Ibu, Ini 5 Rekomendasi Pil KB Menyusui yang Aman Dikonsumsi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 September 2023

“Menggunakan kontrasepsi tidak berbahaya bagi bayi namun dapat berefek pada menurunnya suplai ASI. Kabar baiknya, ada pil KB menyusui yang aman bagi Ibu menyusui.”

Ibu, Ini 5 Rekomendasi Pil KB Menyusui yang Aman DikonsumsiIbu, Ini 5 Rekomendasi Pil KB Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang 99% efektif untuk mencegah kehamilan bila meminumnya secara konsisten.

Pasalnya, pil tersebut mengandung hormon yang dapat mengatur menstruasi, mengurangi gejala PMS, menurunkan risiko kanker ovarium dan rahim, mengatasi jerawat, hingga mengobati endometriosis.

Setelah 4 minggu kelahiran, ASI mulai stabil. Ibu sudah langsung bisa menggunakan alat kontrasepsi. Tidak ada efek berbahaya pada bayi jika menggunakan kontrasepsi hormonal.

Namun, yang perlu dicatat, ada efek samping berupa kurangnya intensitas suplai ASI, terutama pada minggu-minggu awal menyusui. Pil KB dengan estrogen dosis tinggi lebih cenderung menurunkan suplai ASI.

Melihat hal tersebut, berikut adalah rekomendasi pil KB menyusui yang aman dikonsumsi oleh Ibu menyusui:

Rekomendasi Pil KB Menyusui yang Aman untuk Ibu Menyusui

Kabar baiknya, Halodoc punya rekomendasi pil KB menyusui yang aman untuk dikonsumsi oleh Ibu yang sedang meng-ASI-hi. Berikut rekomendasinya:

1. Microlut 0.03 mg Tablet

Pertama ada Microlut 0.03 mg tablet. Obat ini mengandung Levonorgestrel 30 mikrogram. Obat ini tidak mengganggu siklus menstruasi. Microlut aman untuk Ibu menyusui karena tidak mempengaruhi laktasi. 

Pil KB menyusui ini dapat dikonsumsi setiap hari dengan 1 tablet per hari dan sesuai dengan petunjuk dokter. Anjurannya, konsumsi pada jam yang sama untuk menjaga selang waktu pemberian tepat 24 jam, sehingga efektivitas obat terjamin.

Rentang harga: Rp34.000 – Rp.50.300 per box

Dapatkan Microlut 0.0 mg Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

2. Andalan Laktasi 28 Tablet

Rekomendasi berikutnya adalah Andalan Laktasi 28 tablet. Obat ini mengandung 0.5mg linestrenol dengan meminumnya 1 x sehari 1 tablet. 

Apabila Ibu memberikan ASI secara eksklusif, konsumsi 6 minggu setelah melahirkan. Untuk efektivitas penuh, minum pada hari pertama haid dan setiap hari seterusnya pada jam yang sama. 

Obat ini bisa tanpa resep dokter dan maksimum 1 strip. Namun, pembelian melebihi angka tersebut, wajib memberikan resep dokter. Sebelum mengonsumsinya lagi, konsultasikan dahulu dengan dokter.

Rentang harga: Rp12.100 – Rp14.300 per strip

Dapatkan Andalan Laktasi 28 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Visanne 2 mg 28 Tablet 

Visanne 2 mg mengandung dienogest obat yang digunakan untuk mengurangi nyeri akibat endometriosis dan memberikan keamanan yang baik tanpa mengakibatkan turunnya kadar estrogen secara drastis dalam tubuh.

Dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Konsumsi obat ini bisa bersamaan dengan makan atau juga tidak.  

Rentang harga: Rp704.900 – Rp765.800 per box

Dapatkan Visanne 2 mg 28 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc 

4. Andalan Laktasi 2 Strip (28 Tablet/Strip) 

Merupakan produk yang sama yang disebut sebelumnya, yaitu pil KB menyusui Laktasi, obat kontrasepsi oral untuk mencegah kehamilan. Namun, produk ini akan lebih hemat apabila membeli banyak atau borongan. 

Rentang harga: Rp21.200 – Rp28.100 per 2 strip

Dapatkan Andalan Laktasi 2 Strip (28 Tablet/Strip) di Toko Kesehatan Halodoc

5. Nexton 0.5 mg 28 Tablet

Rekomendasi Pil KB menyusui lain adalah Nexton. Obat ini mengandung 0.5 mg lynestrenol. Ibu dapat membeli pil KB menyusui ini tanpa menyerahkan resep dokter dengan maksimum 1 strip. Pembelian lebih dari 1 strip wajib dengan resep dokter.

Rentang harga: Rp15.600 – Rp28.900

Dapatkan Nexton 0.5 mg 28 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Itu tadi adalah rekomendasi pil KB menyusui yang aman untuk Ibu menyusui. Selain pil KB menyusui, yuk, kenali juga daftar KB suntik yang aman bagi Ibu menyusui di sini “Kenali Daftar KB Suntik yang Aman untuk Ibu Menyusui

Sebelum menggunakan pil KB menyusui, ibu dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Segera download aplikasi Halodoc untuk informasi kesehatan lainnya dengan klik gambar di bawah ini.

Referensi
Cleveland Clinic. Diakses Pada 2023. Birth Control Pills.
Healthy Children. Diakses Pada 2023. Birth Control and Breastfeeding.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan