17 September 2018

Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Manfaat cuka apel, Cuka apel, cuka apel untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta - Cuka apel adalah cuka yang terbuat dari bahan dasar apel, gula, dan ragi. Biasanya cuka jenis ini digunakan sebagai dressing salad, bumbu, pengawet makanan, dan lain-lain. Cara membuatnya adalah dengan melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah itu, dimasukkanlah bakteri dan ragi ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol.

Cuka yang diperoleh fermentasi juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan sebagainya. Hal ini membuat cuka apel mempunyai manfaat sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Ternyata, cuka apel mempunyai banyak manfaat selain dua hal tersebut. Manfaat cuka apel lainnya yaitu:

  1. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal oleh semua orang yaitu mengatur kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah harus selalu diperhatikan. Hal itu karena cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel berfungsi memperlambat proses pelepasan gula dari makanan masuk ke dalam darah. Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat dari cuka apel lainnya yaitu dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Pada sebuah penelitian, pada efek panjang, mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Walau begitu, menurunkan berat badan haruslah tetap dengan menjaga pola makan dan juga berolahraga. Tidak bisa hanya menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari cuka apel adalah menurunkan kadar lemak (lipid). Dengan menurunkan kadar lipid, berarti juga salah satu langkah mencegah penyakit jantung yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa cuka apel mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida pada objek tikus. Hal tersebut juga terjadi pada manusia karena cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang terbukti dapat menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Proses tersebut sangat penting karena dapat menghindari penyakit jantung.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat cuka apel lainnya yaitu dapat menstabilkan tekanan darah yang dapat melancarkan peredaran darah. Khasiat tersebut tidak hanya didapatkan dari buah apel, tetapi terdapat juga dalam cuka apel walaupun telah mendapat fermentasi.

  1. Meredakan Penyakit Rematik

Manfaat cuka apel yang lain yaitu meredakan penyakit rematik. Masalah persendian biasanya terjadi karena endapan zat asam di sekitar sendi, sehingga menggangu kekuatan tulang. Kandungan magnesium pada cuka apel mempunyai fungsi sebagai perekat yang dapat melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga dapat melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

  1. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengatasi sakit tenggorokan adalah salah satu manfaat cuka apel. Cuka apel dapat membantu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Hal tersebut karena sebagian besar kuman tidak dapat hidup di lingkungan yang asam seperti pada kandungan cuka apel.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur seperempat cangkir cuka apel lalu dicampurkan dengan seperempat cangkir air hangat. Kemudian, campuran tersebut digunakan untuk kumur-kumur setiap beberapa jam.

  1. Mengatasi Diare

Cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Cuka apel dapat menghasilkan senyawa pektin yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Hal tersebut sangat baik untuk pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna juga mencegah peradangan pada organ pencernaan.

Sebuah penelitian juga menemukan cuka apel adalah antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri E.coli dan juga Salmonella. Bakteri-bakteri yang menjadi penyebab utama diare dan keracunan makanan. Juga dikatakan bahwa cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga memberikan waktu untuk feses mengeras sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Berikut adalah 7 manfaat cuka apel untuk kesehatan. Jika kamu ingin berdiskusi perihal kesehatan, Halodoc menyediakan layanan Chat atau Voice/Video Call dengan dokter. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc dari Apps Store dan Google Play.

Baca Juga: