• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hidup Nyaman dengan Hiperhidrosis

Hidup Nyaman dengan Hiperhidrosis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Saat udara panas, mengeluarkan keringat menjadi hal yang sangat normal. Namun, pernahkah kamu mengalami tangan yang berkeringat saat akan ujian, bertemu dengan orang baru, atau melakukan wawancara pekerjaan? Jika kamu pernah mengalaminya, kondisi ini bisa menjadi gejala dari hiperhidrosis.

Baca juga: Alasan Pemeriksaan Darah Penting Bagi Pengidap Hiperhidrosis

Dilansir dari American Academy of Dermatology, hiperhidrosis merupakan kondisi medis yang menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat berlebihan. Seseorang yang memiliki kondisi hiperhidrosis mengeluarkan keringat berlebih pada beberapa bagian tubuh, seperti telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak. Umumnya hiperhidrosis tidak membahayakan, namun kondisi ini membuat pengidapnya menjadi kurang percaya diri.

 

Muncul Keringat pada Telapak Tangan hingga Telapak Kaki

Hiperhidrosis yang tidak diatasi dengan tepat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa gejala yang dialami oleh pengidap hiperhidrosis, seperti sering basah karena keringat pada area telapak tangan dan telapak kaki, frekuensi produksi keringat yang lebih sering jika dibandingkan dengan orang lain, dan keringat yang kerap terlihat pada beberapa bagian pada pakaian yang digunakan.

Selain itu, pengidap hiperhidrosis dapat mengalami iritasi dan peradangan akibat adanya jamur maupun bakteri pada bagian yang selalu berkeringat secara berlebihan. Pengidap hiperhidrosis umumnya juga memiliki kecemasan berlebihan pada kondisi tubuhnya, bahkan dapat mengalami depresi ringan.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami hiperhidrosis, seperti memiliki riwayat keluarga dengan kondisi serupa, adanya gangguan kesehatan yang menyebabkan produksi keringat berlebihan, dan jenis obat atau jenis makanan yang dikonsumsi oleh pengidap.

Baca juga: Ketahui 2 Penyebab Seseorang Mengalami Hiperhidrosis

 

Lakukan Ini agar Pengidap Hiperhidrosis Nyaman

Jika kamu merasakan produksi keringat yang berlebihan meskipun keadaan sedang tidak panas, lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab kamu mengalami keringat yang berlebihan. Kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kondisi hiperhidrosis bisa diatasi dengan beberapa cara agar pengidapnya dapat merasakan kondisi yang lebih nyaman saat beraktivitas.

Dilansir National Health Service UK, penggunaan obat-obatan bisa digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan. Tidak hanya itu, melakukan perawatan pada area-area yang sering memproduksi keringat berlebih dengan aliran listrik yang sangat kecil juga dapat dilakukan oleh tim medis untuk mengatasi masalah hiperhidrosis.

Pilihan pengobatan lain dengan melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat pada beberapa area tubuh yang terlalu banyak memproduksi keringat. Pengobatan ini menjadi pilihan terakhir jika beberapa perawatan yang dilakukan tidak membuahkan hasil yang optimal.

Selain beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh pihak medis, kamu dapat melakukan cara sederhana di rumah agar kamu dapat mengatasi hiperhidrosis dengan mandiri di rumah, seperti:

  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang membuat berkeringat, seperti makanan pedas dan alkohol;
  • Penggunaan rutin antiperspirant;
  • Hindari pakaian ketat berbahan serat buatan, seperti nilon;
  • Gunakan pelindung ketiak yang dapat menyerap keringat;
  • Gunakan kaus kaki yang menyerap keringat dan menggantinya setiap hari;
  • Pakailah sepatu kulit dan gunakan sepatu yang berbeda setiap harinya;
  • Jika hiperhidrosis kamu dipicu oleh kecemasan, segera dapatkan penanganan dari ahli kesehatan jiwa untuk mengatasi kecemasan.

Baca juga: Keringat Berlebih Meski Udara Dingin, Mungkin Hiperhidrosis?

Itulah perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan oleh pengidap hiperhidrosis agar merasa lebih nyaman ketika beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan bernutrisi agar dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2020. Excessive Sweating (Hyperhidrosis)
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Hyperhidrosis
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is Hyperhidrosis