Harus Tahu, Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Februari 2022

“Daun kelor telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Salah satu manfaat daun kelor yaitu untuk menunjang kesehatan wanita. Contohnya untuk kecantikan, melindungi dan menutrisi kulit dan rambut, hingga untuk menyembuhkan luka.”

Harus Tahu, Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan WanitaHarus Tahu, Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Wanita

Halodoc, Jakarta – Moringa oleifera atau daun kelor merupakan tanaman yang dikenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak heran jika manfaat daun kelor ini sudah digunakan selama ribuan tahun. Berkat kandungan antioksidan yang banyak dan senyawa tanaman bioaktif, manfaat daun kelor juga dirasakan untuk kesehatan wanita. 

Daun kelor memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Daunnya memiliki vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada daun jeruk. Bukan itu saja, kandungan potasium pada daun kelor 15 kali lebih banyak dibandingkan pisang. Belum lagi kandungan kalsium, protein, zat besi, dan asam amino di dalamnya. 

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Wanita

Daun kelor dipercaya memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Mulai dari kesehatan wanita, kecantikan, hingga membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Nah, berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan wanita.

  1. Melindungi dan Menutrisi Kulit dan Rambut

Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Daun kelor juga mengandung protein, artinya sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Selain itu juga terdapat kandungan elemen hidrasi dan detoksifikasi, yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kulit dan rambut. 

  1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Ekstrak kelor mengandung sidat yang dapat membantu mencegah berkembangnya kanker. Selain itu juga terdapat kandungan niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker. 

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Daun kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan sifat antiinflamasinya, ekstrak kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

  1. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung. Selain itu, ekstrak kelor telah terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih

Daun kelor dapat membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, gula dan protein dalam urine. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan pada tubuh.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka

Ekstrak kelor telah terbukti dapat menutup luka serta mengurangi munculnya bekas luka. Hal ini baik untuk dimanfaatkan bagi wanita yang baru melahirkan untuk pemulihan luka pasca persalinan. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Daun kelor mengandung sifat meningkatkan penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi. Daun kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh darah retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina. 

Tuh, sangat banyak bukan manfaat daun kelor bagi kesehatan? 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memanfaatkan Daun Kelor

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memanfaatkan daun kelor, sebaiknya tetap bertanya terlebih dulu pada dokter. Daun kelor mungkin saja memiliki sifat anti-kesuburan dan karena itu tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Meskipun efek samping yang dilaporkan sedikit, ada beberapa interaksi obat yang perlu diperhatikan:

  • Levothyroxine: Digunakan untuk mengatasi masalah tiroid. Senyawa dalam daun kelor dapat membantu fungsi tiroid, tapi kamu tidak boleh menggabungkannya dengan obat tiroid lainnya.
  • Obat apa pun yang mungkin dipecah oleh hati: Ekstrak kelor dapat menurunkan seberapa cepat hal ini terjadi. Hal tersebut menyebabkan berbagai efek samping atau komplikasi.
  • Obat diabetes: Obat diabetes digunakan untuk menurunkan gula darah, yang juga efektif dilakukan oleh daun kelor. Sangat penting untuk memastikan kadar gula darah tidak terlalu rendah. 
  • Obat tekanan darah tinggi: Kelor terbukti efektif menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi daun kelor bersama obat lain yang menurunkan tekanan darah dapat menyebabkan tekanan darah jadi terlalu rendah.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan wanita yang menarik untuk diketahui. Jika dokter sudah menyetujui penggunaan suplemen ekstrak daun kelor untuk kesehatan, kamu bisa cek kebutuhan suplemen di aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera
Medical News Today. Diakses pada 2022. What makes moringa good for you?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan