• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel?

Amankah Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Jerawat adalah hal yang umum timbul ketika seseorang dalam masa puber. Hal ini terjadi ketika timbul benjolan pada wajah, dan bisa mengganggu penampilan. Banyak orang yang melakukan segala cara agar jerawat dapat hilang dengan cepat. Namun, tidak sedikit dari pengobatan tersebut menimbulkan bekas jerawat setelahnya.

Dikarenakan hal tersebut, banyak orang mencari cara agar mempunyai wajah yang mulus tanpa adanya bekas jerawat. Disebutkan salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan cuka apel. Namun, amankah menerapkan metode tersebut agar mendapatkan wajah yang mulus? Ketahui fakta-fakta yang berhubungan dengan hal tersebut!

Baca juga: Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel

Jerawat adalah masalah yang memang terbilang umum terjadi pada remaja hingga dewasa muda. Gangguan ini terjadi disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri. Hal ini juga kebanyakan terjadi karena hormon yang berfluktuasi, walaupun jerawat dapat hilang setelah beberapa tahun.

Namun, pada kasus lainnya, jerawat dapat masuk ke dalam kulit dan merusak jaringan di bawahnya, sehingga meninggalkan bekas luka yang dapat merubah warna. Bekas luka tersebut terlihat jelas pada permukaan kulit, sehingga dapat memengaruhi tampilan wajah seseorang. Banyak orang percaya apabila cuka apel dapat efektif menghilangkan luka akibat jerawat tersebut.

Disebutkan jika cuka apel dapat menjadi cara untuk menghilangkan bekas jerawat karena kandungan asam yang tinggi. Hasil fermentasi apel tersebut dengan mudah didapatkan di sekitar kamu. Maka dari itu, selain mudah untuk didapatkan juga ampuh untuk mengatasi gangguan pada wajah tersebut. Sehingga, wajah yang mulus dan cantik dapat dicapai.

Cuka apel dapat membebaskan pori-pori kulit dari bakteri, disebabkan efek antiseptik dari kandungannya. Selain itu, cairan tersebut mampu berperan sebagai detoxifier alami yang mampu mendukung penyembuhan bekas jerawat. Dengan penggunaan yang teratur, Ph normal dari kulit akan dikembalikan serta efek anti-inflamasi akan menyembuhkannya.

Cuka apel juga dapat berguna sebagai scrub alami dan mampu membantu tubuh untuk menghilangkan sel kulit mati. Caranya adalah dengan meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat dan mengurangi perkembangan bekas luka. Dengan begitu, cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang selama ini masih berada di wajah.

Baca juga: Bekas Jerawat? Hilangkan dengan Bahan Alami Ini

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif, dokter dari Halodoc siap membantu kamu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Lalu, bagaimana dengan keamanan menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat? Disebutkan bahwa seseorang yang menerapkan metode ini tidak akan mengalami gangguan apapun atau aman dilakukan. Walau begitu, cobalah untuk menghindari terlalu lama mendiamkannya karena dapat mengiritasi kulit dan jangan lakukan jika kamu memiliki kulit sensitif.

Sekarang yang harus diketahui adalah cara membuat resep cuka apel agar dapat diaplikasikan pada bekas jerawat. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk hal tersebut:

  • Awali dengan membersihkan wajah dengan cuci muka yang ringan dan keringkan.

  • Campurkan satu sendok cuka apel dengan sejumlah air.

  • Oleskan campuran tersebut ke bekas luka dengan lembut menggunakan kapas.

  • Diamkan cairan tersebut selama 5 hingga 20 detik dan jangan lebih lama dari itu karena dapat mengiritasi kulit.

  • Setelah itu bilas dengan air dan keringkan.

Baca juga: Ini 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Kamu dapat mengulangi proses tersebut satu hingga dua kali per hari dan terus menggunakannya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Beberapa orang mungkin akan mendapatkan hasil setelah melakukannya dalam waktu lebih dari satu bulan. Kulit kamu mungkin saja terasa kering setelahnya, maka oleskan pelembap kulit setelahnya untuk mencegah hal tersebut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can I Treat Acne Scars with Apple Cider Vinegar?
Buzz This Viral. Diakses pada 2020. Apple Cider Vinegar For Acne Scar – A Real All-rounder Can Help With Scars.