• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Chia Seeds, Super Food yang Baik untuk Kesehatan

Chia Seeds, Super Food yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Chia Seeds, Super Food yang Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Penggemar makanan organik pasti sudah tidak asing lagi dengan chia seeds. Kabarnya, biji-bijian ini memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, terlebih untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui apa sebenarnya chia seeds.

Chia seeds berasal dari tanaman jenis Salvia hispanica L. yang banyak dijumpai di Amerika Selatan dan Meksiko. Namun, kini tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkannya, karena biji-bijian kecil ini sudah tersedia di Indonesia, bahkan langsung menjadi makanan yang diminati penggemar makanan organik.

Bijian chia seeds memiliki rasa yang cenderung hambar. Sebelum dikonsumsi, kamu perlu merendam bijian ini dalam air selama beberapa menit. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya campuran pada makanan maupun minuman, seperti jus, yoghurt, smoothies, salad, oat, hingga bubur. 

Baca juga: Benarkah Makan Nasi Uduk Termasuk Sarapan Sehat?

Manfaat Chia Seeds

Siapa sangka, chia seeds ternyata memiliki kandungan nutrisi yang amat lengkap. Bijian ini mengandung karbohidrat, serat, air, protein, asam lemak omega-3 dan 6, hingga berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin A, mangan, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, tembaga, dan magnesium. 

Makanan ini juga mengandung sejumlah antioksidan yang terbilang kuat, seperti asam caffeic, kaempferol, quercetin, dan asam klorogenik. Kandungan antioksidan ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, chia seeds juga dipercaya memiliki segudang manfaat lainnya, seperti:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang terbilang tinggi pada chia seeds dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Tidak heran, karena makanan yang mengandung serat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, kandungan proteinnya juga disinyalir membantu mengurangi keinginan kamu untuk makan. 

Baca juga: Kenali Ragam Menu Sarapan Sehat untuk Diet

Meski begitu, konsumsi chia seeds tak lantas langsung membuat kamu mengalami penurunan berat badan. Kamu harus memiliki pola makan dan mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Mungkin, kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada ahli gizi seputar diet dengan mengonsumsi makanan ini. Gunakan saja aplikasi Halodoc setiap kali kamu ingin tanya jawab dengan dokter atau membuat janji berobat ke rumah sakit terdekat.

  • Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Selain itu, chia seeds juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Ini karena peran dari kandungan serat, antioksidan, lemak baik, dan protein yang terbilang tinggi. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Open Heart, membuktikan bahwa mengonsumsi chia seeds membantu melindungi organ jantung dari ancaman pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung

  • Baik Dikonsumsi Pengidap Penyakit Diabetes

Kandungan gizi yang terdapat dalam chia seeds juga dipercaya mampu menjaga kestabilan gula darah. Ini artinya, bijian ini sangat baik dikonsumsi bagi pengidap penyakit diabetes tipe 2. Namun, tetap saja konsumsinya harus dibarengi dengan makanan sehat lainnya yang memang aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes.

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan-2

  • Baik Dikonsumsi Pengidap Divertikulosis

Serat yang tinggi dalam biji chia seeds tidak hanya baik untuk pencernaan karena membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga mampu mengatasi gangguan divertikulosis. Konsumsinya disinyalir membantu melancarkan kerja usus dalam proses pencernaan makanan dan mengatasi gejala sembelit. 

Tidak hanya itu, chia seeds pun dikatakan baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan asam lemak omega-3-nya yang terbilang tinggi pun dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya stroke.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. Chia Seeds 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
O’Keefe, et al. 2016. Diakses pada 2020. Nutritional Strategies for Skeletal and Cardiovascular Health: Hard Bones, Soft Arteries, Rather Than Vice Versa. Open Heart 3(1).