga kesehatan mental maupun fisik.

Jika stres yang kamu alami telah mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter maupun psikolog yang bisa membantu kamu untuk mengelola stres yang kamu alami. Caranya, download Halodoc melalui App Store atau Google Play di smartphone kamu!

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahayanya Kebanyakan Minum Kopi

Waspada Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Untuk mendapatkan manfaat positif dari kafein sebaiknya hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Berikut ini efek samping pengonsumsian kafein berlebihan pada kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Gangguan Pencernaan

Kafein dipercaya dapat memberikan efek pencahar akibat pelepasan hormon gastrin yang diproduksi dalam perut untuk mempercepat aktivitas di usus besar. 

Kafein juga dinilai mampu merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan gerakan peristaltik. Untuk itu, mengonsumsi kafein berlebihan dapat memicu diare atau gejala GERD.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Sebaiknya hindari mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf. 

Peningkatan tekanan darah yang tidak terkendali dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti jantung dan stroke. Jangan lupa untuk selalu perhatikan jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh untuk menjaga kesehatan.

  1. Kelelahan

Kafein dinilai bisa meningkatkan energi, tetapi saat efek kafein hilang dari tubuh kondisi ini bisa menyebabkan rasa kelelahan. Sebaiknya, pastikan kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tepat.

Baca juga: Adakah Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Kopi

Itulah efek samping mengonsumsi kafein secara berlebihan. Pastikan kamu mengonsumsi kopi dalam jumlah dan waktu yang tepat untuk merasakan manfaatnya yang tepat. 

Referensi:

Very Well Mind. Diakses pada 2021. Caffeine, Stress, and Your Health.

Healthline. Diakses pada 2021. 9 Side Effects of Too Much Caffeine.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan