Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Keracunan Alkohol

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Kadar alkohol dalam tubuh akan meningkat ketika seseorang mengalami keracunan alkohol. Kondisi ini bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti respon yang melambat hingga detak jantung yang menjadi lebih cepat.”

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Keracunan AlkoholHal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Keracunan Alkohol

Halodoc, Jakarta – Waspada jika kamu mengalami perasaan pusing atau penurunan kesadaran setelah mengonsumsi alkohol. Bisa jadi kamu mengalami keracunan alkohol. Kondisi ini dapat terjadi ketika kamu mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang cukup banyak dan sangat cepat.

Sebaiknya pahami berbagai hal yang terjadi ketika kamu mengalami keracunan alkohol. Pastikan kamu mengetahui penyebab dan gejalanya agar kondisi ini dapat dicegah dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami komplikasi yang terjadi akibat keracunan alkohol.

Hal yang Terjadi saat Tubuh Keracunan Alkohol

Beberapa orang menikmati minuman beralkohol saat momen perayaan atau bersantai. Namun, jumlah pengonsumsiannya perlu dibatasi dan tidak berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan atau gejala yang dapat menyebabkan dampak buruk pada tubuh.

Lalu, mengapa ini terjadi? Saat kamu mengonsumsi minuman beralkohol, tubuh menyerap kandungan alkohol dengan sangat cepat. Jika kamu mengonsumsi alkohol dalam rentang waktu yang cepat dan jumlah yang banyak, hal ini membuat kadar alkohol dalam darah akan meningkat dengan cepat. Padahal, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeluarkan alkohol, daripada kandungan lainnya. 

Menurut World Health Organization (WHO) secara global ada sekitar 3 juta kematian setiap tahun yang terjadi akibat pengonsumsian alkohol. Sekitar 13,5 persen merupakan kelompok usia 20-39 tahun.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang mengalami kondisi ini, seperti:

  • Usia.
  • Jenis dan jumlah makanan yang kamu konsumsi sebelum minum alkohol.
  • Riwayat kesehatan secara menyeluruh.
  • Tingkat kandungan alkohol yang kamu konsumsi dalam minuman atau makanan tertentu.
  • Tingkat toleransi terhadap alkohol.

Jadi, sebaiknya hindarilah mengonsumsi alkohol secara berlebihan agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Ketahui Gejala Keracunan Alkohol

Jika kebiasaan ini terus menerus terjadi, maka kamu bisa mengalami beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan keracunan alkohol, seperti:

  • Perubahan warna bibir dan kuku yang menjadi kebiruan dan serupa dengan orang yang kedinginan.
  • Kebingungan, respon yang menjadi lebih lambat, dan gangguan koordinasi tubuh yang menyebabkan kesulitan untuk berjalan.
  • Hipotermia.
  • Detak jantung, detak nadi, hingga napas yang menjadi lebih cepat.
  • Gangguan dengan kontrol kandung kemih dan usus, menjadi lebih sering buang air kecil hingga muntah yang tidak dapat terkendali.
  • Kejang.
  • Bau alkohol yang sangat tajam saat berdekatan dengan pengidap keracunan alkohol.

Segera lakukan pertolongan medis jika kamu melihat kerabat atau keluarga mengalami gejala keracunan alkohol. Jika pengidapnya muntah, pastikan mereka berada dalam posisi duduk atau miring.

Dalam kondisi seperti ini, jangan meninggalkan pengidap sendirian karena berisiko menyebabkan tersedak yang memicu kesulitan bernapas. Jangan asal memberikan obat-obatan pada pengidap keracunan alkohol. Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk memastikan jenis obat yang kamu perlukan.

Cek kebutuhan medis yang kamu perlukan dengan menggunakan Halodoc. Kamu bisa mendapatkan obat resep melalui aplikasi Halodoc. Caranya download Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Keracunan alkohol dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya pada kesehatan tubuh. Pengidap keracunan alkohol dapat mengalami dehidrasi yang cukup berat karena muntah yang terjadi terus menerus.

Selain itu, kondisi kejang juga bisa menjadi dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, pengonsumsian alkohol yang sangat berlebihan bisa memicu kerusakan otak. 

Komplikasi yang cukup berbahaya dari keracunan alkohol adalah kematian. Jadi, pastikan untuk selalu waspada setiap mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Alcohol Poisoning.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Alcohol Poisoning.

NHS. Diakses pada 2023. Alcohol Poisoning.

WHO. Diakses pada 2023. Alcohol.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan