• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hiperhidrosis Bikin Minder, Ini Tips Tetap Percaya Diri

Hiperhidrosis Bikin Minder, Ini Tips Tetap Percaya Diri

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Saat cuaca sedang panas, wajar sekali kalau tubuh mengeluarkan keringat. Namun, perhatikan ketika keringat muncul secara berlebihan meskipun tidak berada pada cuaca yang panas. Bisa jadi kamu mengalami hiperhidrosis. Hiperhidrosis terjadi ketika seseorang mengeluarkan keringat secara berlebihan yang tidak diakibatkan adanya suhu yang panas maupun aktivitas yang cukup berat.

Baca juga: Keringat Berlebih Meski Udara Dingin, Mungkin Hiperhidrosis?

Hiperhidrosis adalah salah satu kondisi yang umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, hiperhidrosis yang tidak diatasi dengan baik dapat menurunkan rasa percaya diri hingga penurunan kualitas hidup seseorang. Jadi, ketahui tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa percaya diri saat mengalami hiperhidrosis. 

Kenali Hiperhidrosis

Tubuh yang mengeluarkan keringat menjadi cara untuk mendinginkan suhu tubuh agar tetap stabil. Hiperhidrosis membuat sistem saraf memicu kelenjar keringat sehingga membuat keringat muncul secara berlebihan. Terdapat dua jenis hiperhidrosis yang dapat dialami oleh seseorang, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder.

Hiperhidrosis primer bisa disebabkan adanya faktor genetik dan biasanya muncul pada satu titik bagian tubuh. Umumnya, hiperhidrosis primer sering muncul pada bagian ketiak, tangan, dahi, dan kaki. Sedangkan hiperhidrosis sekunder terjadi akibat adanya kondisi medis pengidap, seperti penyakit diabetes, obesitas, hipertiroidisme, asam urat, dan menopause.

Lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat ketika hiperhidrosis yang kamu alami menyebabkan kamu mual, nyeri dada, dan juga rasa pusing. Tentunya kondisi ini perlu ditangani untuk meredakan gejala yang dialami. Hiperhidrosis yang diabaikan bisa menyebabkan infeksi pada kulit jika kulit tidak dijaga kebersihannya.

Baca juga: Hati-Hati, Komplikasi Hiperhidrosis Dapat Berakibat Fatal

Pengidap Hiperhidrosis Lakukan Ini Agar Tetap Percaya Diri

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap percaya diri meskipun mengalami hiperhidrosis, yaitu:

1. Rajin Mandi

Jika kamu mengalami hiperhidrosis, jangan malas untuk mandi dengan rutin. Mandi minimal dua kali dengan sabun yang mengandung anti bakteri agar terhindar dari bau badan. 

2. Rajin Membawa Baju Ganti

Hiperhidrosis yang sering muncul pada bagian ketiak tentunya akan seringkali membuat baju yang digunakan pengidap basah. Keringat yang muncul terkadang dapat bercampur dengan bakteri yang dapat menyebabkan bau badan. Selalu bawa baju cadangan untuk berganti pakaian saat mengalami keringat berlebih. Kebiasaan ini membuat kamu terlihat segar dan juga selalu bersih. Selain itu, sebaiknya selalu pilih baju yang nyaman sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan.

3. Ganti Kaus Kaki Sesering Mungkin

Melansir Mayo Clinic, salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap percaya diri saat mengalami hiperhidrosis adalah dengan mengganti kaus kaki sesering mungkin. Rutin mengganti kaus kaki dapat membuat kaki menjadi lebih kering dan bersih. Kebiasaan ini akan menghindari kamu dari bau kaki yang tidak sedap.

4. Hindari Makanan Pedas dan Alkohol

Melansir Web MD, pengidap hiperhidrosis sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan alkohol. Jenis makanan dan minuman tersebut memicu produksi keringat berlebih, sama halnya apabila kamu mengonsumsi minuman panas dan kopi. Kamu bisa bertanya pada dokter tentang makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat alami hiperhidrosis melalui aplikasi Halodoc

Baca juga: Mengidap Hiperhidrosis, Bolehkah Tetap Berolahraga?

Itulah tips yang bisa dilakukan oleh pengidap hiperhidrosis agar tetap percaya diri. Kamu juga bisa mengatur jadwal kegiatan pada siang hari agar tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga menurunkan risiko munculnya keringat berlebih.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Excessive Sweating: Treatment Tips
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hyperhidrosis