• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Diare pada Kucing Peliharaan

Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Diare pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Diare pada Kucing Peliharaan

“Diare bukan hanya terjadi pada manusia, tetapi juga hewan seperti kucing. Diare yang terjadi pada kucing dapat disebabkan oleh beberapa hal dan umumnya akibat sesuatu yang dimakannya. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan asupan makanan yang diberikan.”

Halodoc, Jakarta – Sebagai pemilik kucing, kamu perlu melihat sesekali ke pasirnya untuk memperhatikan kotoran yang dikeluarkannya. Dengan cara ini, kamu bisa tahu jika kucing tetap sehat atau mengalami masalah terkait pencernaannya. Hal ini dapat kamu nilai jika kotoran yang dikeluarkannya encer, mungkin saja kucing mengalami diare.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab diare pada kucing. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa penyebabnya agar dapat menentukan pengobatan yang terbaik, atau memberitahu dokter tentang cara penanganan yang paling ampuh. Untuk mengetahui segala penyebabnya, baca ulasan artikel berikut ini!

Baca juga: Waspadai 4 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak Kucing

Segala Penyebab Diare pada Kucing

Biasanya, kucing akan buang air besar 1-2 kali per hari dan berbentuk padat serta lembap. Jika tidak seperti itu, bisa jadi menjadi tanda jika kucing terserang penyakit. Saat kucing mengalami diare, tinjanya dapat berbentuk lunak atau bahkan cair. Jika terjadi hanya satu kali, mungkin karena ada perubahan makanan atau pola diet yang salah. Namun, jika terjadi terlalu sering, penting untuk berdiskusi dengan dokter hewan.

Lalu, apa saja sih penyebab diare yang perlu diketahui? Nah, berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya:

1. Parasit

Beberapa jenis parasit yang menyerang usus, seperti cacing gelang, cacing tambang, atau cacing pita dapat menyebabkan diare pada kucing. Meski kucing selalu di dalam ruangan, parasit bisa saja tersisa di dalam tubuhnya sejak kecil atau terinfeksi oleh bahan yang terkontaminasi. Jika kucing terbiasa di luar rumah, ia mungkin terpapar melalui kontak dengan telur parasit di lingkungannya atau memakan satwa liar.

Anak kucing juga dapat mengalami infeksi cacing, gejala parasit pada usus yang paling umum, saat menyusui dari induknya. Jika kondisi ini terjadi pada anak kucing, segeralah bawa dirinya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan medis. Perawatan diare pada anak kucing mungkin tidak mencegah infeksi berulang, dan kucing dewasa juga dapat mengalami infeksi secara terus-menerus jika dibiarkan.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

2. Infeksi

Diare pada kucing juga dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Meski begitu, gangguan ini lebih sering terjadi pada kucing yang lebih muda. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan makanan dan lingkungannya, terutama jika kucing yang kamu miliki masih anakan.

Jika kucing kesayangan kamu mengalami diare dan bingung penanganan tepat yang perlu dilakukan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan hanya melalui smartphone di tangan. Untuk menikmati kemudahan ini, unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Pola Makan

Terkadang, pola makan yang berubah atau tidak biasa dapat menjadi penyebab diare pada kucing. Hal ini bisa terjadi saat kamu memberikan makanan yang tidak biasa dikonsumsi atau kucing makan sembarangan, seperti rumput. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan makanan yang diberikan, dan awasi dirinya  ketika ke luar rumah agar tidak makan sembarangan.

Baca juga: 4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

4. Keracunan

Tanaman yang ada di sekitar kita juga bisa menyebabkan diare pada kucing. Tanaman lidah mertua dan lidah buaya misalnya, bisa menyebabkan diare dan muntah jika tertelan oleh kucing. Pastikan kucing kesayangan kamu tidak bermain dengan tanaman-tanaman ini ya!”

Nah, itulah beberapa penyebab dari diare pada kucing yang perlu kamu ketahui. Jika dirasa kucing mengalami masalah pencernaan ini selama beberapa hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan begitu, masalah yang terjadi lebih cepat selesai dan kucing kembali sehat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cat Friendly. Diakses pada 2021. Diarrhea.
Pet Health Network. Diakses pada 2021. Cat Diarrhea: When is it Serious and How Do I Stop It?