Depresi Menghadapi Hari Senin? Waspada Monday Blues Syndrome

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Januari 2023

“Monday Blues Syndrome adalah kondisi yang terjadi saat seseorang merasa takut untuk menjalani hari Senin. Tentu saja jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah produktivitas.”

Depresi Menghadapi Hari Senin? Waspada Monday Blues SyndromeDepresi Menghadapi Hari Senin? Waspada Monday Blues Syndrome

Halodoc, Jakarta – Setelah libur di akhir pekan, hari Senin kerap membuat beberapa orang menjadi momok tersendiri. Bahkan, ada juga yang mengalami tidak termotivasi sama sekali untuk kembali ke rutinitas harian saat tidak libur.

Jika kondisi ini terjadi setiap hari Senin, bisa jadi kamu mengalami Monday Blues Syndrome. Sebaiknya tahu lebih jauh tentang hal ini dan segera periksakan diri agar kembali produktif.

Apa Itu Monday Blues Syndrome?

Seseorang yang mengalami kondisi ini dapat memiliki perasaan negatif pada hari Minggu atau di hari Seninnya. Hal ini bisa disebabkan akibat harus kembali ke rutinitas, seperti sekolah atau bekerja. Sebab, kegiatan tersebut bisa menyebabkan stres.

Meskipun kondisi ini tidak termasuk penyakit klinis, perasaan takut yang dirasakan bisa menjadi sesuatu yang nyata. Monday Blues Syndrome dapat menandakan perasaan tidak bahagia akibat harus kembali ke rutinitas.

Perasaan takut pada hari Senin dapat berkurang sejalan dengan berjalannya minggu, dan sangat positif menjelang akhir pekan. Jika ingin kembali produktif, memang sebaiknya mendapatkan penanganan dari ahlinya.

Gejala dari Monday Blues Syndrome

Gejala utama dari kondisi takut melewati hari Senin adalah suasana hati yang buruk pada pagi harinya. Perasaan tertekan harus kembali ke rutinitas setelah akhir pekan sangat terasa.

Terkadang, seseorang bisa mengalami gejala stres saat akhir pekan akan berakhir, seperti:

  • Otot yang tegang.
  • Sakit kepala.
  • Kesulitan untuk bernapas.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Peningkatan tekanan darah.

Cara Mengatasi Rasa Takut pada Hari Senin

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Monday Blues Syndrome agar mampu meningkatkan suasana hari melewati hari Senin. Manajemen stres dapat membantu dalam menurunkan persepsi buruk pada hari di awal minggu tersebut.

Beberapa teknik yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Teknik relaksasi otot

Kamu mungkin membutuhkan teknik relaksasi agar kontraksi dan ketegangan pada tubuh berkurang. Dengan begitu, masalah otot yang biasa terjadi sebagai gejala dari Monday Blues Syndrome bisa dihindari, serta tubuh lebih siap menjalani awal pekan.

2. Latihan pernapasan

Cara ini dilakukan dengan melibatkan fokus pada pernapasan. Kamu perlu menghirup dan menghembuskan napas dengan fokus pada diafragma. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks.

3. Berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga dapat membantu dalam meningkatkan suasana hati dan emosi. Aktivitas fisik juga mampu mengurangi suasana hati yang buruk dan bisa bertahan dalam 24 jam. Dengan begitu, tubuh lebih siap untuk menjalani awal pekan.

4. Tidur yang cukup

Kamu juga perlu tidur yang cukup agar suasana hati lebih baik. Saat kekurangan tidur, penurunan kualitas tidur dapat menyebabkan masalah suasana hati. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Konsultasi ke dokter

Jika kamu merasakan masalah ini setiap hari Senin, sebaiknya segera mendapatkan pemeriksaan ke ahlinya. Dengan cara ini, kamu tahu langkah yang perlu dilakukan agar hari Senin tidak menjadi momok yang menakutkan lagi.

Jika kamu merasa membutuhkan pemeriksaan kesehatan dari psikolog atau psikiater, fitur pemeriksaan kesehatan mental dan tanya psikolog dari aplikasi Halodoc bisa kamu gunakan.

Cukup download aplikasi Halodoc, kemudahan pemesanan ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo segera download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about the Monday blues.
Psych Central. Diakses pada 2023. Monday Blues: Is It a Real Thing?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan