Cocok untuk Diet, Ini Kalori Pisang Rebus yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2021
Cocok untuk Diet, Ini Kalori Pisang Rebus yang Perlu DiketahuiCocok untuk Diet, Ini Kalori Pisang Rebus yang Perlu Diketahui

“Pisang rebus merupakan salah satu makanan yang cocok untuk menu diet. Acuan terbaik nutrisi dan kalori pisang rebus berdasarkan pada pilihan pisang yang segar dan ukurannya. Pisang rebus ukuran sedang  mengandung rata-rata 105 kalori”

Halodoc, Jakarta – Pisang telah lama menjadi salah satu sumber makanan, bahkan sejak keberadaan manusia purba. Hal ini berkat kandungan kalori pisang. Seiring berkembangnya tren, cara memakan pisang pun kini makin beragam. Salah satunya pisang rebus. 

Nyatanya, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari pisang rebus. Lagi-lagi karena kalori pisang rebus dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk makanan sehari-hari hingga cocok untuk diet. Lantas, apa benar pisang rebus cocok untuk diet? Memang berapa sih kandungan kalori pisang rebus? Simak ulasannya!

Baca juga: 3 Manfaat Konsumsi Pisang saat Masa Kehamilan

Kandungan Kalori di Dalam Pisang Rebus 

Sebenarnya belum diketahui secara pasti bagaimana proses perebusan pisang terhadap kandungan nutrisinya. Acuan terbaik untuk nutrisi pisang rebus didasarkan pada kandungan nutrisi pisang segar. Pisang rebus maupun yang diolah dengan berbagai cara, terbukti jadi sumber yang baik untuk:

  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Kalsium.
  • Zat besi.

Satu pisang rebus atau segar sedang mengandung:

  • 105 kalori.
  • Nol gram lemak dan kolesterol.
  • 1 gram protein.
  • 422 miligram kalium.

Sementara itu, besaran kalori pisang rebus juga tergantung pada ukuran pisang. Pisang ukuran sedang mengandung rata-rata 105 kalori. Namun, ukuran pisang yang berbeda bisa mengandung jumlah kalori yang bervariasi. Berikut ini kandungan kalori ukuran pisang standar:

  • Pisang sangat kecil (81 gram): 72 kalori.
  • Pisang Kecil (101 gram): 90 kalori.
  • Sedang (118 gram): 105 kalori.
  • Besar (136 gram): 121 kalori.
  • Ekstra besar (152 gram): 135 kalori.
  • Pisang iris (150 gram): 134 kalori.
  • Pisang tumbuk (225 gram): 200 kalori.

Jika kamu tidak yakin berapa ukuran pisang yang akan direbus, kamu dapat memperkirakan bahwa rata-rata pisang mengandung sekitar 100 kalori. Sekitar 93 persen kalori pisang berasal dari karbohidrat, 4 persen dari protein, dan 3 persen dari lemak. 

Studi awal tentang pisang rebus menunjukkan bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi nilai gizi sampai batas tertentu. Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa merebus pisang dapat meningkatkan pelepasan vitamin A pada pisang. Hanya saja masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya bagaimana proses perebusan mempengaruhi nutrisi lain dalam pisang. 

Baca juga: Alasan Buah Pisang Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Potensi Manfaat Kesehatan Pisang Rebus

Berikut beberapa manfaat pisang rebus untuk kesehatan:

  1. Baik untuk Pencernaan

Pisang hijau, khususnya, terbukti bisa membantu mengatasi diare. Pisang mengandung  serat, prebiotik, dan probiotik, yang baik untuk sistem pencernaan. Bagi seseorang dengan kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar,  penting mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Tingginya kadar potasium dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. 

  1. Menjaga Kadar Kolesterol tetap Sehat

Salah satu manfaat utama dari makan pisang rebus termasuk mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Namun, manfaat kesehatan tambahan dari pisang juga terbatas pada jenis pisang tertentu. Sehingga masih perlu dieksplorasi. 

Baca juga: Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Perlu dipahami, meski pisang dianggap sebagai makanan sehat, mengonsumsinya terlalu banyak bisa berdampak buruk pada kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi serat dapat menyebabkan kram perut dan kembung. Terutama bagi orang-orang dengan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar. 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan akibat mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Cek kebutuhan medis juga bisa didapatkan di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Live Science. Diakses pada 2021. Banana nutrition facts & health benefits
Healthline. Diakses pada 2021. How Many Calories and Carbs Are in a Banana?
WebMD. Diakses pada 2021. Boiled Bananas: What Are There Health Benefits?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan