Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Pemula

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Juli 2021
Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk PemulaJenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Pemula

“Ikan hias air tawar adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak orang pilih. Hewan ini dapat menenangkan pikiran saat melihatnya berenang. Namun, tidak semua jenis ikan dapat dipelihara oleh para pemula. Penting untuk memperhatikan banyak faktor saat memilih ikan hias ini.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melepaskan stres di kala pandemi seperti ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memelihara hewan peliharaan. Ada banyak jenis hewan yang dapat kamu pelihara, termasuk juga ikan hias. Dengan melihat ikan hias air tawar, tentu kamu dapat merasa lebih baik.

Jika kamu terbilang baru dalam memelihara ikan, alangkah lebih baiknya jika tahu beberapa jenis yang cocok untuk pemula. Dengan begitu, kamu tidak merasa terbebani karena rumitnya merawat peliharaan padahal tujuan utamanya agar dapat “refreshing“. Nah, untuk mengetahui beberapa jenis ikan hias air tawar untuk pemula, baca ulasan lengkapnya di sini!

Baca juga: Tips agar Manfaat Makan Ikan Lebih Maksimal

Beberapa Ikan Hias Air Tawar yang Mudah untuk Dipelihara

Saat baru dalam memelihara ikan, kamu mungkin belum sepenuhnya paham tentang cara membentuk ekosistem para hewan peliharaan ini. Hal ini karena ikan masih rentan mati karena belum terbentuknya bakteri alami yang baik untuk kelangsungan hidupnya. Selain itu, kualitas air dapat berubah dengan cepat dan bahan kimia akibat kotoran ikan serta makanan berlebih juga berdampak buruk.

Namun sebagai pemula, kamu kemungkinan besar tidak tahu cara mengatasi segala masalah ini dengan cepat. Maka dari itu, setiap pemula disarankan untuk memiliki ikan yang sangat kuat dan dapat bertahan dalam kondisi air yang buruk untuk waktu singkat agar dapat bertahan hidup. Memang, pemula wajar melakukan kesalahan sehingga jenis ikan hias air tawar yang dipilih tidak bisa sembarangan.

Semua ikan yang akan disebutkan telah dipilih dengan berbagai alasan, seperti tahan banting, harga yang murah, segi ukuran, dan kebiasaan makannya. Nah, berikut beberapa ikan hias air tawar yang dapat kamu pilih:

1. Ikan Guppy

Salah satu ikan hias air tawar yang direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula adalah ikan guppy. Ikan ini secara alami berasal dari Amerika Selatan, tetapi sudah dibiakkan di banyak tempat. Guppy memiliki ketahanan tubuh yang kuat, warna yang indah, disertai harganya yang murah. Ikan ini juga sangat lincah dan mudah dirawat sehingga sangat cocok dipelihara oleh pemula.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait segala hal yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Ini 4 Manfaat Memelihara Ikan bagi Kesehatan

2. Ikan Mas

Ikan hias air tawar yang cocok untuk pemula adalah ikan mas. Namun, pada seseorang yang sudah lama mendalami hobi ini, ikan jenis ini tidak pernah dipilih karena dapat menjadi sangat besar. Dari sisi pemula, ikan ini dipilih karena tangguh dan mudah untuk dirawat. Bahkan, kamu dapat meletakkannya di kolam luar rumah hingga berukuran dewasa.

Ikan mas juga dapat menyesuaikan diri dengan parameter air seperti pH dan air yang sadah, tetapi tetap membutuhkan banyak perubahan air untuk menjaga akuarium tetap bersih. Disarankan untuk meletakkannya pada akuarium dengan spesies yang sama karena ikan ini kerap mencoba untuk memakan hewan apa pun yang seukuran mulutnya.

3. Ikan Cupang

Ikan cupang juga termasuk ikan hias air tawar yang sangat banyak dipilih oleh para pemula. Selain ketahanan yang tinggi, ikan ini mempunyai warna yang cerah, ukuran yang kecil, dan cara perawatannya sederhana. Biasanya ikan ini diletakkan menyendiri, meski tetap dapat disatukan dengan jenis ikan lainnya, termasuk tetra dan corydoras.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara

Pastikan juga untuk menghindari ikan apa pun yang dapat menggigit siripnya. Ikan ini juga memakan daging, sehingga menyukai pelet cupang, cacing darah beku, dan makanan terapung kecil lainnya. Kamu bisa menghiasi akuariumnya dengan tumbuhan cantik agar terlihat lebih menawan dan dapat menghilangkan stres.

Nah, itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat kamu pilih untuk dipelihara di rumah. Dengan memelihara ikan ini, diharapkan perasaan stres karena bekerja di rumah dapat menurun. Rutinitas baru ini juga dapat membuat kamu dapat sedikit teralihkan dengan kebiasaan harian yang itu-itu saja.

Referensi:
Aquarium Co op. Diakses pada 2021. 10 Best Aquarium Fish for Beginners.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan