• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini 9 Tanda Tubuh Mengalami Infeksi Parasit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini 9 Tanda Tubuh Mengalami Infeksi Parasit

Hati-Hati, Ini 9 Tanda Tubuh Mengalami Infeksi Parasit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 November 2022

“Ada berbagai macam keluhan pada tubuh ketika mengalami infeksi parasit. Mulai dari masalah pencernaan, anemia, kelelahan kronis, masalah kulit, hingga sakit atau nyeri otot dan sendi.”

Hati-Hati, Ini 9 Tanda Tubuh Mengalami Infeksi ParasitHati-Hati, Ini 9 Tanda Tubuh Mengalami Infeksi Parasit

Halodoc, Jakarta – Parasit hidup di organisme inang dan bergantung pada inang untuk bertahan hidup. Tanpa inang, parasit tidak dapat hidup, tumbuh, dan berkembang biak. Untuk alasan ini, parasit jarang membunuh inangnya, tapi ia tetap menyebarkan penyakit. Bahkan, beberapa penyakit bisa berakibat fatal.

Ada beberapa cara parasit “hinggap” di inang atau tubuh manusia. Kamu bisa terinfeksi parasit dari makanan mentah (termasuk sushi), berjalan tanpa alas kaki di area yang terkontaminasi, atau membersihkan kotak kotoran kucing. Lantas, seperti apa tanda tubuh yang terinfeksi parasit?

Tanda Tubuh Terinfeksi Parasit

Parasit usus cenderung menjadi masalah yang paling besar, karena cara ia masuk ke tubuh pun relatif mudah jika kamu tidak hati-hati. Berikut ini beberapa tanda tubuh terinfeksi parasit:

  1. Masalah pencernaan

Secara alami, parasit usus berakar di saluran gastrointestinal (GI). Hal tersebut akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi dan menyebabkan gejala yang berbeda berdasarkan organisme. Diare berair, diare berdarah, kembung, perut bergas, dan sembelit semuanya bisa menjadi gejala infeksi parasit.

  1. Kelelahan kronis

Infeksi parasit bisa menyebabkan perasaan lelah pada tubuh. Bahkan, parasit tertentu dapat menyebabkan sindrom kelelahan kronis, menyebabkan defisiensi dan malabsorpsi nutrisi tertentu, seperti zat besi dan B12.

  1. Masalah kulit

Ruam tanpa alasan, gatal-gatal, rosacea, atau eksim dapat menjadi tanda infeksi parasit, bahkan parasit usus. Parasit dapat merangsang produksi immunoglobulin (IgE), antibodi yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh. Hal itu kemudian menghasilkan reaksi alergi di tubuh, termasuk masalah kulit. 

  1. Sakit atau nyeri pada otot dan sendi

Beberapa parasit dapat masuk ke otot, menyebabkan sakit dan nyeri. Contohnya  trikinosis yang disebabkan oleh sejenis cacing gelang. Seseorang bisa mendapatkan parasit tersebut akibat makan daging yang kurang matang.

  1. Anemia

Infeksi tertentu yang disebabkan oleh cacing tambang dan cacing cambuk dapat menyebabkan tubuh kehilangan darah sehingga anemia defisiensi besi. Hal ini karena cacing memang memakan darah, sehingga menyebabkan anemia pada manusia. 

  1. Merasa tidak kenyang setelah makan

Infeksi parasit usus bisa menyebabkan seseorang merasa lapar terus-terusan meskipun setelah makan. Misalnya cacing pitang yang menetas di perut, ia akan memakan apa saja yang kamu makan.

  1. Rasa gatal

Pelepasan IgE dalam tubuh setelah tertular infeksi parasit dapat menyebabkan gatal. Namun, parasit tertentu seperti cacing kremi dapat menyebabkan gatal lokal, di mana gatal hanya di sekitar anus.

  1. Batuk

Beberapa parasit seperti cacing ascaris dapat bergerak melalui tubuh. Ia bahkan bisa berpindah ke dada sehingga menyebabkan batuk.

  1. Kembung

Parasit usus dapat menyebabkan gas berlebih dan menumpuk di saluran pencernaan, sehingga perut terasa kembung. Salah satu parasit lainnya yaitu parasit giardia yang dapat menyebabkan perut kembung dan buncit.

Cara Mendiagnosis Infeksi Parasit

Infeksi parasit dapat didiagnosis dengan beberapa cara, yaitu:

  • Pemeriksaan tinja, dengan mengambil sampel tinja untuk diperiksa di laboratorium.
  • Endoskopi dan kolonoskopi. DIlakukan jika hasil pemeriksaan tinja tidak meyakinkan.
  • Sinar-X, pencitraan resonansi magnetik (MRI), atau computerized axial tomography (CAT). Pemindaian ini digunakan untuk memeriksa tanda-tanda seperti lesi atau cedera pada organ yang disebabkan oleh parasit.

Itulah yang perlu diketahui tentang tanda-tanda infeksi parasit. Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mind body green. Diakses pada 2022. Your Guide To Intestinal Parasites: Types, Signs, Treatment, And More
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about parasite infection in humans
Healthline. Diakses pada 2022. Parasitic Infections