Ibu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   09 November 2020
Ibu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa MengejaIbu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Halodoc, Jakarta – Si Kecil mulai aktif dan ingin tahu banyak hal. Artinya, ayah dan ibu bisa mulai mengajarkan beberapa keterampilan pada anak, salah satunya belajar membaca. Bagi sebagian orangtua, melihat anak bisa membaca dengan lancar dan tidak mengeja adalah hal yang membanggakan. Namun perlu diingat, hal itu tidak bisa didapat begitu saja dalam waktu satu malam. 

Dibutuhkan proses dan waktu untuk membantu anak lancar membaca. Sebenarnya, mengeja adalah salah satu cara dasar dan merupakan bagian yang penting dalam belajar membaca. Namun, ibu bisa mencoba melakukan hal ini dengan lebih natural, sehingga anak tidak terpaku dengan cara mengeja. Selain itu, cobalah untuk mengenalkan kata dan kalimat secara utuh dan ajarkan tentang suku kata. 

Baca juga: 5 Cara Ajarkan Anak untuk Mengenal Huruf

Tips Mengajarkan Anak Membaca

Ayah dan ibu memiliki peran penting dalam mengajarkan anak membaca. Mau tahu bagaimana tips agar anak lebih mencintai kegiatan ini? Coba terapkan cara-cara berikut!

1.Membaca Bersama 

Anak-anak adalah peniru yang andal. Nah, biar Si Kecil lebih bersemangat bejalar, cobalah untuk terbiasa membaca bersama. Jangan hanya meminta anak untuk membaca sendiri atau jangan hanya membaca dan meminta Si Kecil mendengarkan. Ibu bisa mengajak anak membaca satu cerita bersama atau minta anak mengulangi apa yang baru saja ibu baca. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih mudah mengingat dan menghafal kosakata. 

2.Bunyi Huruf dan Cara Mengucapkannya 

Dalam proses belajar membaca, anak perlu mengetahui bunyi huruf dan cara membacanya. Selain huruf hidup, ibu juga bisa mengajarkan pengucapan huruf seperti “ny” dan “ng”. 

3.Buat Menyenangkan 

Cara agar anak menyukai kegiatan belajar adalah dengan membuatnya menyenangkan, termasuk belajar membaca. Tidak perlu terlalu tegang dan memaksakan anak dalam mengenali huruf, kata, maupun kalimat. Sebagai gantinya, ayah dan ibu bisa membuat cara belajar membaca yang menyenangkan, misalnya dengan bermain balok huruf. 

Penggunaan blok huruf atau phonetic reading blocks disebut cukup efektif untuk membantu anak belajar membaca dengan cara yang menyenangkan. Permainan ini bisa membiasakan anak untuk menganalisis huruf dan susunan kata. Selain itu, ibu juga bisa meminta anak membaca papan penunjuk jalan atau benda-benda tertentu saat berjalan bersama. 

Baca juga: Ini 5 Trik Agar Anak Lebih Cepat Belajar Membaca

4.Belajar Menulis 

Ternyata, belajar menulis juga bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca anak. Nyatanya, kedua keterampilan ini tidak bisa dipisahkan. Biar lebih menyenangkan, ibu juga bisa menggunakan permainan warna saat membantu anak mengenali huruf dan angka. 

5.Lingkungan yang Mendukung 

Semakin sering anak berlatih, semakin cepat kemampuan membacanya akan meningkat. Nah, salah satunya bisa dimulai dari lingkungan sekitar. Biar anak semakin terbiasa membaca, cobalah untuk memberi label atau tanda pada benda-benda di rumah. Haal ini nantinya akan membantu membiasakan Si Kecil untuk membaca sebelum melakukan sesuatu. 

6.Jadikan Kebiasaan 

Bisa karena terbiasa adalah hal yang bisa diterapkan dalam membaca. Ayah dan ibu disarankan untuk membiasakan kegiatan membaca di rumah sehingga anak akan ikut menyukainya. Sesekali, orangtua juga bisa mengajak Si Kecil pergi ke perpustakaan atau toko buku dan tanyakan jenis buku apa yang menjadi kesukaannya. 

Baca juga: Mana yang Lebih Dulu, Belajar Membaca atau Berhitung?

Kalau anak sakit dan butuh saran dokter, coba pakai aplikasi Halodoc saja. Ibu bisa menyampaikan keluhan yang dialami anak melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi pengobatan dan tips menjaga kesehatan anak dari ahlinya. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Teach Your Toddler to Read?
Reading Rockets. Diakses pada 2020. 11 Ways Parents Can Help Their Children Read.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan