Cek Fakta: Olahraga Sebelum Tidur Lebih Bermanfaat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 April 2022

“Olahraga sebelum tidur bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, perhatikan jenis dan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga sebelum tidur. Kamu bisa lakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang selama 90 sampai 60 menit sebelum waktu tidur.”

Cek Fakta: Olahraga Sebelum Tidur Lebih BermanfaatCek Fakta: Olahraga Sebelum Tidur Lebih Bermanfaat

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara fisik. Bukan itu saja, rutin melakukan olahraga juga dinilai baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga agar manfaatnya dapat dirasakan dengan baik?

Nyatanya, olahraga sebelum tidur bisa kamu lakukan asalkan berlatih dengan menggunakan beberapa gerakan yang ringan. Hal ini bisa membantu kamu meredakan tingkat kecemasan, stres, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah tertidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Banyak orang yang percaya dengan melakukan olahraga sebelum tidur membuat kamu menjadi lebih sulit tidur. Hal ini tidaklah sepenuhnya tepat, sebab sebuah penelitian dari European Journal of Sport Science di tahun 2020 menemukan fakta bahwa  olahraga yang dilakukan sebelum tidur tidak mengganggu kualitas dan waktu tidur. 

Penelitian ini dilakukan oleh 12 orang dengan kegiatan olahraga menjelang tidur secara terpisah. Kelompok pertama diminta untuk melakukan olahraga 30 menit sebelum tidur dengan melakukan aerobik intensitas sedang. Sementara kelompok kedua tidak berolahraga sama sekali sebelum tidur. Hasilnya, seluruh peserta penelitian tidak mengalami gangguan tidur saat mereka beristirahat. 

Hal serupa juga terlihat pada hasil penelitian sebuah jurnal Sport Medicine, yang menganalisa 23 peserta dengan olahraga sebelum tidur. Mereka berolahraga satu jam sebelum tidur, hasilnya kualitas tidur mereka meningkat lebih baik.

Kunci melakukan olahraga sebelum tidur adalah memastikan bahwa kamu memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan. Lakukan olahraga yang terbilang ringan agar manfaat olahraga sebelum tidur bisa kamu rasakan dengan baik. Hal penting lainnya adalah selesaikan olahraga satu jam sebelum waktu tidur. 

Dengan begitu, waktu tidurmu tidak akan terganggu dan kamu bisa merasakan berbagai manfaatnya, seperti:

  • Membuat tubuh menjadi lebih rileks.
  • Menurunkan rasa cemas.
  • Menurunkan tingkat stres.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur

Sebaiknya ketahui jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan sebelum tidur. Dengan begitu kamu bisa merasakan manfaatnya dengan baik. Berikut olahraga yang bisa dilakukan:

  1. Yoga

Bukan hanya meningkatkan kekuatan tubuh, melakukan yoga juga bisa membantu kamu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Hal ini membuat kamu menjadi lebih rileks sehingga akan lebih mudah untuk tidur pada malam hari.

Teknik pernapasan yang kamu lakukan saat yoga pun bisa membuat jantung lebih sehat. Ini bisa memengaruhi tingkat fokus dan kualitas tidur di malam hari.

  1. Jalan Santai

Tidak ada salahnya lakukan jalan santai sepulang kerja bersama teman-teman. Selain membuat otot dan tubuh menjadi lebih kuat, jalan santai juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Olahraga ini bisa membantu kamu meredakan stres sehingga istirahat malam menjadi lebih rileks. Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa jalan santai selama 30 menit dengan intensitas ringan hingga sedang. Lakukan kegiatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

  1. Stretching

Ketika kamu mengalami tingkat stres yang tinggi, hal ini membuat otot pada tubuh menjadi lebih tegang. Sebaiknya lakukan stretching agar tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidak mengganggu berbagai kegiatan, seperti tidur.

Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, stretching juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Saat stretching, gunakan teknik pernapasan yang baik agar pikiran menjadi lebih rileks.

Itulah jenis olahraga sebelum tidur yang bisa kamu lakukan. Setelah berolahraga kamu bisa mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi lebih rileks sehingga kamu memiliki tidur yang berkualitas.

Jika kamu mengalami berbagai gangguan kesehatan, jangan lupa untuk tanyakan langsung pada dokter dan penuhi kebutuhan medis yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Can Exercising Before Bed Affect Your Sleep?
Sport Medicine. Diakses pada 2022. Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis.
European Journal of Sport Science. Diakses pada 2022. Moderate-Intensity Exercise Performed in The Evening Does Not Impair Sleep in Healthy Males.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan