Ibu, Ini 13 Manfaat Baby Spa untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Januari 2024

“Baby spa dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Mulai dari menciptakan mood yang lebih positif, membentuk postur anak, meningkatkan rasa percaya diri, serta mendukung pencernaan lebih baik.”

Ibu, Ini 13 Manfaat Baby Spa untuk Kesehatan yang Perlu DiketahuiIbu, Ini 13 Manfaat Baby Spa untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Spa adalah aktivitas yang identik dengan pijat dan mandi. Biasanya spa dilakukan orang dewasa sebagai bentuk perawatan kecantikan. Dalam perkembangannya ada yang namanya baby spa, di mana kegiatan ini dilakukan untuk bayi.

Mau tahu lebih jauh mengenai baby spa beserta manfaatnya? Berikut ulasannya!

Apa itu Baby Spa?

Menurut The American Massage Therapy Association, baby spa adalah bentuk pijat untuk menyehatkan anak. Ini termasuk memegang, memberikan tekanan, dan menggerakkan-gerakkan anggota tubuh bayi. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan yang lebih baik. 

Manfaat Baby Spa untuk Kesehatan Bayi

Mengapa bayi perlu baby spa? Ada beberapa manfaat baby spa yang perlu diketahui orang tua sebelum memutuskan untuk menggunakan perawatan ini:

1. Membantu mendukung kesehatan dan perkembangan bayi

Baby spa dapat membantu mendukung kesehatan perkembangan bayi dengan cara memperkuat jantung dan paru-paru anak.

Selain itu, menurut jurnal ilmiah berjudul Baby Spa Effect on Growth di Asian Journal Applied Sciences, latihan fisik pada baby spa, juga dapat membantu perkembangan otak dan merangsang kelima indra (rasa, penciuman, sentuhan, penglihatan, dan suara).

Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Wajib Diketahui yang bisa kamu baca untuk mengetahui jenjang perkembangan sang buah hati.

2. Membangun rasa percaya diri anak sejak bayi

Memperkenalkan anak-anak dengan air pada usia yang sangat muda dapat membantu mencegah rasa takut akan air berkembang di kemudian hari. Latihan yang melibatkan bergerak secara mandiri di dalam air, sangat bagus untuk kepercayaan diri bayi. 

Bila ibu ingin mengetahui cara untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak, berikut Stimulasi Tepat saat Bayi Tingkatkan Rasa Percaya Diri yang ibu bisa baca.

3. Mengembangkan koordinasi bayi

Berada di dalam air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan anak. Anak yang belajar berenang sejak dini, kelak akan tumbuh sebagai anak yang memiliki keseimbangan lebih baik, termasuk juga dapat menggenggam benda dengan lebih kuat.

4. Membangun kekuatan anak

Lewat aktivitas di dalam air yang dilakukan pada sesi baby spa, ini dapat melatih banyak otot bayi bekerja lebih efektif, ketika beraktivitas di lingkungan non-air.

Penelitian mengenai ini termuat dalam jurnal Effects of Baby Swimming on Motor and Cognitive Development: A Pilot Trial dalam Sage Journals.

Pada jurnal tersebut dijelaskan, kontak dengan air setelah kelahiran, menjadi pengalaman penting bagi perkembangan bayi. Ini dapat menunjang perkembangan kognitif, termasuk memori kerja, pengambilan objek, termasuk juga menurunkan hambatan pada kinerja otot. 

5. Meningkatkan mood positif anak 

Air hangat di sesi baby spa dapat membuat bayi rileks sekaligus merangsang nafsu makannya.

Singkatnya, baby spa membuat suasana hati anak menjadi lebih positif, lebih tenang, tidak gampang menangis, sekaligus memperbaiki pola tidur anak. 

Jika ibu ingin mengetahui cara meningkatkan mood positif anak, ibu juga bisa kunjungi artikel Anak Bad Mood, Begini Cara Tingkatkan Suasana Hatinya.

6. Meningkatkan keseimbangan otot

Manfaat lain dari baby spa adalah meningkatkan keseimbangan otot. Maksudnya, baby spa membantu menempatkan tulang berada di tempat yang tepat.

Otot yang terlalu kencang dapat menarik tulang anak keluar dari posisi sejajar. Dengan pijat, maka ini akan memperbaiki postur bayi sejak dini, sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih baik, seiring dengan pertambahan usia.

Mau tahu cara mengajarkan renang pada Si Kecil? Baca di artikel ini: “Ini Cara Aman Ajarkan Anak Berenang Sejak Bayi”.

7. Mendukung sistem pencernaan lebih sehat 

Baby spa juga dapat membantu pencernaan anak lebih sehat, meredakan sembelit dengan membantu mengeluarkan gas dan feses. Pijat bayi ini juga dapat mengurangi stres dan menurunkan risiko  sindrom iritasi usus besar.

8. Stimulasi sensorik

Sesi pijat bayi dapat merangsang sensorik bayi melalui sentuhan, suara, dan gerakan air. Ini membantu membangun konektivitas saraf dan membantu bayi dalam pengenalan lingkungan sekitar.

9. Mengurangi ketegangan otot

Menurut jurnal ilmiah berjudul Effect Of Baby Spa On Sleep Quality of Baby 3-6 Months dalam Midwifery and Nursing Research, menyebutkan bahwa baby spa membantu bayi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Soalnya, pijatan di baby spa membantu mengurangi ketegangan otot pada bayi yang mungkin timbul akibat aktivitas sehari-hari.

10. Membangun kesadaran akan tubuh sehat  

Pijat membantu mengembangkan kesadaran tubuh yang sehat karena anak kecil tidak tahu bagaimana mengekspresikannya. Di mana rasa sakit atau di mana mereka menahan ketegangan. Pijat mengajari bayi menjadi lebih selaras dengan tubuhnya.

11. Meningkatkan kualitas tidur anak

Pijat dan hidroterapi dalam baby spa dapat meningkatkan kualitas tidur dengan melepaskan serotonin.

Serotonin adalah hormon yang diperlukan untuk memproduksi melatonin, yang merupakan pemicu tidur alami tubuh.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Baby Spa and Baby Sleep Quality Improvement dalam Springer Nature, baby spa terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur bayi. 

Alasannya pijat bayi ini merangsang motorik dan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Peningkatan sirkulasi darah ke otak ini dapat membuat pernapasan menjadi lebih baik yang pada akhirnya berdampak pada kualitas tidur.  Mau tahu dampak kekurangan tidur pada anak? Baca di artikel ini: “Ibu, Waspadai Bahaya Anak yang Kurang Tidur”.

12. Melancarkan sirkulasi darah

Baby spa dapat melancarkan sirkulasi darah bayi. Ini dapat membantu menyediakan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh bayi. Sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat

13. Melatih interaksi sosial dengan bayi lain

Baby spa dapat melatih kemampuan berinteraksi anak sejak dini. Sebab, saat beraktivitas baby spa, bayi akan bertemu dengan bayi lainnya.

Secara tidak langsung ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam hal bersosial dan berinteraksi, termasuk menerima dan mengenal orang baru.

Nah, itulah beberapa manfaat baby spa untuk kesehatan Si Kecil. Segera hubungi dokter jika Si Kecil mengalami masalah kesehatan. Klik gambar berikut untuk tahu lebih lanjut:

chat dokter anak di halodoc
Referensi:
Sage Journals. Diakses pada 2023. Effects of Baby Swimming on Motor and Cognitive Development: A Pilot Trial.
WebMD. Diakses pada 2023. Babies May Be Soothed by Massage.
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Diakses pada 2023. Baby Spa: Sekedar tren atau terbukti bermanfaat?
IDAI.or.id. Diakses pada 2023. Baby Spa: Sekedar tren atau terbukti bermanfaat?
Midwifery and Nursing Research. Diakses pada 2023. Effect Of Baby Spa On Sleep Quality of Baby 3-6 Months.
Asian Journal Applied Sciences. Diakses pada 2023. Baby Spa Effect on Growth.
Springer Nature. Diakses pada 2023. Baby Spa and Baby Sleep Quality Improvement.
Arkus Journal. Diakses pada 2023. The Effect of Baby Spa on the Sleep Duration of Babies Aged 3-12 Months at Independent Midwife Practice (TPMB) Mrs. S, Karawang Regency, Indonesia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan