Golongan Darah yang Rentan Terkena Penyakit Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Desember 2021

“Golongan darah tidak hanya membedakan komponen darah dari satu orang dengan yang lainnya. Katanya, penggolongan ini juga berkaitan dengan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung. Risiko penyakit dari masing-masing kelompok darah mungkin akan berbeda..“

Golongan Darah yang Rentan Terkena Penyakit JantungGolongan Darah yang Rentan Terkena Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta – Golongan darah yang umum dikenal ada 4, yaitu O, A, B, dan AB. Setiap orang dengan golongan darah berbeda berarti memiliki komponen darah yang berbeda pula. Hal ini sering digunakan untuk menilai kecocokan saat akan menerima atau mendonorkan darah. Selain itu, golongan darah juga dikaitkan dengan risiko kesehatan. 

Ada orang dengan golongan tertentu yang disebut lebih rentan terserang penyakit tertentu. Sebagai contoh, orang dengan golongan darah A disebut lebih rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular. Ada penelitian yang menyebut bahwa orang dengan darah A memiliki risiko lima kali lebih besar mengalami penyakit jantung, dibandingkan dengan orang berdarah O. Benarkah Demikian? 

Fakta Golongan Darah A dan Risiko Penyakit 

Orang dengan golongan darah A disebut rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah. Tidak hanya itu, kelompok ini juga disebut berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar “kolesterol jahat”. Jika hal ini dibiarkan berlanjut, risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol tinggi akan menjadi semakin nyata. 

Selain itu, orang dengan golongan darah A juga disebut lebih rentan mengalami kanker perut dibandingkan dengan golongan lain. Risiko penyakit lain yang juga harus diwaspadai adalah kanker pankreas, diabetes tipe 2, serta stres. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari risiko penyakit. 

Biar selalu sehat, terapkan pola hidup yang tepat dan selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga serta konsumsi suplemen kesehatan setiap hari. Cek kebutuhan suplemen harian di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Penyakit jantung sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja dan terjadi kapan saja. Namun, golongan darah seseorang ternyata cukup berpengaruh dengan risiko penyakit ini. Selain A, orang dengan kelompok darah B dan AB juga disebut lebih berisiko mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang dengan darah O. Dengan kata lain, golongan darah O cenderung memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Meski begitu, orang dengan darah O bukan berarti bisa hidup sembarangan. Faktanya, risiko penyakit tetap ada dan bisa menyerang kapan saja. Meski memiliki risiko penyakit jantung yang paling rendah, tetapi pemilik kelompok darah ini harus mewaspadai penyakit yang berhubungan dengan lambung. Salah satu penyakit yang cukup sering menyerang adalah tukak lambung. 

Selain itu, wanita yang masuk dalam kelompok darah O juga disebut memiliki jumlah sel telur sehat yang lebih rendah. Namun sekali lagi, golongan darah bukanlah satu-satunya faktor yang menjadi penentu risiko penyakit seseorang. Memang berpengaruh, tetapi gaya hidup yang dijalani dan faktor-faktor lainnya juga memiliki peran penting. 

Bagaimana Dengan Kelompok Lainnya? 

Selain A dan O, kelompok darah lainnya juga memiliki risiko penyakit masing-masing. Secara epidemiologis, orang dengan golongan darah B disebut berisiko tinggi mengalami kanker pankreas dan diabetes tipe 2. Risiko penyakit ini menjadi lebih besar pada orang yang memiliki darah B rhesus positif. Kelompok orang ini juga berisiko mengalami penggumpalan darah di pembuluh vena dalam.

Sementara untuk kelompok darah AB, risiko penyakit yang menyerang biasanya berkaitan dengan gangguan kognitif. Bahkan, risiko penyakit ini disebut lebih tinggi hingga 82 persen dibandingkan orang dengan kelompok darah O, B, dan A. Risiko stroke dan kanker pankreas juga harus diwaspadai. 

Referensi: 
Berkeley Wellness University of California. Diakses pada 2021. Blood Type and Health.
Prevention. Diakses pada 2021. 5 Things Your Blood Type Says About Your Health.
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2021. Blood Type Linked to Heart Disease Risk.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan