Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Memelihara Ikan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   20 Juli 2021
Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Memelihara IkanHal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Memelihara Ikan

“Apakah kamu berpikir untuk mulai memelihara ikan sebagai hewan peliharaan? Hewan air ini mungkin tidak akan menempel padamu di sofa atau menemani kamu berjalan-jalan. Namun, kamu perlu tahu bahwa ikan adalah makhluk yang benar-benar menarik.”

Halodoc, Jakarta – Ikan menjadi jenis hewan yang lebih interaktif daripada yang mungkin pernah kamu pikirkan. Hewan air ini sangat menghibur untuk ditonton saat mereka mencari jalan di sekitar akuarium, meliuk-liuk masuk dan keluar dari batu dan tanaman. 

Tidak hanya itu, ikan juga akan bergegas menyambut kamu pada waktu makan, muncul ke permukaan untuk suguhan lezat yang kamu berikan. Jika kamu mencari hewan peliharaan untuk memenuhi permintaan sang buah hari, maka ikan adalah solusi yang tepat.  

Bukan tanpa alasan, ikan tidak hanya mudah dipelihara, tetapi juga mengajarkan anak-anak tentang bertanggung jawab atas kehidupan hewan. Ini akan melatih mereka mengingat untuk memberi makan hingga membersihkan akuarium, anak akan belajar pentingnya merawat sesuatu agar tetap hidup.  

Baca juga: Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan untuk memudahkan anak belajar menerima kematian dan kehilangan ketika mereka menemukan seekor ikan mengambang di permukaan air.

Hal Penting Sebelum Memelihara Ikan Hias

Jadi, apa yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memelihara ikan? Berikut beberapa di antaranya:

  • Semakin besar ukuran akuarium, semakin baik. Sebagian besar ikan mungkin berukuran kecil, tetapi mereka masih membutuhkan banyak ruang untuk berenang, terutama jika kamu memutuskan untuk memelihara lebih dari satu ikan.
  • Pikirkan tentang letak akuarium. Sebaiknya, jauhkan dari sinar matahari langsung, jendela dan pemanas. Pasalnya, hal-hal tersebut akan membuat air di dalam akuarium menjadi panas secara alami dan itu tidak baik untuk ikan.
  • Berikan filter yang layak untuk menjaga air di dalam akuarium bersih lebih lama, membantu menghilangkan kotoran, polutan, dan limbah.
  • Tambahkan pompa udara untuk menjaga air di dalam tangki teroksigenasi dan membuat air tetap bergerak. Pompa udara tersedia dalam berbagai ukuran, tergantung pada volume akuarium.
  • Tergantung pada jenis ikan, panas dan cahaya bisa menjadi hal yang sangat penting. Jika ikan peliharaan termasuk jenis ikan tropis, akan ada suhu tertentu yang kamu perlukan untuk memastikan air tetap terjaga. Ikan mas dan ikan air dingin adalah pengecualian dan tidak memerlukan panas. Sementara itu, pencahayaan akan membantu kehidupan tanaman yang kamu letakkan di dalam akuarium dan memamerkan keindahan warna ikan.
  • Tambahkan beberapa kerikil ke dalam akuarium. Beberapa bakteri bermanfaat bagi ikan dan kerikil memberikannya tempat tinggal. Ini juga akan membantu memecah limbah apa pun yang dihasilkan ikan serta menambahkan tampilan yang menarik.
  • Letakkan beberapa tanaman hijau. Tanaman hidup akan memberi ikan tempat untuk bersembunyi dan bermain, membantu mereka merasa aman. Tanaman asli akan membantu menjaga nutrisi di dalam akuarium, tetapi tanaman buatan akan bekerja dengan baik untuk memberi ikan tempat persembunyian.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Memelihara Ikan Baik untuk Kesehatan Mental

Ikan adalah pilihan hewan peliharaan yang menarik karena berbagai alasan. Hewan satu ini lebih menghemat ruang karena memiliki area ruangan yang tetap. Selain itu, ikan lebih murah untuk dirawat daripada hewan peliharaan lainnya, tanpa biaya pakan yang besar. 

Tak ketinggalan, ikan adalah spesies yang pendiam dan dikenal sebagai penghilang stres. Studi menunjukkan bahwa bersantai menonton ikan berenang tanpa suara akan membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Pemula

Namun, jika ikan peliharaan menunjukkan gejala yang tidak biasa, kamu perlu bantuan dokter hewan untuk mengetahui apa yang sedang dialaminya. Oleh karena itu, pastikan kamu telah download aplikasi Halodoc di ponselmu karena kamu bisa lebih mudah tanya jawab dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. 

Referensi:

The Pet Express. Diakses pada 2021. The Beginners Guide to Keeping Fish.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan