• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hasil Test pack 2 Garis Berjauhan, Apa Artinya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hasil Test pack 2 Garis Berjauhan, Apa Artinya?

Hasil Test pack 2 Garis Berjauhan, Apa Artinya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Januari 2022
Hasil Test pack 2 Garis Berjauhan, Apa Artinya?

“Setiap merk testpack akan memiliki letak dan jarak garis penanda yang berbeda. Jika test pack menunjukkan dua garis berjauhan dan keduanya garis penanda, besar kemungkinan ibu tengah hamil. Namun, ibu juga perlu memastikan tidak keliru dalam membacanya, karena garis batas rembesan urine dapat disalah artikan sebagai garis penanda.”

Halodoc, Jakarta – Test pack atau tespek merupakan salah satu alat pendeteksi kehamilan yang hingga kini banyak digunakan. Hal ini lantaran test pack mudah didapat dan penggunaannya juga cenderung mudah. Perlu diketahui bahwa test pack bekerja dengan mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam tubuh wanita. Hormon hCG sendiri secara otomatis diproduksi tubuh setelah sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim. 

Jika positif hamil, maka test pack akan memunculkan dua garis, sementara bagi mereka yang negatif hamil, maka test pack hanya menunjukkan satu garis. Namun, bagaimana jika hasil test pack menunjukkan dua garis yang saling berjauhan? Dan apa artinya? Yuk simak penjelasannya di sini!

Perlu Segera Memeriksakan Diri ke Dokter Kandungan

Nah, mengenai dua garis positif yang berjauhan, perlu diketahui bahwa setiap merk test pack akan memiliki jarak dan letak garis yang berbeda. Oleh karena itu, dua garis yang berjauhan sebenarnya tidak benar-benar dapat didefinisikan. Jika dua garis yang berjauhan muncul dan keduanya merupakan garis penanda, maka besar kemungkinan ibu positif hamil. 

Namun, pastikan juga bahwa dua garis yang muncul bukanlah garis batas rembesan urine pada alat tersebut. Jika ternyata dua garis yang berjauhan salah satunya adalah garis batas rembesan urine, hal ini menandakan ibu keliru dalam membaca hasilnya. Maka, dapat disimpulkan bahwa dua garis yang muncul secara berjauhan pada test pack seharusnya tidak memengaruhi hasil interpretasi alat tersebut, jika keduanya merupakan garis penanda.  

Oleh sebab itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter jika dua garis yang muncul dari test pack merupakan dua garis penanda. Terutama jika ibu mengalami telat haid dan disertai oleh gejala kehamilan seperti mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness. Tujuannya tentu saja agar kehamilan dapat benar-benar dipastikan melalui pemeriksaan mendalam seperti USG. 

Pasalnya, alat penguji kehamilan seperti test pack juga dapat menunjukkan positif keliru saat digunakan akibat beberapa faktor. Contohnya seperti penggunaan yang salah, efek samping penggunaan obat tertentu, adanya penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi, hingga terjadinya kehamilan ektopik. 

Bagaimana Jika Hasil Test Pack Menunjukkan Dua Garis Samar?

Selain dua garis yang berjauhan, hasil test pack yang menunjukkan garis samar juga sering kali dipertanyakan. Nah, jika ibu menggunakan test pack dan hasilnya menunjukkan dua garis yang samar, kemungkinan ibu hamil juga besar. 

Dalam kasus ini, garis positif yang samar bisa saja disebabkan oleh rendahnya kadar hormon kehamilan (hCG). Perlu diketahui bahwa segera setelah terjadi pembuahan, maka tubuh wanita akan mulai memproduksi hCG. 

Ketika kehamilan berlanjut, maka tingkat hormon hCG pada tubuh juga akan berlanjut dan muncul pada urine. Tes kehamilan di rumah dirancang untuk mendeteksi hormon hCG tersebut, sehingga semakin banyak hormon tersebut pada tubuh, maka hasil tes positif akan menunjukkan garis yang jelas terlihat.

Nah, itulah penjelasan mengenai dua garis yang berjauhan pada test pack yang perlu ibu ketahui. Terkait fenomena tersebut, ibu perlu tahu kalau dua garis yang berjauhan perlu didefinisikan lebih lanjut. Pasalnya, setiap merek test pack akan memiliki letak dan jarak garis penanda yang berbeda. 

Selain itu, ibu juga perlu memastikan apakah dua garis yang muncul tersebut adalah garis batas rembesan urine atau bukan. Sebab, bisa jadi juga dua garis yang berjauhan merupakan hasil dari pembacaan tes kehamilan yang keliru.

Meski begitu, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila mendapati hasil test pack dua garis. Terutama jika ibu merasakan gejala kehamilan selain telat datang bulan, seperti mual di pagi hari dan muntah dengan intensitas yang tinggi. Selain untuk memastikan kehamilan, pemeriksaan juga bertujuan untuk membantu ibu mempersiapkan kehamilan dengan lebih matang.

Melalui aplikasi Halodoc, ibu dapat membuat janji dengan dokter spesialis kandungan di rumah sakit pilihan ibu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Early Pregnancy Test. Diakses pada 2021. Pregnancy Test Strip Instructions. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Home pregnancy tests: Can you trust the results? 
Healthline. Diakses pada 2021. Your Pregnancy Test Is Positive: What Next?
Healthline. Diakses pada 2021. Faint Positive Home Pregnancy Test: Am I Pregnant?