Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Preeklamsia

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 April 2024

“Preeklamsia dapat berkembang dengan cepat dan membahayakan nyawa ibu hamil dan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, jika ibu mengalami gejalanya, segera hubungi dokter kandungan di Halodoc.”

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala PreeklamsiaHubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Preeklamsia

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Preeklamsia adalah suatu kondisi medis yang serius yang terjadi pada kehamilan dan ditandai dengan tekanan darah tinggi yang muncul tiba-tiba setelah minggu ke-20 kehamilan. 

Tak hanya tekanan darah tinggi, preeklamsia juga biasanya disertai dengan gejala lain seperti proteinuria (peningkatan protein dalam urine), edema (pembengkakan), sakit kepala yang parah, gangguan penglihatan, nyeri perut yang parah, muntah, dan gangguan hati.

Kondisi ini dapat berkembang dengan cepat dan membahayakan nyawa ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Penanganan preeklamsia pun biasanya melibatkan pemantauan ketat oleh tenaga medis dan, dalam beberapa kasus, perawatan di rumah sakit. 

Alasan Preeklamsia Perlu Segera Mendapat Penanganan

Preeklamsia perlu segera ditangani oleh dokter karena merupakan kondisi yang serius dan berpotensi mengancam nyawa ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penanganan segera diperlukan:

Ancaman kesehatan ibu

Preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi serius pada ibu hamil, seperti preeklamsia berat, eklamsia (preeklamsia dengan kejang), sindrom HELLP (penyakit hati, peningkatan enzim hati, penurunan jumlah trombosit), stroke, gagal ginjal, dan perdarahan.

Penanganan yang tepat dan cepat dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi ini.

Jika kamu masih bingung akan gejalanya, Ini 5 Ciri-Ciri Preeklamsia pada Ibu Hamil yang Perlu Diketahui.

Risiko kesehatan janin

Preeklamsia juga dapat menyebabkan komplikasi pada janin, termasuk retardasi pertumbuhan janin, kekurangan oksigen, prematuritas, dan bahkan kematian janin. 

Penanganan yang cepat dapat membantu meminimalkan risiko komplikasi ini dan memberikan kesempatan terbaik bagi kesehatan janin.

Pemantauan dan pengendalian komplikasi

Penanganan segera memungkinkan tenaga medis untuk memantau kondisi ibu dan janin dengan cermat dan mengendalikan komplikasi yang mungkin timbul.

Ini melibatkan pemantauan tekanan darah, fungsi organ, dan kesejahteraan janin untuk memutuskan tindakan yang tepat.

Pencegahan komplikasi yang lebih parah

Dengan penanganan yang tepat dan tepat waktu, beberapa komplikasi yang terkait dengan preeklamsia dapat dicegah atau dikelola dengan lebih baik.

Misalnya, kelahiran prematur dapat direncanakan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius jika kondisi ibu atau janin menjadi semakin buruk.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil yang mengalami gejala preeklamsia atau memiliki faktor risiko untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Hubungi Dokter Ini Jika Muncul Gejala Preeklamsia

Apabila kamu mengalami tanda-tanda preeklamsia hingga menggancam kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, sebaiknya hubungi dokter spesialis obgyn di Halodoc.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Pertama, kamu bisa segera hubungi dr. Marsell Phang Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan preeklamsia maupun masalah kehamilan dan reproduksi lainnya. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan preeklamsia.

Ia juga bisa memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan kandungan dan kehamilan berisiko tinggi. 

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait preeklamsia. Ia juga bisa memberikan saran terkait masalah reproduksi lainnya ataupun kesehatan kandungan.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kemudian, kamu juga bisa menghubungi dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022.

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait preeklamsia.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana, dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG  saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan preeklamsia.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis obgyn yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi preeklamsia. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Preeclampsia.
Healthline. Diakses pada 2024. Preeclampsia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Preeclampsia.
Medical News Today. Diakses pada 2024. Everything you need to know about preeclampsia
WebMD. Diakses pada 2024. Preeclampsia and Eclampsia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan