Cek Fakta: Tips Berbuka Puasa Supaya Perut Tidak Kaget

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 April 2022

“Tak sedikit orang yang langsung menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus saat berbuka puasa. Kebiasaan ini tentu tidak menyehatkan karena membuat perut yang tadinya kosong selama seharian menjadi kaget akibat masuknya makanan dalam jumlah besar.”

Cek Fakta: Tips Berbuka Puasa Supaya Perut Tidak KagetCek Fakta: Tips Berbuka Puasa Supaya Perut Tidak Kaget

Halodoc, Jakarta – Setelah lebih dari 12 jam berpuasa, sebagian besar orang kerap makan berlebihan ketika berbuka. Padahal, kebiasaan ini jelas tidak sehat dan bisa membuat perut kaget. Perut kosong yang tiba-tiba diisi oleh volume makanan dalam jumlah besar ini dapat menimbulkan berbagai keluhan kesehatan, seperti naiknya asam lambung, perut bergas, atau kembung sampai dispepsia. 

Itu sebabnya, penting agar tidak langsung kalap makan saat berbuka untuk mencegah keluhan-keluhan tersebut. Nah, kalau kamu masuk golongan orang yang sering kalap makan saat berbuka, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini untuk mencegah perut kaget saat berbuka puasa. 

Tips Sehat saat Berbuka Puasa

Saat waktu berbuka sudah tiba, bukan berarti kamu bebas menyantap apapun. Ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan agar perut tidak kaget dan mencegah beragam masalah kesehatan. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Awali dengan air putih

Melansir dari laman Detik, dokter spesialis gizi Tan Shot Yen mengatakan bahwa hal penting dari buka puasa adalah rehidrasi. Nah, air putih adalah rehidrasi paling terbaik karena tidak mengandung tambahan apapun sehingga  mudah diserap oleh tubuh. Hindari mengonsumsi teh dan kopi yang justru bersifat diuretik. Hindari pula mengonsumsi makanan yang terlalu manis karena dapat membuat kamu kenyang terlalu cepat. 

2. Lanjutkan dengan makanan ringan

Setelah rehidrasi, jangan langsung mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Utamakan makanan ringan, seperti kurma, buah, atau sup. Kandungan gula alami yang ada dalam kurma maupun buah-buahan lain mampu mengisi ulang energi setelah berpuasa seharian. Sup juga salah satu pilihan terbaik karena mampu merehidrasi tubuh, memberikan nutrisi, dan energi. 

3. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Nah, setelah mengonsumsi makanan ringan, perut sudah mulai beradaptasi kembali. Saat inilah kamu bisa mulai mengonsumsi makanan berat. Namun, pastikan makanan yang kamu konsumsi bergizi seimbang ya. Kamu bisa memilih makanan tinggi serat, seperti sayuran yang dipadupadankan dengan makanan kaya protein, misalnya daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Tambahkan sedikit lemak untuk mengisi kembali cadangan lemak tubuh yang hilang saat puasa. Pilih makanan berlemak sehat, seperti ikan omega-3 dan hindari lemak jenuh atau lemak trans.

4. Jangan makan berlebihan

Makan berlebihan, terutama mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan dengan porsi yang sewajarnya saja. Dengan makan secara perlahan, kamu akan merasa kenyang lebih cepat sehingga bisa mencegah keinginan makan secara berlebihan. 

5. Olahraga ringan

Tips yang satu ini mungkin masih jarang sekali orang lakukan. Padahal olahraga ringan setelah berbuka bisa memberikan manfaat kesehatan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan saja seperti berjalan-jalan. Nah, pergi ke masjid untuk shalat Tarawih bisa menjadi momen yang pas untuk kamu berolahraga ringan. 

Itulah sejumlah tips berbuka puasa yang patut kamu coba supaya perut tidak kaget. Selain melakukan tips di atas, kamu mungkin juga perlu mengonsumsi suplemen dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Segera dapatkan suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Xchange. Diakses pada 2022. Healthy Ramadan Fasting.
Nutrition UK. Diakses pada 2022. A healthy Ramadan.
Detik. Diakses pada 2022. Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan