• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari Kebiasaan Ini untuk Cegah Gejala Sinusitis Kambuh

Hindari Kebiasaan Ini untuk Cegah Gejala Sinusitis Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Harvard Health Publishing mencatat gejala sinusitis yang paling umum adalah tekanan menyakitkan di bagian atas wajah, terutama di dahi, di belakang hidung, di antara atau di belakang mata, atau di pipi. 

Terkadang, sakit sinus bisa terasa seperti sakit gigi. Gejala lainnya juga, termasuk hidung tersumbat, tetesan postnasal yang lebih buruk di malam hari, dan bau mulut yang tidak berhubungan dengan masalah gigi. Pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat dapat membuat gejala sinusitis kambuh. Selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Mengelola Gejala Sinusitis

Jika kamu mengidap sinusitis kronis, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari dan tidak lagi dilakukan. Seperti menghindari merokok dan asap rokok. Kamu juga harus membatasi menghindari menghabiskan waktu lama di luar rumah ketika ada tingkat tinggi alergen atau polutan di udara. 

Ketika berada di dalam ruangan, menggunakan AC dan pelembap terkadang dapat membantu mencegah gejala sinusitis kronis. Jika kamu memiliki alergi, kamu dapat membantu mencegah kekambuhan sinusitis dengan mengidentifikasi serta menghindari pemicu dan dengan minum obat yang sesuai dengan petunjuk dokter. 

Baca juga: Adakah Persiapan Khusus sebelum Nasal Endoskopi?

Beberapa tindakan dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan banyak alergen yang ada di dalam ruangan yang memicu masalah sinus. Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

1. Tutup jendela, terutama jendela kamar tidur

Kamu dapat mengurangi paparan terhadap kontaminasi dalam ruangan dengan menggunakan filter HEPA (filter udara partikulat efisiensi tinggi) pada AC.

2. Saat bepergian dengan mobil, tutup jendela dan nyalakan AC. Beberapa kendaraan malah dilengkapi dengan sistem penyaringan udara efisiensi tinggi. Bila memungkinkan kamu bisa juga menggunakannya.

3. Mandilah atau cucilah rambut sebelum tidur di malam hari untuk menghilangkan polutan atau alergen di udara yang menumpuk di siang hari.

4. Keringkan pakaian di dalam atau menggunakan pengering. Karena ditakutkan bila kamu mengeringkan pakaian di luar bisa jadi mengumpulkan alergen yang memicu alergi.

5. Minimalkan aktivitas dengan paparan serbuk sari, seperti memotong rumput atau memetik bunga

6. Menghirup uap dan membilas hidung dengan larutan garam secara teratur juga dapat membantu menghindari gejala.

7. Pastikan minum cukup cairan.

Informasi lebih jelas mengenai sinustis, bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kamu dan di mana saja tanpa perlu ke rumah sakit.

8. Sering-seringlah mencuci tangan

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Nasal Endoskopi

9. Minum probiotik oral terutama setelah minum antibiotik dalam upaya untuk mengisi kembali bioma alami dari sinus.

10. Cobalah untuk menghindari penggunaan antibiotik atau steroid jika memungkinkan karena keduanya akan memengaruhi bakteri baik alami (bioma) yang hidup di sinus dan memungkinkan bakteri jahat berkembang biak.

11. Berenang di kolam air asin karena akan kurang mengiritasi mukosa hidung dan sinus dan menghasilkan peradangan jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kolam diklorinasi.

12. Coba pertahankan gaya hidup sehat dan sistem kekebalan yang kuat karena penyakit lain, seperti virus flu atau flu dapat menyebabkan infeksi sinus.

Infeksi sinus dapat bersifat akut atau kronis dan dapat berkembang karena infeksi virus, bakteri, atau jamur. Pastikan kesehatanmu dengan mendapatkan saran profesional dari dokter. Kontak Halodoc untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya. 

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Chronic Sinusitis (in Adults).
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2020. Ten tips to avoid sinus infections.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Sinus Infection Essentials: Causes, Symptoms, Treatments, Prevention, Natural Remedies, Mistakes to Avoid, and More.