• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cuka Apel Bisa Jadi Obat Kumur Alami saat Puasa

Cuka Apel Bisa Jadi Obat Kumur Alami saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Perubahan pola makan tentunya akan kamu alami saat menjalani ibadah puasa. Perut kosong yang terjadi selama hampir 14 jam mampu meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti bibir kering, sariawan, hingga masalah bau mulut atau disebut juga halitosis.

Baca juga: Cuka Apel Bisa Dikonsumsi untuk Diet, Benarkah?

Bau mulut disebabkan bakteri yang bertumbuh dan berkembang biak dalam mulut sehingga menyebabkan mulut memiliki aroma yang kurang sedang. Jangan khawatir, bau mulut dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Nah, ketahui bahan alami untuk menghilangkan bau mulut yang kamu alami.

Benarkah Cuka Apel Mampu Atasi Bau Mulut?

Bau mulut yang dialami selama menjalankan ibadah puasa tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Faktanya, bau mulut menjadi masalah yang sangat umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Melansir Mayo Clinic, bau mulut umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mulut yang kering, adanya infeksi pada mulut, mengonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu, kebiasaan merokok, dan adanya penyakit, seperti sinusitis atau GERD.

Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk terhindar dari bau mulut, seperti rutin membersihkan gigi, menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi air putih yang cukup meskipun tengah menjalankan ibadah puasa, konsumsi buah dan sayuran saat sahur serta berbuka, dan lakukan kebiasaan berkumur setelah sikat gigi. 

Sebaiknya pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak semakin menjadi kering dan meningkatkan risiko perkembangan bakteri. Kamu juga bisa gunakan obat kumur yang terbuat dari bahan alami seperti cuka apel. Cuka apel menjadi bahan alami yang dapat digunakan sebagai alat kumur untuk membantu mengatasi masalah bau mulut selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Melansir dari Healthline, cuka apel mengandung bahan alami yang dikenal sebagai asam asetat. Kandungan ini membuat kuman tidak dapat tinggal dalam waktu yang cukup lama dalam mulut. Berkumur menggunakan cuka apel mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Namun, perhatikan penggunaan dari cuka apel agar tidak menimbulkan efek pada kesehatan mulut.

Sebaiknya gunakan 2 sendok teh cuka apel yang dicampur dengan 1 gelas air putih matang. Kemudian kamu boleh gunakan untuk berkumur minimal selama 30 menit agar bakteri tidak muncul lagi dan menghilangkan bau mulut yang dialami.

Atasi Bau Mulut saat Puasa

Selain berkumur dengan menggunakan cuka apel, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari bau mulut saat menjalani ibadah puasa. Jangan lupa sikat gigi setelah menjalankan sahur dan waktu berbuka. Menyikat gigi akan menghilangkan sisa makanan pada sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

Tidak hanya gigi, sebaiknya bersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah agar bakteri dan sisa makanan juga dapat menghilang dari permukaan lidah. Permukaan lidah yang jarang dibersihkan dapat menjadi lokasi pertumbuhan bakteri. Apalagi saat menjalankan puasa, kamu lebih rentan mengalami mulut kering yang menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat dalam mulut.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama puasa. Dehidrasi meningkatkan risiko bau mulut. Penuhi kebutuhan cairan saat berbuka, sahur, dan waktu setelah berbuka. Hindari makanan yang memiliki aroma tajam saat menjalankan sahur atau berbuka. Kondisi ini meningkatkan risiko bau mulut. Perbanyak konsumsi sayur dan buah agar vitamin dan nutrisi terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Amankah Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel?

Jangan ragu lakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut selama menjalankan ibadah puasa, agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Kamu bisa menghubungi dokter gigi kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bad Breath
Healthline. Diakses pada 2020. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath