• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Heloma Bisa Terjadi di Jari Tangan, Ini Penyebabnya

Heloma Bisa Terjadi di Jari Tangan, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Masih asing dengan masalah kulit bernama heloma? Bagaimana dengan mata ikan? Heloma merupakan lapisan kulit yang menebal karena kulit sering berada di bawah tekanan atau gesekan. 

Heloma sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu heloma durum (mata ikan yang keras), dan heloma molle (mata ikan yang lembut). Heloma durum paling sering muncul di telapak kaki, lebih tepatnya di sisi kaki atau di ujung kaki. Penyebabnya adalah ukuran sepatu yang tidak tepat. Heloma molle juga disebabkan oleh penyebab yang sama dengan heloma durum.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus heloma atau mata ikan juga bisa terjadi pada bagian tangan, lho. Kira-kira apa penyebab heloma pada bagian tersebut? 

Baca juga: Heloma pada Kaki, Ini yang Perlu Diketahui

Bermain Musik dan Perokok

Tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali, merupakan penyebab utama dari heloma atau mata ikan. Lalu, hal apa saja sih penyebab heloma pada bagian tangan? Nah, berikut penjelasannya.

  • Sering bermain musik dan tangan. Sering menggunakan alat perkakas atau instrumen musik dengan tangan, juga bisa menimbulkan penebalan pada kulit.

  • Perokok. Perokok dan yang memakai pemantik api, bisa saja memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Penyebabnya gesekan berulang ketika menyalakan pemantik. 

Selain tangan, heloma umumnya terjadi pada bagian kaki. Nah, berikut beberapa kondisi yang bisa memicunya. 

  • Penggunaan sepatu yang tak nyaman. Sepatu yang terlampau sempit dan berhak tinggi, bisa menekan beberapa bagian kaki. Sedangkan sepatu yang terlalu longgar bisa menyebabkan bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

  • Tak mengenakan kaus kaki. Tak memakai atau memakai kaus kaki yang tak tepat, bisa menyebab gesekan antara kaki dan alas kaki.

Baca juga: Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

Beda dengan Kapalan

Ketika seseorang mengalami heloma, maka kulitnya akan mengalami kelainan, seperti pengerasan, penebalan, dan penonjolan pada kulit. Di samping itu, kulit juga dapat menjadi bersisik, kering, atau berminyak, dan timbul rasa nyeri bila ditekan. Lalu, apa bedanya dengan kapalan? Bedanya akan timbul peradangan dan rasa nyeri pada mata ikan. Berikut ini ringkasan gejala dari heloma:

  • Benjolan yang keras;

  • Lapisan kulit yang menebal;

  • Kulit kering atau lunak; dan

  • Rasa sakit atau nyeri di bawah kulit.

Gejalanya sudah, bagaimana dengan cara mencegahnya? 

Baca juga: Benarkah Idap Hammer Toes Rentan Terkena Heloma?

Cara Simpel Mencegah Heloma

Meski heloma bisa terjadi pada siapa, untungnya masalah yang satu ini bisa dicegah. Bahkan, terdapat beberapa tips sederhana yang terbilang efektif untuk mencegah masalah yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah heloma pada kulit kaki atau tangan:

  1. Jaga kebersihan tangan dan kaki.

  2. Kenakan sepatu yang nyaman dan sesuai ukuran.

  3. Oleskan krim pelembap khusus kaki.

  4. Potong kuku secara rutin.

  5. Belilah sepatu pada sore atau malam hari, umumnya ukuran kaki akan lebih besar pada waktu tersebut.

  6. Kenakan sarung tangan atau kaus kaki agar terhindar dari gesekan.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah kulit di atas? ? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Corns and Calluses. 
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Corns? 
One Point Health. Diakses pada November. 2019. Corns (Heloma Durum, Molle and Milliare)
Medscape. Diakses pada 2020. Corns (Clavus)