4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   19 Januari 2024

“Muntah menjadi salah satu gejala yang menyertai berbagai kondisi kesehatan. Pemicunya sendiri beraneka ragam. Jadi, penting sekali untuk diketahui lebih lanjut. Ketika kucing mengalami muntah kuning, kamu tidak boleh terlalu panik, juga tidak boleh menyepelekannya begitu saja.”

4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Sebagai pecinta kucing, sudah pasti sangat khawatir jika hewan peliharaan mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah muntah. 

Muntah yang dialami kucing sendiri adalah reaksi umum yang dilakukan dengan mengeluarkan isi lambung secara paksa melalui mulut. 

Muntah kucing pun memiliki karakteristik beragam yang dapat dilihat dari warnanya. Nah, berikut ini berbagai penyebab kucing muntah kuning:

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Berikut berbagai hal yang menyebabkan kucing muntah kuning: 

1. Kesalahan Pola Makan

Kucing bisa saja mengalami muntah kuning saat ia salah makan. Oleh karena itu, pastikan untuk memberi makan kucing dengan pakan berkualitas. Perhatikan komposisinya. 

Jika muntah disebabkan oleh pemberian susu sapi pada kucing, segera hentikan pemberian. Pasalnya, kucing tidak memiliki enzim yang mampu memecah gula pada susu sapi, sehingga memicu mual, muntah, dan diare.

2. Makan Terlalu Cepat

Penyebab kucing muntah kuning selanjutnya adalah proses makan yang terlalu cepat. 

Apalagi jika pemilik memberikan porsi makanan dalam jumlah besar, dan langsung dimakan seluruhnya oleh kucing. 

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mengontrol porsi makanan kucing agar ia bisa makan secara perlahan, sehingga sistem pencernaan dapat mengolahnya dalam waktu yang seharusnya.

3. Menelan Benda Asing

Kucing menjadi salah satu hewan dengan rasa penasaran yang tinggi. Ia juga kerap memasukkan benda asing dan hewan-hewan kecil ke dalam mulut, kemudian menelan atau memakannya. 

Saat benda asing tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan, muntah menjadi reaksi yang umum dilakukan. 

4. Keracunan

Penyebab kucing muntah kuning berikutnya adalah keracunan. Oleh karena itu, pemilik disarankan agar berhati-hati untuk dalam meletakkan benda beracun, seperti racun tikus atau serangga, pestisida, atau pembersih rumah tangga. 

Jika tidak sengaja tertelan kucing, kemungkinan besar mereka akan muntah. 

Lakukan 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan berikut ini supaya terhindar dari penyakit. 

Cara Mengatasi Kucing yang Muntah Kuning

Jika muntah hanya terjadi sesekali dan tidak menunjukkan gejala penyakit lain, seperti lesu, kehilangan nafsu makan, atau perilaku tidak normal, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. 

Namun, lakukan hal ini apabila kucing mengalami gejala-gejala tersebut:

  • Jika memiliki beberapa kucing di rumah, segera jauhkan kucing setelah muntah dengan yang lain. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit.
  • Berhentikan makanan dan minum selama 12-24 jam. Tujuannya untuk melihat perkembangan kesehatan kucing. Jika ia mengeong untuk meminta makanan, tandanya ia telah pulih.
  • Berikan air secara perlahan guna mencegah kucing dehidrasi. Berikan makanan basah (wet food) terlebih dulu.
  • Jika kucing menunjukkan gejala lain seperti diare dan terlihat lesu setelah muntah, kamu bisa diskusikan hal tersebut dengan dokter.

Tak perlu panik, kamu juga bisa menghubungi 5 Rekomendasi Dokter Hewan di Halodoc ini untuk mendapatkan solusi penanganan yang tepat. 

Itulah penyebab kucing muntah kuning, dan langkah mengobati beserta pencegahannya. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan mengatur pola makannya dan pantau aktivitasnya. 

Segera diskusikan dengan dokter hewan  di Halodoc terkait masalah kesehatan yang berhubungan dengan anabul kamu. Tunggu apa lagi, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Spruce Pet. Diakses pada 2024. Why Is My Cat Throwing Up Yellow Liquid?
Hills Pet. Diakses pada 2024. Reasons for Your Cat Vomiting.
The Goody Pet. Diakses pada 2024. Help! My Cat Throws Up Yellow Liquid – What Should I Do?
PetMD. Diakses pada 2024. Why Your Cat is Throwing Up and What To Do.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan